witnessday

Berkenalan Lebih Jauh dengan Malaikat

Ketika kita berbicara mengenai malaikat, kita seringkali membayangkan sesosok makhluk yang suci, indah, yang dekat dengan Sang Pencipta dan hadir untuk menolong manusia. Hal itu bisa kita temukan baik di cerita dan film fiksi yang sering kita baca, agama dan kepercayaan, hingga tulisan kuno.

Nyatanya, malaikat sendiri dibahas di berbagai tulisan kuno dianggap sebagai penghubung antara Sang Pencipta dan manusia. Namun, sama seperti makhluk hidup, Malaikat juga memiliki kelas dan familinya. Banyak nama dan istilah yang sudah diberikan, namun secara umum, malaikat dibagi menjadi 3 kategori yang tersusun dari yang terdekat dengan manusia hingga yang terdekat dengan Sang Pencipta.

Pada tingkatan pertama, Malaikat yang melayani sebagai heavenly conselor; Ada Seraphim, Cherubim, dan juga Thrones. Mereka bekerja sangat dekat dengan Sang Pencipta. Masing-masing dari mereka menjaga kemurnian segala sesuatu yang berhubungan dengan Sang Pencipta.

Sedangkan pada tingkatan kedua berisikan Malaikat yang melayani sebagai heavenly governor. Di dalamnya ada Dominions, Virtues, dan juga Powers. Mereka bekerja untuk menjaga hubungan antara alam manusia dan alam surgawi agar tetap terjalin harmoni di dalamnya.

Yang terakhir adalah Malaikat yang melayani sebagai heavenly messanger. Sesuai dengan namanya, mereka menyampaikan pesan dari Sang Pencitpta kepada manusia. Malaikat-malaikat ini adalah Principalities, Archangels dan juga Angels.

1. Seraphim

Salah satu malaikat dengan posisi terdekat dengan Sang Pencipta. Ia dianggap sebagai malaikat cinta, di mana mengatur pergerakan energi di surga sehingga terbebas dari enegri yang tidak sesuai dengan cinta.

2. Cherubim

Cherubim adalah malaikat yang menjaga cahaya dan bintang. Malaikat yang bekerja untuk menjaga keharmonisan dan kebijaksanaan. Ia memastikan cahaya surga bisa menyentuh kehidupan manusaia.

3. Thrones

Malaikat pada tingkatan ini menangani kehendak dan juga keadilan. Ia juga menciptakan, mengumpulkan dan memberikan energi yang sesuai dengan energi di surga.

4. Dominions

Dominions adalah malaikat yang menghubungkan antara dunia fisik dan spiritual. Ia yang mengatur hukum karma, memberikan petunjuk mengenai meditasi dan kebijakan.

5. Virtues

Malaikat dalam tingkatan Virtues adalah malaikat yang bekerja untuk keseimbangan. Ia adalah malaikat yang bertugas untuk memberikan keajaiban, dan menggiring manusia menuju cinta dan kedamaian.

6. Powers

Sesuai dengan namanya, malaikat yang berada pada tingkatan ini akan memberikan perlindungan dan menggunakan kekuatannya untuk menjaga ingatan kolektif, stabilitas dan regulasi.

7. Principalities

Jika ada polisi, maka Principalities bertugas seperti polisi yang melindungi benua, negara, kota dan juga grup. Principalities adalah malaikat penjaga waktu dan karakter sehingga ia akan memberikan petunjuk pada hak asasi manusia dan juga berbagai bentuk permasalahan manajemen (integrasi).

8. Archangels

Pada artikel sebelumnya Archangels dijelaskan sebagai salah satu malaikat yang mengkomunikasikan berbagai hal kepada manusia. Hal itu terjadi karena mereka sangat suka berinteraksi dengan manusia dalam bentuk pertanda atau hal-hal ajaib lainnya.

9. Angels

Angels adalah malaikat yang menjadi pengamat yang tidak akan melakukan interfensi jika tidak diminta. Ia akan mengkomunikasikan berbagai hal dengan malaikat pada tingkatan lain. Angels memberikan petunjuk pada saat transformasi diri, kelahiran dan kematian, serta perlindungan.

Meski mereka memiliki beberapa tingkatan, namun sebaiknya kita tidak melihat mereka sebagai sebuah level. Sebaiknya, kita memandang setiap tingkatan tersebut saling terhubung, membuat suatu lingkaran sehingga nantinya akan terasa bahwa setiap malaikat saling bekerjasama untuk melayani jiwa ketuhanan dalam diri kita.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu percaya dengan keberadaan malaikat? Yuk ungkapkan pendapatmu dalam kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter