witnessday

Berkenalan dengan Energi Yin

Ketika mendengar kata “energi”, banyak orang yang terbayang sebuah kekuatan besar yang menggerakan berbagai macam hal di dunia. Apa yang dibayangkan tentu saja tidak salah. Namun sebenarnya di dunia ini ada 2 energi yang bekerja. Yin dan Yang.

Mungkin gambaran yang sekarang muncul di kepala kamu adalah logo berbentuk bulat dengan warna hitam dan putih. Yang adalah energi maskulin, sedangkan Yin adalah energi feminin. Yang dilambangkan dengan warna putih, sedangkan Yin dilambangkan dengan warna hitam.

Tidak ada yang baik ataupun yang buruk. Keduanya memiliki sifat berbeda yang akan membentuk sebuah harmoni yang baik. Namun kali ini, saya akan membahas lebih dalam mengenai energi Yin terlebih dahulu.

Energi Yin adalah energi feminin yang biasa dikenal dengan nama lain seperti Shakti dan Lunar. Energi Yin juga sangat sering dihubungkan secara simbolis dengan bulan, gaia (ibu bumi), dan air.

Sesuai dengan perlambangannya, energi Yin ini sangat dekat dengan intuisi, kontemplasi, kelembutan, dan ketenangan. Itulah mengapa energi Yin ini perlu untuk dilatih agar kita bisa memiliki intuisi yang baik, mampu menyayangi diri sendiri, lebih bisa bersyukur, dan memiliki hubungan yang baik dengan Sang Pencipta.

Beberapa tanda jika kamu memiliki masalah dengan energi Yin adalah menstruasi yang tidak teratur, insomnia, depresi, mimpi buruk, rambut dan kulit yang kering, dan mudah kedinginan. Apakah kamu memiliki masalah ini?

Jika ya, kamu bisa melakukan hal ini untuk menyeimbangkan energi Yin:

1. Meditasi

Dengan meditasi, kamu bisa semakin sadar dengan apa yang sedang kamu rasakan dan sedang kamu pikirkan. Kamu akan menjadi lebih mengenal dirimu sendiri. 

2. Lakukan Sesuatu yang Kamu Sukai

Biasanya orang dengan energi Yin yang tidak seimbang cenderung bekerja keras dan tidak meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang ia sukai. Coba luangkan waktu untuk melakukan hobi, dan rasakan hidup yang lebih seimbang.

3. Tidur Berkualitas

Seorang dengan energi Yin yang tidak seimbang biasanya memiliki masalah pada tidurnya. Apakah itu sering mimpi buruk, kepanasan di tengah tidurnya sampai terbangun, atau malah sulit tidur. Coba untuk batasi penggunaan gadget sebelum tidur, dan kurangi nonton film/baca buku yang membuat kamu menjadi tegang.

4. Latih Kesabaranmu

Jika kita menjadi sosok yang gak sabaran, sebenarnya kita sendiri juga akan jadi menderita. Seumur hidup kita akan terburu-buru dan menjadi sosok yang menuntut banyak hal dari orang lain. Ini membuat hubunganmu dengan orang lain dan dirimu sendiri menjadi kurang baik. Coba latih kesabaranmu, se-simple dengan tidak skip ads yang muncul saat nonton.

5. Berkegiatan di Alam/Luar Ruang

Secara alamiah energi Yin sangat dekat dengan ibu bumi. Jadi, sebaiknya kamu menjadwalkan diri untuk keluar rumah dan beraktivitas di luar ruang untuk menyeimbangkan energi Yin.

6. Melakukan Kegiatan Seni

Dengan melakukan kegiatan seni, kamu bisa berekspresi melalui karyamu. Kamu bisa mengakses perasaan-perasaan yang mungkin selama ini tidak terungkapkan. Tidak peduli hasilnya bagus atau jelek.

Itulah keenam hal yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kembali energi Yin yang ada di dalam dirimu. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk ceritakan pengalamanmu di kolom komentar setelah mencobanya.

Jangan lupa subscribe Loveground Academy untuk menemani perjalanan mindfulness kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.