witnessday

Full Moon in Scorpio: Bagaimana Menyikapinya?

 

Apakah beberapa hari terakhir ini kamu merasakan kekhawatiran dan turun naiknya emosi serta mood yang berubah-ubah? Atau mungkin kamu saat ini merasakan dorongan keinginan yang begitu kuat dari dalam diri sehingga sulit untuk tidak memikirkannya atau menjalankan dorongan tersebut?

Cobalah untuk lebih tenang sesaat. Tiga hari yang lalu, periode full moon di Scorpio dimulai. Dalam sudut pandang astrologi, bulan melambangkan energi feminin, sedangkan scorpio merupakan bagian dari elemen air yang melambangkan emosi yang begitu dalam dan terlindungi. Dengan dimulainya full moon di Scorpio ini, banyak di antara kita yang akan merasakan hari-hari di mana kata-kata, pemikiran dan aksi yang kita lakukan memberikan dampak hingga bulan selanjutnya.

Selain itu, scorpio sendiri juga melambangkan beberapa hal lain; seksualitas, emosi, motivasi dan juga transformasi personal. Jadi mungkin saja kamu merasakan pergolakan yang sangat kuat pada aspek kehidupan tersebut. Syukur-syukur jika pergolakan yang dirasakan dalam bentuk yang positif. Namun bagaimana dengan teman-teman yang malah merasakan perasaan negatif yang begitu mengganggu; entah rasa sedih, cemburu, ataupun kehilangan arah hidup.

Melalui artikel ini saya akan membagikan 3 langkah yang bisa dilakukan untuk menangani perasaan-perasaan negatif yang muncul akhir-akhir ini:

Langkah #1 Coba untuk Lebih Aware

Terkadang, kita menjalani hidup kita secara auto pilot; misalnya ketika perasaan marah muncul, kita bisa begitu saja melontarkan kemarahan tanpa kita sadari. Ketika kita tidak aware dengan perasaan kita, maka akan sulit bagi kita untuk mengontrol diri; bagaimana atau tanggapan seperti apa yang sebaiknya diberikan. Padahal keadaan akan menjadi sulit jika kita selalu reaktif dan hanya menuruti emosi.

Kamu bisa mencoba berlatih self-awareness dengan cara bermeditasi atau hening sejenak. Meditasi bisa membantu kamu menjadi lebih peka terhadap apa yang terjadi pada diri sendiri dan yang terjadi di sekitar diri.

Langkah #2 Terima Segala Bentuk Perasaan yang Hadir

Setelah berhasil menyadari segala bentuk pergolakan yang terjadi di dalam diri, maka akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk menerima segala bentuk perasaan yang hadir. Jika memang yang muncul adalah kebencian atau iri hati, cobalah untuk menerimanya; terima kenyataan bahwa diri kita adalah manusia biasa yang juga bisa merasakan benci dan iri.

Sebaiknya kita tidak tergoda untuk menolak perasaan negatif yang muncul tersebut dengan harapan kita bisa menjadi orang yang baik. Karena dengan kita menolak perasaan tersebut, yang ada perasaan tersebut akan terus mendorong dan mendesak untuk dikeluarkan. Dan begitu kita lengah, bisa saja perasaan ini tercurahkan dengan cara yang kurang baik seperti memarahi orang atau bergosip ke mana-mana.

Langkah #3 Ikhlaskan dan Terbuka terhadap Perubahan

Sama seperti manusia, perasaan yang muncul juga bisa pergi. Keadaan ini bisa menjadi lebih baik jika kita mengikhlaskan perasaan tersebut. Dengan berhasil mengikhlaskan kenyataan bahwa diri kita juga memiliki kelemahan dan juga melakukan kesalahan, kita bisa menjadi semakin terbuka terhadap perubahan ke arah yang lebih baik.

Sama seperti pada saat kita mengikhlaskan kenyataan bahwa kita selama ini sudah melakukan banyak kesalahan kepada orang tua kita.  Jika sudah ikhlas, kita tidak akan terus menerus larut dalam rasa bersalah, melainkan kita move on; dengan cara menjadi pribadi yang lebih baik dan juga mencintai orang tua kita sebagaimana kita ingin dicintai.

Scorpio adalah lambang perubahan yang memungkinkan untuk membuatmu berubah hingga ke bagian diri yang terdalam. Jadi, pastikan bahwa perjuangan dan rasa khawatir yang saat ini kamu rasakan tidak berubah menjadi penolakan terhadap diri sendiri (denial). Dengan menghadapi segala gejolak ini dengan baik, maka kamu telah berkontribusi untuk memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan memperlancar jalanmu dalam mencapai apa yang menjadi tujuan hidup. Ingatlah, seberat apapun perjuanganmu saat ini, semuanya akan baik-baik saja.

Apakah kamu saat ini juga sedang mengalami gejolak dalam hidup? Sekuat apa dan seperti apa sih gejolaknya? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter