witnessday

Ide Self Care Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Setiap Hari

Sampai hari ini, saya sering sekali melihat orang-orang yang memberikan jatah self care kepada dirinya sendiri selama seminggu sekali, sebulan sekali, atau bahkan setahun sekali. Di luar hari-hari special tersebut, mereka akan bekerja banting tulang untuk memenuhi apa yang ia butuhkan dan mendapatkan apa yang ia inginkan.

Setiap kali saya bertanya, “Kenapa gak setiap hari aja self care-nya?”, jawabannya rata-rata sama. “Gak ada waktu..”, “Self care itu special jadi harus direncanakan secara matang”, “Self care aku mahal, Mel.. Jadi gak bisa sering-sering.” Apakah kamu juga memiliki pandangan yang sama?

Tidak ada yang tau apa yang akan kita alami hari ini, besok ataupun minggu depan. Coba deh inget-inget, ada gak momen di mana tiba-tiba masalah datang dan bikin kamu stress berat. Pasti bingung dan merasa overwhelmed. Tapi karena jadwal self care kamu ada di akhir bulan, akhirnya harus ditahan-tahan dulu deh stressnya.

Tapi nahan-nahan ini pun gak membuat kondisi jadi lebih baik. Ada yang malah jadi impulsif di beberapa aspek lain (makan, belanja), ada juga yang produktivitas dan kinerjanya terus menurun hingga mendapatkan banyak komplain.

Sayang banget kan kalau melewati pengalaman kurang enak begitu?

Padahal, self care itu bisa dilakukan setiap hari lho! Bahkan kita semua sudah melakukannya. Mandi, makan, minum, olahraga, itu adalah wujud dari self care. Namun sayangnya, kita tidak melakukannya secara mindful sehingga kegiatan-kegiatan tersebut dianggap rutinitas saja.

Selain itu, apa lagi yang bisa dilakukan?

1. Ciptakan dan Ucapkan Mantra untuk Dirimu Sendiri

Kamu bisa menciptakan mantra sesederhana “Aku cinta diriku sendiri”, atau “Aku pasti bisa!” untuk kamu ucapkan tiap pagi dan saat momen lain di mana kamu butuh dukungan untuk dirimu sendiri.

2. Rutin Mengikuti Guided Meditation

Jika kamu jarang meditasi atau bingung untuk mulai dari mana, kamu bisa ikuti guided meditation. Luangkan saja waktu 2-3 menit setiap harinya untuk mendengarkan sambil mengikuti step by step untuk melakukan meditasi harian. Dengan begitu kamu bisa menjadi lebih fokus dan tenang dalam menjalani hari.

3. Menjauh dari HP Atau Laptop di Jam Tidur

Sesibuk apapun, kamu harus memiliki batasan yang jelas untuk urusan tidur. Sediakan waktu untuk jauh atau bahkan mematikan HP selama 1 jam sebelum tidur. Dengan begitu, paparan blue light yang ada pada gadget tidak mengganggu hormon pada tubuh yang menurunkan kualitas tidurmu.

4. Tidur Atau Beristirahat Lebih Awal

Mobilitas dan stress yang tinggi tentu akan membuat tubuh kita menjadi lebih lelah. Jika memang merasa lebih lelah, jangan ragu untuk beristirahat lebih awal. Entah makan siang/malam lebih awal, istirahat lebih awal, atau tidur lebih awal.

5. Dandan untuk Dirimu Sendiri

Kalau saya ngomongin tentang dandan, bukan berarti ini eksklusif untuk wanita. Pria pun bisa dandan dengan pakai pomade, parfum yang wangi dan juga pakaian yang rapih.

Karena tidak bisa dipungkiri, ketika kita dandan, kita jadi lebih menyukai bayangan kita di cermin. Dengan begitu, kita akan menjadi lebih percaya diri, mood kita pun jadi lebih baik. Dan hari yang akan dilewatkan juga pasti akan menjadi lebih positif.

Bagaimana tips-tipsnya? Saya rasa ini cukup sederhana dan mudah juga untuk dilakukan. Semoga 5 ide self care ini bisa membantu kamu merawat diri secara rutin dan membantu kehidupanmu menjadi lebih mindful.

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter