Bagi Kamu yang Sensitif, Perhatikan 5 Hal Berikut

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Pernahkah kamu merasakan kesedihan yang mendalam ketika mendengar kematian seseorang yang tidak dekat denganmu? Atau mungkin merasa sangat sedih ketika mendengar berita bencana alam yang menimpa orang-orang yang tidak kamu kenal sama sekali? Biasanya orang-orang yang merasakan hal ini dianggap sebagai orang yang lemah, cengeng, atau bahkan cari perhatian. Padahal orang-orang seperti ini adalah orang […]

5 Cara untuk Berhadapan dengan Kehilangan

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Saat ini, Indonesia sedang berduka atas terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, Palu beberapa hari yang lalu. Banyak di antara kita yang mengungkapkan keprihatinan, kesedihan, kekhawatiran, ketakutan, bahkan mungkin duka yang mendalam. Semua emosi tersebut terasa, bukan hanya saat bertatap muka dengan teman dan keluarga kita, namun juga di social media, televisi dan […]

5 Manfaat Art Therapy Bagi Diri Kita

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Mengapa ada banyak seniman yang tetap berkarya dan menghasilkan karya seni seumur hidupnya meski karyanya kurang laku di pasaran? Mengapa seringkali mereka memilih untuk hidup susah yang penting masih dapat berkarya? Jawabannya adalah karena karya seni yang diciptakannya merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara buah pikirannya dengan dunia nyata. Kerumitan pemikirannya, kacau balau perasaannya, semuanya […]

Penolakan: Baik atau Buruk?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Pada artikel sebelumnya, saya menyajikan berbagai fakta mengenai alasan mengapa kita takut akan penolakan. Dari zaman nenek moyang kita, manusia selalu dihadapkan dengan rasa takut sehingga tidaklah mengherankan jika kita merasakan timbulnya ketakutan ketika menghadapi penolakan. Hal ini sangatlah alamiah. Namun, apakah penolakan menjadi suatu hal yang buruk? Coba deh kita balik kondisinya.. Pernahkah […]

Mengapa Penolakan Terasa Menyakitkan?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Saya rasa banyak dari kita yang sudah pernah merasakan penolakan; ada yang pernah ditolak cintanya, ada yang pernah ditolak kebaikannya, ada yang pernah ditolak bantuannya, bahkan ada juga yang ditolak keadaannya serta keberadaannya. Rasanya begitu sakit dan menyedihkan bukan? Guy Winch, penulis buku Emotional First Aid: Practical Strategies for Treating Failure, Rejection, Guilt, and Other […]

Melatih Kesadaran dalam Setiap Kebaikan

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Istilah mindfulness sering disebutkan di berbagai media massa hingga pidato di berbagai tempat. Banyak orang yang sudah mengerti mengenai mindfulness dan berbagai turunannya; mindful living, mindful working, dan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan mindful lainnya. Namun pertanyaan berikutnya adalah, “setelah menjadi mindful, lalu harus bagaimana lagi?”. Pada artikel sebelumnya, saya sempat membahas mengenai kindfulness, istilah […]

Apa Itu Kindfulness?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  “Mindfulness without kindness becomes dry, boring and cold.”- Shamash Alidina Di berbagai kesempatan sebelumnya, saya seringkali membahas mengenai mindfulness; apa itu mindfulness, bagaimana hidup dengan mindful, apa manfaat menjalankan hidup dengan mindful, bahkan bagaimana menjalankan hubungan dengan mindful. Namun ternyata, ada hal yang menurut saya tidak kalah pentingnya untuk dikembangkan, yaitu dengan menjadi baik […]

Ada Apa Dengan Kata “Harus”?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Beberapa klien saya seringkali mengatakan kata “harus” di berbagai sesi. “Harusnya gue ga boleh salah”, “Aku tau harusnya aku bisa maafin”, “Jadi anak harusnya ga boleh marah sama orangtua, harusnya aku bisa lebih berbakti…”. Atau: “Sembahyang itu harus dan wajib hukumnya, ga dijalankan ya artinya masuk neraka”, “Cantik itu harusnya putih, langsing, rambut panjang, […]

Sering Menghakimi Diri Sendiri? Atasi dengan 4 Cara Ini!

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  “Yah, masa gini aja takut.. Orang lain aja berani coba” “Ah, bodoh banget deh..Gini aja ga beres.” “Harusnya gue ga usah marah tadi. Merasa bersalah jadinya, nahan emosi aja ga bisa” “Payah, gitu aja gagal. Padahal liat tuh orang lain bisa” Coba diingat-ingat, kapan terakhir kali kamu menjudge dirimu sendiri dan mengasosiasikan dirimu pada […]