witnessday

Merasa Pegal atau Nyeri Berkepanjangan? Inilah Saatnya untuk Grounding!

Sibuk setiap harinya sampai lupa makan, lupa minum, dan lupa segala-galanya? Sering sakit karena kurangnya menjaga kesehatan tubuh sendiri? Atau bahkan rasa pegal selalu ada dan tidak bisa hilang meski sudah minum obat? Ini mungkin saat yang tepat bagi kamu untuk mulai ‘grounding’.

‘Grounding’ sebenarnya adalah kegiatan untuk menyeimbangkan energi fisik dan spiritual dalam tubuhmu dengan cara menghubungkan kembali dirimu dengan bumi. Ketika kamu membumi (grounded), maka kamu akan merasakan bahwa dirimu ada di sini, dalam fisik ini, dan juga pada saat ini. Dengan membumi, kamu akan mendapatkan energi untuk lebih stabil. Kamu juga akan merasa lebih jernih, fokus, dan juga kuat.

Namun, apa lagi sebenarnya manfaat dari membumi? Simak penjelasannya berikut:

1. Menurunkan Tingkat Peradangan dan Meminimalisir Rasa Sakit

Pernahkah kamu merasa sakit pinggang karena terlalu lama duduk di depan komputer? Atau mungkin sakit pada area leher dan juga punggung karena terlalu sering menunduk ketika menggunakan laptop dan hp?

Perempuan berumur 44 tahun ini memiliki chronic back pain seperti yang terlihat pada gabar di bawah. Area berwarna merah melambangkan area yang terasa sakit dan terjadi peradangan. Jika kamu lihat sisi kiri, itu adalah gambar sebelum ia mencoba berbagai cara untuk membumi dan yang sebelah kanan adalah sesudahnya.

Setelah ia coba tidur di lantai selama 4 malam, ia melaporkan adanya pengurangan rasa sakit sebanyak 30%, pengurangan rasa sakit saat tidur sebanyak 70%, dan kekakuan saat bangun tidur yang juga berkurang sebanyak 30%.

Lalu, ia kembali meneruskan kegiatannya. Setelah 4 minggu, ia melaporkan bahwa rasa sakit berkurang sebanyak 80%, absennya gangguan saat tidur dan berkurangnya kekakuan di pagi hari sebanyak 70%.

2. Berkurangnya Stress

Ketika membumi, hormon kortisol mulai kembali normal. Kortisol terhubung dengan respon stress pada tubuh dan membantu mengontrol tingkatan gula dalam darah, memperbaiki metabolisme, dan membantu menggurangi peradangan.

Gambar di atas menunjukan hasil dari sebuah penelitian yang mengamati efek dari membumi selama 8 minggu.

Selain membaiknya ritme kortisol, subjek dari penelitian ini juga merasakan tidur yang lebih berkualitas dan kesegaran setiap bangun dari tidurnya.

 3. Memperbaiki Sirkulasi

Ketika kita membumi, sirkulasi akan menjadi lebih baik. Aliran oksigen dan nutrisi ke dalam setiap jaringan pada tubuh, termasuk aliran darah ,akan menjadi lebih baik. Gambar berikut menunjukkan perkembangan aliran darah pada wajah secara signifikan setelah 20 menit berbaring di lantai (lihat perbedaan warna pada area di bawah alis, warna merah melambangkan sirkulasi yang lebih tinggi dari warna biru).

 

Sayangnya, pada era di mana kita mengutamakan produktivitas, ada banyak di antara kita yang tidak menyadari bahwa dirinya kurang atau bahkan tidak membumi. Padahal berbagai gejala fisik yang dirasakan seringkali sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun kita tetap saja melakukan apa yang biasa dilakukan setiap harinya.

Apakah kamu merasakan gejala fisik yang serupa? Jika ya, saya menjelaskan berbagai cara sederhana untuk lebih membumi yang bisa kamu coba dalam waktu dekat. Silakan coba, dan jangan ragu utnuk share pengalamanmu di kolom komentar!

 

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter