witnessday

Wawancara dengan Yongey Mingyur Rinpoche –Bagian 1

 

 

witnessday

 

Yay… Akhirnya…!

 

Setelah banyak teman menanyakan “mana videonya…?” dan banyak juga yang meminta saya untuk meneruskan artikel tanya-jawab seperti minggu lalu, akhirnya video wawancara saya dengan Mingyur Rinpoche bisa dilihat di youtube channel Buddhazine.

 

Nah, ini bagian pertamanya! Di sini sudah ada lima pertanyaan yang terjawab… Mingyur Rinpoche berbicara tentang meditasi (pastinya), tentang selera humornya, tentang pasang surut kehidupan berpasangan dan berkeluarga, tentang merawat anak-anak berkebutuhan khusus, sampai mengenai krisis ekonomi dunia.

 

 

Salah satu yang paling menyentuh saya di video ini adalah bagaimana Mingyur Rinpoche dengan begitu jelas, sederhana, dan indah bercerita tentang hakikat sejati di dalam diri kita yang dapat kita jumpai berkat meditasi.

 

Menurut Mingyur Rinpoche, ada riset yang menyebutkan bahwa apabila manusia mempunyai sepuluh kualitas di dalam dirinya, sebenarnya sembilan terdiri dari kualitas yang baik dan hanya satu kualitas kurang baiknya. Tapi, seringkali kita hanya fokus pada satu yang jelek dan melebih-lebihkannya.

 

Lewat meditasi kita diajak untuk mengenali kualitas baik dalam diri kita. Kebaikan yang sejak awal mula sudah ada. The basic goodness, memakai istilah Rinpoche. Setiap orang, siapapun itu, memilikinya. Our true nature, who we really are. Hakikat sejati kita, siapa kita sebenarnya.

 

Ibarat orang yang memakai jam tangan, tetapi tidak menyadarinya. Mau sebagus dan semahal apapun jam itu, orang tersebut tidak menyadarinya dan tidak bisa menggunakannya untuk melihat waktu. Seperti itu juga manusia yang mata batinnya belum terbuka.

 

Kita punya kualitas luhur dan ilahi di dalam diri kita. Kalau belum kita sadari, tentu tidak akan bisa kita pakai untuk membantu kehidupan kita. Meditasi memungkinkan kita untuk mengenali, menjangkau, merasakan, mempraktekkan, membadankan, dan menjadi hakikat sejati diri kita tersebut.

 

Mari berlatih!

 

Kalau wawancara ini menjadi panggilan dan membuatmu penasaran seperti apa itu meditasi, atau membuatmu terinspirasi untuk semakin tekun bermeditasi, kamu bisa mencoba beberapa hal berikut ini.

 

1. Berlatih bersama di Tergar Indonesia

Tergar adalah komunitas meditasi di bawah bimbingan Mingyur Rinpoche. Berlatih bersama komunitas yang aktif akan sangat membantu pertumbuhan praktek meditasi dan praktek spiritualmu.

 

2. Berlatih bersama guru atau komunitas meditasi yang sesuai

Di manapun kamu berada dan seperti apapun latar belakangmu, kamu bisa menemukan guru atau komunitas meditasi yang sesuai. Ada berbagai guru dengan latar belakang agama tertentu, ada juga guru yang sangat universal dan menggunakan pendekatan ilmiah saat mengajar. Kamu bisa belajar di biara, tempat retret kesehatan holistik, di komunitas dekat rumah, di tempat kamu berlatih yoga, atau bahkan online! Carilah maka kamu akan menemukan.

 

3. Berlatih bersama saya dan teman-teman

Saya bukan guru meditasi, saya adalah teman meditasi. Your meditation partner. Setiap harinya saya dan beberapa teman lainnya saling mendukung dan menyemangati di whatsapp group untuk kita rutin bermeditasi di tempat kita masing-masing. Setiap Rabu malam kita melakukan online group meditation bersama. Dan sebulan sekali, juga di hari Rabu, kita berkumpul untuk berlatih meditasi bersama. Kalau kamu tertarik untuk ikut bergabung dalam grup whatsapp ini dan mendapatkan dukungan dari teman-teman sekaum, kamu bisa menghubungi saya di sini.

 

Ada banyak alasan yang bisa kamu berikan untuk tidak mencoba. Tapi berikan dirimu sendiri satu alasan yang kuat saja untuk kamu berani mencoba dan memulai langkah pertama. Dirimu di masa depan akan sangat berterimakasih pada keputusan yang kamu buat di hari ini.

 

Terima kasih sudah membaca. Dan saya tahu artikel dan video ini bisa sangat membantu banyak orang di luar sana untuk menemukan jawaban, untuk mengenal kebaikan meditasi, dan untuk menjalani hidup yang lebih berbahagia. Tolong bantu saya untuk share artikel ini ke semua teman-teman dan keluargamu. Ajak mereka untuk nonton videonya dan berlatih meditasi bersama.

 

Happiness is only real when shared. Share, grow hand in hand, and let’s be happy together. That’s my sincere wish to all of us. Love you, guys! See you soon.

 

 

 

Love and light,

sign

 

 

 

 

 

ameliadevina1Amelia adalah seorang penulis dan Intuitive Coach. Misinya adalah membantu orang lain untuk menemukan siapa diri mereka sebenarnya, mengapa mereka ada di sini, dan bagaimana untuk menjadi diri mereka yang sejati. Ia melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari quantum healing, card reading, chakra wisdom healing, meditasi, dan menyalurkan pesan dari Semesta lewat life coaching. Saat ini Amelia terus berbagi lewat berbagai kelas offline dan online, workshop dan retreat. Ia secara rutin menulis pada blog yang bisa diakses di ameliadevina.com. Amelia bisa dihubungi lewat email hello@ameliadevina.com, halaman facebook Amelia Devina, dan instagram/ twitter @ameliadevina777.

 

 

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter