witnessday

Self Love Tidak Melulu Soal Menghamburkan Uang

Semakin ke sini pengetahuan kita tentang mental health semakin baik. Semakin banyak orang yang mengerti pentingnya self-love dan boundaries. Tentu ini membuat saya sebagai seorang lightworker senang. Namun, ada beberapa kata-kata dan ejekan mengenai self love yang menggelitik, mungkin kamu juga pernah mendengarnya. Kata-katanya kurang lebih seperti ini: “Dikit-dikit self-love, tau-tau miskin.”

Apa iya begitu??

Ternyata benar. Ada banyak orang yang belum memahami arti sebenarnya dari self-love dan bagaimana kita bisa mempraktekkan self-love dari aksi yang paling sederhana sampai yang mewah. Banyak orang yang beranggapan bahwa self-love harus diisi dengan makanan enak, barang baru, dan segala kegiatan konsumtif lainnya. Padahal, gak selalu begitu.

 

Self-Love Berhubungan dengan Disiplin

Salah satu kenyataan pahit yang perlu kita terima agar bisa bahagia adalah, ada banyak hal kurang baik dalam hidup kita yang terjadi karena kesalahan kita sendiri. Percayalah, tidak ada yang bisa kita ubah dalam hidup ini jika kita selalu menyalahkan orang lain dan keadaan.

Itulah kenapa kita butuh disiplin untuk menjalankan semua tugas dan aktivitas yang harus dijalankan.

 

Self-Love Berkaitan Erat dengan Self-Respect

Banyak hal dalam kehidupan kita yang terjadi karena kita mengizinkan itu terjadi kepada kita. Kita ambil saja contoh yang sering terjadi; Sudah tau lagi capek, tapi selalu korbanin dirinya untuk bekerja ekstra. Lalu gak lama kemudian sakit, badannya jadi selalu sakit-sakit. Saya cukup yakin ini hal yang sering terjadi.

Kalau kamu memang benar-benar mencintai dirimu sendiri, kamu akan menghargai dirimu sama seperti kamu menghargai orang-orang yang kamu anggap penting dalam kehidupanmu. 

 

Self-Love Gak Selalu Self-Reward

Merayakan keberhasilan memang penting. Apalagi dengan sesuatu yang kita sukai. Namun gak semua yang kita suka adalah hal yang baik untuk diri kita. Selain itu, kita juga tidak harus merayakan keberhasilan dengan sesuatu yang kita anggap menyenangkan, bahkan bisa dalam bentuk hal-hal yang bisa membantu kita berkembang, misalnya beli aplikasi untuk menjalankan meditasi atau belajar hal baru.

Kunci dari setiap aktivitas self-love adalah bagaimana kita bisa mencintai diri kita sendiri dengan baik dan dengan cara yang sehat, sama seperti kita mencintai orang-orang di sekitar kita. Jika pada praktek self-love kamu malah jadi merugikan dirimu sendiri, coba tanyakan kembali kepada dirimu, apakah seperti ini cara kamu mencintai dirimu sendiri?

 

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter