Blog

Ada Apa Dengan Kata “Harus”?

  Beberapa klien saya seringkali mengatakan kata “harus” di berbagai sesi. “Harusnya gue ga boleh salah”, “Aku tau harusnya aku bisa maafin”, “Jadi anak harusnya ga boleh marah sama orangtua, harusnya aku bisa lebih berbakti…”. Atau: “Sembahyang itu harus dan wajib hukumnya, ga dijalankan ya artinya masuk neraka”, “Cantik itu harusnya putih, langsing, rambut panjang, […]

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter

Sering Menghakimi Diri Sendiri? Atasi dengan 4 Cara Ini!

  “Yah, masa gini aja takut.. Orang lain aja berani coba” “Ah, bodoh banget deh..Gini aja ga beres.” “Harusnya gue ga usah marah tadi. Merasa bersalah jadinya, nahan emosi aja ga bisa” “Payah, gitu aja gagal. Padahal liat tuh orang lain bisa” Coba diingat-ingat, kapan terakhir kali kamu menjudge dirimu sendiri dan mengasosiasikan dirimu pada […]

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter

5 Cara untuk Mendengarkan dengan Penuh Perhatian

  Pernah gak sih kamu merasakan momen-momen ketika seseorang tidak sedang benar-benar mendengarkanmu? Mungkin kamu tidak bisa menyebutkan apa yang membuatmu merasa demikian, namun kamu tahu pasti kapan seseorang tidak mendengarkanmu dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut sedikit banyak membuatmu merasa tidak nyaman, bukan?     Menurut psikolog klinis, Leon Seltzer, membiarkan seseorang menceritakan penderitaannya adalah salah […]

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter