witnessday

Baca Ini Ketika Harus Mengambil Keputusan Sulit

Di dalam kehidupan ini, pasti ada momen di mana kita harus mengambil keputusan sulit. Pilihannya sangat dilematis sehingga sangat sulit untuk memilih diantara semua pilihan yang terlihat buruk. Kita jadi merasa sia-sia untuk memilih salah satu di antara pilihan buruk lainnya. 

Tapi kalau ditunda terus, pikiran semakin menjadi-jadi. “Kalau milih yang A, nanti ….”, “Tapi kalau milih yang B, aku pasti..”. Apapun yang dipilih rasanya salah. Makanya banyak orang yang memilih untuk ‘kabur’ dengan ‘menguburnya’. Menyibukkan diri dengan hal lain hingga dilema ini terabaikan dan lama kelamaan terlupakan.

Seperti yang kita ketahui, metode ‘mengubur’ seperti ini tidak baik. Seperti memelihara duri dalam daging. Masalahnya tidak akan selesai, namun tetap sangat mengganggu jika teringat. Jadi memang sebaiknya kita tetap menghadapinya. Bagaimana caranya?

1. Sadari Bahwa Kamu Punya Pilihan

Ketika pilihan sulit harus diambil, biasanya seseorang akan merasa powerless karena menganggap pilihan tersebut adalah satu-satunya yang bisa dipilih. Padahal tidak! Kamu selalu punya pilihan.

Misalnya ketika kamu gak suka dengan kantor kamu saat ini dan kamu jadi merasa bahwa resign adalah satu-satunya jalan keluar. Padahal ada pilihan lain yang kamu gak sadari.

Sebenarnya ada pilihan lain; Kamu bisa saja tetap di sana selama mencari pekerjaan pengganti. Atau kamu juga bisa pindah ke divisi lain. Atau bisa juga kamu kerja lebih keras untuk naik jabatan supaya berada di posisi lebih kuat. Itu semua adalah pilihan yang mungkin tidak kamu sadari.

Begitu kamu sadar bahwa kamu punya pilihan, maka kamu akan sadar saat itu juga bahwa kamu memiliki kekuatan untuk memilih.

 

2. Kritisi Pilihanmu

Supaya kamu tidak menyesal karena salah pilih, maka kamu harus mengambil waktu untuk mengkritisi pilihanmu. Coba pikirkan betul-betul, “Kenapa kamu memilih ini?” “Kenapa kamu gak sreg sama yang itu?”, “Apakah gak ada yang lebih efektif daripada pilihan ini?”

Dengan begitu kamu akan menjadi logis dalam mengambil keputusan.

 

3. Sadari Ketika Rasa Takut yang Menuntunmu

Ego kita seringkali ingin mengontrol diri kita. Kita selalu ingin menguntungkan dan melindungi semua yang kita miliki. Dari sanalah muncul rasa takut.

Ketika rasa takut yang mengontrol kita, kita akan memilih sesuatu yang membuat kita merasa aman, tapi mengabaikan atau malah mengorbankan hal lainnya secara berlebihan. Entah itu kesehatan, ataupun kewarasan.

Jika saat ini kamu masih merasa takut, jangan ambil keputusan apapun.

 

4. Jadilah Aware dan Rasakan Petunjuk

Biasanya ketika kita akan mengambil keputusan besar, Spirit guide akan menemani kita. Mereka akan membantu kita dalam pengambilan keputusan tersebut dengan cara memberikan petunjuk.

Petunjuk tersebut baru bisa kamu lihat, rasakan, atau dengar baik dalam bentuk lagu, berita, atau bahkan plat nomor. Namun, supaya kamu bisa mendapatkan petunjuk tersebut, kamu harus hidup dengan penuh kesadaran.

 

5. Rasakan Sakitnya

Apa yang paling menyakitkan ketika kamu sedang proses menimbang keputusan yang akan diambil? Misalnya, ketika kamu memutuskan untuk bercerai, rasa sakit seperti apa yang muncul?

Apakah kamu sakit karena orang yang kamu cintai memilih orang ketiga? Ataukah rasa sakit karena kesepian yang sudah terbayangkan? Sadari rasa sakitnya agar kamu bisa menimbang keputusannya dengan lebih baik.

Salah satu hal yang paling ditakutkan dalam pengambilan keputusan yang sulit adalah penyesalan. Dengan kelima cara di atas, kamu bisa memilih dengan penuh kesadaran. Sehingga akan meminimalisir penyesalan atau bahkan bisa membuat kamu tetap mensyukuri segala proses pembelajaran yang telah terjadi dalam pengambilan keputusan tersebut.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.