witnessday

4 Bukti Ilmiah Mengapa Meditasi Penting untuk Dijalankan

 

Pada beberapa artikel yang sudah saya tulis sebelumnya, saya banyak membahas mengenai mitos-mitos yang beredar seputar meditasi. Bagi saya pribadi, meditasi merupakan kegiatan yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan saya, dan saya ingin manfaat ini juga dirasakan orang lain. Terutama kamu, yang sudah setia membaca artikel-artikel saya.

Mungkin di antara pembaca masih ada yang ragu untuk mencoba meditasi meski telah membaca ulasan mengenai mitos seputar meditasi. Pada kesempatan hari ini, saya akan memberikan berbagai bukti ilmiah seputar meditasi.

#1 Meditasi Membantu Mengoptimalkan Kegiatan Sehari-hari

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari diperlukan perhatian dan fokus yang tinggi agar waktu dapat digunakan dengan efektif. Salah satu penelitian yang dilakukan psikologi di University of North Carolina at Charlotte berhasil membuktikan bahwa orang yang berlatih meditasi lebih kritis secara kognitif dibandingkan dengan yang tidak bermeditasi.

Psikolog David Levy, PhD juga berhasil membuktikan bahwa orang yang rajin bermeditasi memiliki fokus lebih tinggi sehingga dapat menyelesaikan tugas tanpa mengalami banyak perubahan mood dan juga memiliki ingatan yang lebih kuat.

Dengan kedua manfaat yang sudah terbukti ini, tentu meditasi bisa membantumu untuk mengoptimalkan kegiatan sehari-hari sehingga lebih banyak tugas yang selesai dalam durasi waktu kerja yang sama.

 

#2 Meditasi Meminimalisir Stress, Depresi dan Kelelahan

Di era yang bergerak serba cepat ini, tuntutan kerja menjadi semakin tinggi; jam kerja yang banyak dan banyaknya hal yang harus diselesaikan dalam waktu singkat menjadi salah satu pemicu stress, depresi dan juga kelelahan. Memang sulit bagi kita untuk mengakali tuntutan zaman, namun kita bisa mengurangi kemungkinan munculnya stress, depresi dan kelelahan dengan bermeditasi.

Studi terbaru yang dipublikasikan di The Permanente Journal (Vol. 18, No. 1) menunjukan bahwa meditasi membantu menurunkan tingkat stress dan kelelahan pada guru, sehingga performa saat mengajar tetap baik. Selain itu, peneliti dari Brown University juga menemukan bahwa meditasi dapat meningkatkan kesadaran saat ini dan memungkinkan untuk memiliki kontrol bagaimana pikiran memproses dan memperhatikan sensasi negatif (seperti rasa sakit) dan juga pikiran negatif (seperti ketika depresi mulai datang).

Bahkan, sudah ada penemuan yang menyatakan bahwa meditasi dapat mengurangi kecemasan hingga hampir 40%! Yakin masih belum ingin mencoba meditasi??

 

#3 Meditasi Mendukung Gaya Hidup Sehat

Beragam olahraga, terutama olahraga kardio bisa membantumu mengolah otot dan sistem syaraf utamamu. Namun, meditasi mampu membuat seluruh tubuh dan pikiran menjadi sangat rileks, melepaskan berbagai tekanan dan membuat sesi berkeringat menjadi lebih optimal seperti yang diungkapkan Ben Turshen di websitenya.

Dengan menurunnya tingkatan stress kita, kita menjadi mampu untuk menjalani olahraga lebih baik dan lebih menikmatinya. Dan studi lainnya menunjukan bahwa meditasi mampu meminimalisir sensitivitas terhadap rasa sakit, sehingga ini bisa menjadi permulaan yang baik untuk mencoba tantangan berolahraga yang baru!

 

#4 Meditasi Baik untuk Kesehatan Otak

Penulis senior, Sara Lazar dari MGH Psychiatric Neuroimaging Research Program dan instruktur psikologi di Harvard Medical School menyatakan bahwa meski meditasi diasosiasikan dengan keadaan damai, dan relaksasi fisik, praktisi telah lama menyatakan bahwa meditasi juga memberikan dampak positif terhadap kognitif dan juga psikologi dalam sehari. Studi ini menunjukan perbaikan pada struktur otak, bukan hanya merasa lebih baik sehabis berelaksasi.

Penemuan lainnya yang ditemukan setelah studi dari Mindfulness-Based Stress Reduction Program selama 8 minggu di University of Massachusetts Center for Mindfulness adalah bertambahnya kepadatan grey-matter pada hippocampus (bagian di dalam otak) yang berperan penting untuk proses belajar dan mengingat sesuatu. Selain itu, strukturnya juga berhubungan dengan kesadaran diri, belas kasih, dan juga instrospeksi.

Berdasarkan gambar di atas, kamu bsa melihat sendiri perbedaan grey-matter antara orang yang tidak bermeditasi dan orang yang bermeditasi. Berbeda jauh bukan? Inilah kerennya meditasi, karena dengan bermeditasi struktur otak kita benar-benar bisa berubah literally!

 

Meditasi selain dikenal sebagai salah satu ritual beberapa agama tertentu, meditasi juga dikenal sebagai salah satu metode dalam dunia kesehatan yang bisa membantu meringankan beberapa keluhan kesehatan.  Sesungguhnya, masih ada banyak lagi penelitian dan bukti ilmiah mengenai manfaat bermeditasi. Namun, dari keempat poin di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa meditasi memiliki berbagai manfaat nyata yang baik untuk kita.

Apakah kamu penasaran untuk segera mencobanya? Poin manakah yang paling membuatmu tergerak untuk mencoba? Yuk bagikan pemikiranmu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter