witnessday

5 Jenis Detox Supaya Menjadi Lebih Mindful

Belakangan ini kita seringkali mendengar kata detox. Detox untuk weight-loss, untuk kecantikan, dan juga untuk kesehatan tubuh bagian lain. Namun, sebenarnya ada beberapa kegiatan detox yang bisa kamu coba untuk menjadi lebih mindful.

1. Detox Teknologi

Saat ini, kita dikelilingi teknologi canggih. TV, laptop, hp dan lain sebagainya. Kita menjadi ketergantungan dan sulit untuk menjadi tenang. Nonton TV, malah lihat berita gak enak. Buka laptop, jadi baca email di luar jam kerja. Cek hp, malah jadi keasikan chatting dan telat tidur.

Coba deh untuk melakukan detox teknologi saat bangun tidur dan pada jam tidur, sehingga kamu jadi bisa memiliki waktu untuk dirimu sendiri tanpa gangguan yang muncul dari teknologi di awal dan akhir hari.

2. Detox Social Media

Social Media seringkali membuat kita terdistraksi dari berbagai aktivitas yang tengah kita lakukan. Ketika sedang bekerja misalnya, kita jadi mudah untuk larut dalam status dan komentar-komentar yang ada di dalam social media.

Coba untuk tidak mengakses social media-mu pada saat beraktivitas. Dijamin bukan hanya efektivitas kamu yang meningkat, namun kamu juga menjadi lebih mindful pada setiap aktivitas yang kamu kerjakan.

3. Detox Junk Food

Dalam budaya Verdic, ada teori yang menjelaskan bagaimana makanan dapat mempengaruhi sifat kita. Junk food masuk ke dalam kategori Tamasic, makanan berat yang dapat melemahkan energi kita. Itulah mengapa setiap selesai mengkonsumsi junk food, kita jadi merasa ngantuk dan ini menjadi salah satu aspek menurunnya kesadaran. Kita jadi sulit untuk mindful.

Coba lakukan detox junk food selama 2 minggu dan rasakan perbedaannya. Selain kamu merasa jadi lebih berenergi dan mindful, kamu juga mengurangi ketergantunganmu terhadap junk food.

4. Detox Air Putih

Detox air putih bukan berarti kita tidak minum air putih ya. Ini terbalik. Justru kita mengkonsumsi air putih saja. Tidak minum teh, kopi, dan lain sebagainya. Hanya air putih saja.

Seperti yang kita ketahui, kafein bisa membuat kita segar dan terjaga ketika kita sedang mengantuk. Padahal, jika kita mengantuk, itu adalah sinyal yang diberikan pada tubuh kita ketika kita letih. Ketika letih, kita harus istirahat.

Coba deh tantang dirimu untuk melakukan detox air putih selama seminggu. Dan rasakan sendiri bagaimana kita menjadi lebih mindful dan sadar akan signal yang diberikan oleh tubuh kita.

5. Meditasi 

Salah satu detox yang paling efektif dan sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan meditasi. Kamu gak perlu menggunakan alat atau bahkan melakukan sesuatu agar bisa bermeditasi. Cukup duduk diam dan fokus pada nafas saja, kamu sudah bermeditasi. Dengan meditasi, kamu sudah dianggap detox dari semua kegiatan lain, selain kegiatan yang paling penting untuk menunjang kehidupan, yaitu bernafas.

Selain bisa membuat pikiran lebih tenang, meditasi juga membantu kita agar menjadi lebih mindful dengan setiap aktivitas yang akan kita lakukan.

Itulah kelima jenis detox yang bisa kamu lakukan untuk membuat hidup menjadi lebih mindful. Kalau kamu tertarik untuk memulai hidup mindful, kamu bisa mulai perjalananmu dengan ikutan kelas meditasi Relax. Breathe. Meditate bareng Will Wiriawan hari Kamis, jam 20:00 WIB melalui Zoom. Kamu bisa daftarkan dirimu melalui link ini.

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter