Meditasi Sebagai Salah Satu Metode Penyembuh Inner Child

Posted on Posted in witnessday

 

Berbagai permasalahan pada diri yang sering ditemukan biasanya terkait dengan keadaan inner child kita. Jika kamu sudah pernah membaca artikel sebelumnya, Bagaimana Kabar Inner Child-mu Saat Ini? Kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai apa saja hal-hal yang mungkin dirasakan oleh inner childmu, apa yang mungkin ia butuhkan saat ini dan apa saja hal yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan inner child yang sedang terluka secara perlahan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan inner child; mulai dari berkomunikasi dengan diri sendiri,  menyampaikan berbagai afirmasi positif hingga menulis surat untuk inner child. Namun, salah satu cara yang menurut saya baik untuk dicoba juga adalah dengan meditasi.

Meditasi menawarkan kita sebuah cara untuk meminimalisir (bahkan menghentikan) ketakutan akan masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan yang memenuhi pikiran kita selama ini. Thich Nhat Hanh sendiri telah menerapkan mantra untuk berlatih cinta kasih untuk komunitas meditasi yang dimulai dengan “Saya telah tiba, saya berada di rumah.” Ini adalah salah satu cara untuk menghadapi berbagai bentuk mental yang selama ini telah memenuhi kesadaran dengan ketakutan, rasa sakit dan penderitaan. Dengan berlatih meditasi menggunakan mantra tersebut, kita dapat mengamati hal yang sama, namun dari sebuah tempat yang berpusat pada kesadaran.

Mantra tersebut diucapkan Thich Nhat Hanh dalam bahasa Vietnam. Namun, makna mantra tersebut sebenarnya bukanlah “Saya telah tiba, saya berada di rumah” tetapi, “Inner child kamu telah tiba, ia telah berada di rumah”. Mantra ini sangatlah indah untuk diucapkan ke diri sendiri ketika Anda melakukan meditasi yang berfokus pada pernafasan.

Sedangkan, jika kamu melakukan meditasi berjalan, pastikan setiap langkahmu mengajak inner child untuk menjadi lebih baik dan pulang bersamamu. Ketika kamu berjalan ke dalam mobil atau kantor, kamu bisa mengulangnya dalam hati, “Inner child saya telah tiba. Inner child saya telah berada di rumah” sembari menarik dan menghembuskan nafas.

Meski meditasi adalah latihan untuk menjadi sadar dan berada pada saat ini, kamu juga bisa menggunakan nafasmu dengan penuh kesadaran dan konsetrasi untuk memulihkan luka. Ya, hanya dengan menerima inner child yang terluka untuk kembali ke dalam rumah.

Kamu dapat mengundangnya untuk pulang kapanpun; baik ketika sedang meditasi duduk, meditasi berjalan, makan dengan penuh kesadaran, mandi atau meski sedang mengerjakan hal lain secara sadar. Latihan untuk menjadi sadar di berbagai momen penting untuk dilakukan sehingga energi internal yang berasal dari kesadaran dapat berkembang sebelum kita masuk ke tahap selanjutnya; berhenti dan melihat secara mendalam mengenai apa yang menyebabkan trauma. Jika dilakukan secara rutin,  meditasi akan mengembangkan kekuatan, dan akan menyediakan kejernihan dan kejelasan yang dibutuhkan untuk mengetahui hantu masa lalu dan juga kekhawatiran akan masa depan.

Selain itu, kamu bisa mencoba menjalankan meditasi cinta kasih untuk inner child. Meditasi ini berfokus pada inner child yang terluka dengan memelihara inner child secara baik dan di waktu yang bersamaan juga memelihara kamu yang sudah dewasa. Persiapkan meditasi dengan duduk tegak yang nyaman. Konsentrasi pada nafas. Setelah 10 atau 20 hitungan, kapanpun kamu sudah merasa tenang dan stabil, bawa setiap komponen – cinta, belas kasih, kebahagiaan dan juga ketenangan ke dalam dirimu. Langkah berikutnya adalah dengan memfokuskan konsentrasi untuk menyirami bibit cinta, belas kasih, kebahagiaan dan ketenangan di dalam inner childmu sambil mengucapkan mantra ini di dalam hati, “Saya membawa cinta, untuk inner child saya” selagi menarik dan membuang nafas.

Kamu dapat mengucapkan panggilan sayang untuk inner child kamu jika kamu menginginkannya. Ucapkan secara perlahan, “Dear Amel” atau “Amel sayang”. Rasakan energi cinta yang memenuhi kamu dari ujung kepala hingga ujung kaki dan penuhi dengan energi selama beberapa nafas. Lalu lanjut ucapkan dalam hati, “Saya membawa belas kasih untuk inner child saya”, “Saya membawa kebahagiaan, untuk inner child saya”, “Saya membawa ketenangan, untuk inner child saya” pada setiap tarikan dan hembusan nafas kamu.

 

Akhiri meditasi dengan membawa cinta, belas kasih, kebahagiaan dan ketenangan sekali lagi kepada dirimu yang sudah dewasa. Fokuskan konsentrasi pada 4 kulitas untuk mengupayakan metode penyembuhan bagi inner childmu. Di luar kedua cara ini, ada berbagai metode meditasi dan latihan lain yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan inner child yang terluka. Tentu kamu boleh mencoba metode lain atau bahkan memadukannya sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, PR terpenting yang perlu kita semua kerjakan adalah untuk terus konsisten menjalankan latihan dan mengupayakan penyembuhan bagi inner child kita. Apakah kamu setuju?

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter