witnessday

Tahun Baru, Peluang Baru. Siapkah Kamu?

 

Tahun 2018 sudah tiba. Di timeline saya, banyak teman-teman yang menyambut tahun baru dengan sangat antusias. Mereka menuliskan harapan, doa, bahkan resolusinya untuk tahun 2018! Apakah kamu juga melakukannya?

Momen tahun baru seperti ini bisa dijadikan saat yang tepat untuk menyambut berbagai hal baru dalam kehidupan dan juga melakukan berbagai perubahan. Pada tahun baru ini, saya pribadi menjadikannya sebagai momen untuk membuka lembaran baru, mempraktekkan berbagai pelajaran yang saya dapatkan setelah kehilangan pasangan saya di tahun 2017. Saya mulai berpikir, bagaimana jika tahun ini adalah tahun terakhir saya hidup? Apa yang akan saya lakukan sekarang?

Nah, bagaimana jika hal tersebut ditanyakan kepadamu? Apa saja pelajaran yang bisa kamu dapat di tahun 2017? Apa saja hal yang bisa kamu lakukan agar 2018 menjadi lebih baik dari 2017?

Tahun yang baru bisa dilambangkan sebagai sebuah permulaan yang begitu megah dan luas. Berbagai kesempatan, potensi, kreativitas, dan juga segala kemungkinan ada di sana. Apa pun tujuanmu, harapanmu, keinginanmu bisa kamu temukan di sana. Segala pembaharuan dan perubahan yang kamu idamkan pun bisa kamu gapai pada momen ini.

Namun, karena permulaan ini begitu megah, perjalanan pada tahun ini bisa diibaratkan seperti berjalan di jalan yang berliku dan penuh cabang. Meski tidak ada yang tahu pasti ke mana kita harus melangkah untuk mencapai tujuan, kita sebaiknya memiliki keberanian, keteguhan hati, dan juga keyakinan bahwa perjalanan ini akan tetap berharga. Segala pengalaman baru, perubahan, perkembangan dan juga petualangan yang dijalankan akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk perkembangan kita.

Lalu, bagaimana caranya untuk dapat berserah sekaligus optimis pada perjalanan ini? Berikut saya akan membagikan beberapa tipsnya:

1. Memilih dengan Bijak
Di tahun ini, kita akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Pilihan apa pun yang dihadirkan, pertimbangkan secara seksama resiko dan dampak dari opsi yang akan dipilih. Jika memang semuanya dirasa memiliki resiko dan dampak yang sama besarnya, percayakan semuanya kepada intuisimu. Inner self-mu akan menunjukkan opsi mana yang sebaiknya dipilih sehingga bisa membawa manfaat yang luar biasa untukmu.

2. Rutin Bermeditasi

Dari banyak artikel yang sudah saya bagikan, saya seringkali menyarankan pembaca untuk rutin bermeditasi. Namun, kali ini saya ingin membagikan tips yang lebih spesifik; jadikan rasa khawatir dan rasa takutmu menjadi objek meditasi. Mungkin ada di antara kita yang merasa khawatir (atau bahkan takut) untuk menghadapi sesuatu yang baru; apakah keinginan akan terwujud? Bagaimana jika apa yang dijalankan malah memberikan masalah baru?

Salah satu cara untuk menghadapi rasa khawatir dan takut seperti itu adalah menjadikannya objek meditasi. Dengan begitu, kita akan semakin mengetahui asal usul rasa khawatir dan takut tersebut dan bagaimana perasaan tersebut bisa berkembang dan mengganggu pikiran kita saat ini. Yang perlu dilakukan hanya duduk di dalam ruangan yang hening dan memfokuskan diri pada rasa khawatir dan takut tersebut. Coba dan rasakan sendiri manfaatnya!

3. Jangan Takut Gagal
Saat kita bersorak-sorai menyambut tahun baru bukan berarti kita akan selalu berhadapan dengan hal-hal baik. Kita tentu juga akan menemukan masalah, yang bukan berarti hal buruk karena kita bisa belajar dan mendapatkan pengalaman dari masalah tersebut. Namun, jangan sampai hal ini membuatmu menjadi takut. Kita harus tetap berani; jika gagal, tidak ada salahnya untuk mencobanya lagi dengan cara yang berbeda.

Setiap orang tentu memiliki reaksi yang berbeda-beda saat menghadapi sesuatu yang baru. Apa pun dan bagaimana pun reaksimu, hindari untuk menanggapi segala sesuatunya secara naif dan mengambil keputusan dengan terburu-buru. Pertimbangkan segala hal dengan seksama, lakukan yang terbaik dan berserahlah pada hasil yang nantinya akan hadir.

Semoga tips singkat dari saya bisa bermanfaat untuk kamu, ketika menghadapi berbagai pilihan, rintangan, dan juga kesempatan baru di tahun 2018. Semoga beruntung!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter