Penolakan: Baik atau Buruk?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Pada artikel sebelumnya, saya menyajikan berbagai fakta mengenai alasan mengapa kita takut akan penolakan. Dari zaman nenek moyang kita, manusia selalu dihadapkan dengan rasa takut sehingga tidaklah mengherankan jika kita merasakan timbulnya ketakutan ketika menghadapi penolakan. Hal ini sangatlah alamiah. Namun, apakah penolakan menjadi suatu hal yang buruk? Coba deh kita balik kondisinya.. Pernahkah […]

Mengapa Penolakan Terasa Menyakitkan?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Saya rasa banyak dari kita yang sudah pernah merasakan penolakan; ada yang pernah ditolak cintanya, ada yang pernah ditolak kebaikannya, ada yang pernah ditolak bantuannya, bahkan ada juga yang ditolak keadaannya serta keberadaannya. Rasanya begitu sakit dan menyedihkan bukan? Guy Winch, penulis buku Emotional First Aid: Practical Strategies for Treating Failure, Rejection, Guilt, and Other […]

Melatih Kesadaran dalam Setiap Kebaikan

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Istilah mindfulness sering disebutkan di berbagai media massa hingga pidato di berbagai tempat. Banyak orang yang sudah mengerti mengenai mindfulness dan berbagai turunannya; mindful living, mindful working, dan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan mindful lainnya. Namun pertanyaan berikutnya adalah, “setelah menjadi mindful, lalu harus bagaimana lagi?”. Pada artikel sebelumnya, saya sempat membahas mengenai kindfulness, istilah […]

Apa Itu Kindfulness?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  “Mindfulness without kindness becomes dry, boring and cold.”- Shamash Alidina Di berbagai kesempatan sebelumnya, saya seringkali membahas mengenai mindfulness; apa itu mindfulness, bagaimana hidup dengan mindful, apa manfaat menjalankan hidup dengan mindful, bahkan bagaimana menjalankan hubungan dengan mindful. Namun ternyata, ada hal yang menurut saya tidak kalah pentingnya untuk dikembangkan, yaitu dengan menjadi baik […]

5 Cara untuk Menjalankan Hubungan yang Mindful

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  “Falling in love and having a relationship are two different things” – Keanu Reeves   Bagi sebagian orang, jatuh cinta adalah perkara mudah, namun tetap menjalankan hubungan atas dasar cinta bukanlah hal yang mudah. Setuju? Sebuah studi yang dilakukan oleh University of North Carolina di tahun 2004 mengenai “pasangan yang relatif bahagia dan tidak […]

Ada Apa Dengan Kata “Harus”?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Beberapa klien saya seringkali mengatakan kata “harus” di berbagai sesi. “Harusnya gue ga boleh salah”, “Aku tau harusnya aku bisa maafin”, “Jadi anak harusnya ga boleh marah sama orangtua, harusnya aku bisa lebih berbakti…”. Atau: “Sembahyang itu harus dan wajib hukumnya, ga dijalankan ya artinya masuk neraka”, “Cantik itu harusnya putih, langsing, rambut panjang, […]

Sering Menghakimi Diri Sendiri? Atasi dengan 4 Cara Ini!

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  “Yah, masa gini aja takut.. Orang lain aja berani coba” “Ah, bodoh banget deh..Gini aja ga beres.” “Harusnya gue ga usah marah tadi. Merasa bersalah jadinya, nahan emosi aja ga bisa” “Payah, gitu aja gagal. Padahal liat tuh orang lain bisa” Coba diingat-ingat, kapan terakhir kali kamu menjudge dirimu sendiri dan mengasosiasikan dirimu pada […]

5 Cara untuk Mendengarkan dengan Penuh Perhatian

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Pernah gak sih kamu merasakan momen-momen ketika seseorang tidak sedang benar-benar mendengarkanmu? Mungkin kamu tidak bisa menyebutkan apa yang membuatmu merasa demikian, namun kamu tahu pasti kapan seseorang tidak mendengarkanmu dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut sedikit banyak membuatmu merasa tidak nyaman, bukan?     Menurut psikolog klinis, Leon Seltzer, membiarkan seseorang menceritakan penderitaannya adalah salah […]

Mengapa Manusia Membentengi Dirinya?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Pada artikel sebelumnya, saya sempat membahas mengenai ciri-ciri seseorang yang terjebak dalam kondisi emotionally unavailable. Apakah kamu salah satu yang merasakan ciri-ciri tersebut pada dirimu? Apakah kamu merasa sulit untuk dekat dengan seseorang yang tertarik denganmu? Apakah kamu merasa sudah cukup mandiri sehingga tidak membutuhkan orang lain? Atau mungkinkah kamu selama ini menggunakan kesibukanmu untuk […]

5 Ciri Seseorang Terjebak dalam Kondisi Emotionally Unavailable

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Apakah kamu pernah berhubungan dengan seseorang yang sulit untuk didekati? Seseorang yang selalu menjauh, membuat banyak excuse, atau menunjukkan kejanggalan ketika berbicara mengenai perasaannya atau ketika membahas mengenai hubungan. Banyak juga di antaranya yang menunjukkan kemarahan, kritik, atau melakukan sesuatu hal yang membuat hubungan menjadi semakin berjarak. Ketika berhubungan dengan orang tersebut, kamu jadi […]