witnessday

Seni Merawat dan Menyayangi Diri: Sudahkah Dilakukan dengan Benar?

 

Setiap hari tubuh ini kita gunakan untuk menuruti apa yang kita perintahkan; baik untuk bekerja, maupun untuk bersenang-senang. Tidak cukup sampai tubuh, secara psikis pun kita seringkali tanpa sengaja memaksa diri untuk melakukan sesuatu yang tidak kita sukai; berhadapan dengan orang yang menyebalkan, mengerjakan pekerjaan yang tidak sesuai dengan apa yang kita percaya dan berbagai hal lainnya.

Hal-hal tersebut ada dan sulit untuk dihindari setiap harinya. Tidak heran jika banyak orang di sekitar kita (atau bahkan mungkin kamu) merasa begitu tertekan sehingga sulit untuk merasa bersyukur apalagi berbahagia setiap harinya. Maka dari itu penting bagi setiap orang untuk lebih dapat merawat dan menyayangi dirinya sendiri. Namun, bagaimana caranya? Bukankah itu suatu hal yang egois? Mana cukup waktunya?

Setiap hari, kita semua memiliki waktu 24 jam setiap harinya yang kita gunakan untuk bekerja, tidur dan melakukan aktivitas lainnya. Masa iya dari 24 jam tersebut kita tidak bisa meluangkan sedikit saja waktu untuk berterima kasih dengan merawat dan menyayangi diri sendiri?

Namun, ada beberapa hal yang bisa kita semua bisa perhatikan sekaligus praktekkan untuk memperbaiki kualitas hidup:

1. Merawat dan Menyayangi Diri Harus Dijadikan Rutinitas

Setiap hari kita menghadapi berbagai hal yang menguras energi, memberikan tekanan dan juga menimbulkan rasa cemas yang tak kunjung selesai. Jadi, tidak salah dong jika kita melakukan berbagai kegiatan untuk merawat dan menyayangi diri kita sendiri setiap hari? Jadi, kamu tidak perlu lagi merasa bersalah ketika kamu merasa ingin santai sejenak setelah bekerja seharian penuh.

2. Buat Daftar Kegiatan yang Bisa Membuatmu Rileks

Setiap orang memiliki preferensi berbeda ketika berbicara mengenai kegiatan yang menyenangkan dan juga yang dapat membuatnya rileks. Ada yang senang membaca, namun ada juga yang senang membuat prakarya. Tuliskan saja berbagai kegiatan yang kamu sukai dan pilih salah satu setiap harinya untuk dilakukan sepenuh hati.

3. Jika Tidak Ada Waktu, Jadikan Rutinitas Pribadimu Berkualitas

Sesibuk apapun kita, kita pasti memiliki waktu untuk diri kita sendiri; sesederhana mandi, tidur, gosok gigi dan lain-lain. Jika kamu sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk menjalankan hobi atau aktivitas lainnya, kamu bisa lho menjadikan rutinitas tersebut lebih berkualitas.

Kamu bisa mengganti pasta gigi yang biasa digunakan menjadi pasta gigi ramah lingkungan yang bukan hanya baik untuk kesehatan mulutmu, namun juga baik untuk lingkungan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sabun yang dibeli khusus; yang wanginya halus dan teksturnya lembut untuk kulitmu. Membayangkannya saja, saya jadi ingin segera mandi!

4. Jadwalkan Kegiatan Meditasimu

Meditasi adalah saat di mana kamu beristirahat di sini dan di saat ini, sepenuhnya berada pada present moment. Karena kedamaian hati adalah salah satu faktor penentu kebahagiaan, meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk membuat dirimu menjadi lebih bahagia. Segala bentuk meditasi yang kamu jalankan dalam kehidupan sehari-hari bisa mengurangi berbagai hal negatif yang mengganggu pikiran dan menggantinya dengan yang lebih positif sehingga keadaan damai dari dalam diri bisa tercipta. Yuk tentukan jadwal rutin untuk latihan meditasi dan berkomitmenlah untuk menjalankannya 😊

5. Mulai Memberi Batasan dan Berani Berkata Tidak

Banyak di antara kita yang terlalu sering mengorbankan diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan atau bahkan keinginan orang lain; baik itu atasan, teman, keluarga dan juga kekasih. Hal-hal tersebut menggerogoti diri kita dan secara tidak langsung membuat kita merasa bahwa diri kita tidak lebih penting dari orang lain.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memberi batasan yang sehat antara apa yang bisa kita penuhi dan apa yang tidak bisa kita penuhi. Dengan begitu kita bisa tahu dan mulai memberanikan diri untuk berkata tidak/menolak permintaan yang tidak bisa kita penuhi.

6. Lakukan Body Scan Secara Rutin

Body scan adalah kegiatan di mana kita menjadi aware (menyadari) hal-hal yang dirasakan anggota tubuh; mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kamu bisa memulai dari berbaring agar bisa lebih rileks, memejamkan mata dan menarik beberapa nafas. Lalu kamu bisa mulai merasakan sensasi yang dirasakan oleh tubuh mulai dari ubun-ubun, kening, bagian mata, hidung, pipi, telinga, terus menuju ke bagian tubuh lainnya hingga ujung jari kaki. Cobalah untuk memperhatikan apa yang setiap anggota tubuhmu rasakan, apakah ada bagian yang pegal? Nyeri atau bahkan perih karena terluka tanpa disadari?

Body scan adalah salah satu langkah yang terdapat pada Yoga Nidra; salah satu latihan para yogi yang merupakan perpaduan antara meditasi dan terapi tubuh dan jiwa. Yoga Nidra juga memasukan unsur tujuan hidup kita selagi praktek dan sekaligus melakukan self healing dengan mengalirkan energi ke bagian-bagian tubuh yang perlu diperhatikan.

Body scan merupakan wujud dari perhatian dan rasa sayang kita untuk tubuh kita sendiri. Dengan melakukan body scan, kita mengizinkan tubuh kita untuk menerima relaksasi. Coba lakukan body scan ini secara rutin, dan percayalah, tubuhmu akan merasakan manfaatnya!

7. Berinvestasi untuk Diri Sendiri

Begitu mendengar kata investasi mungkin bayak di antara kamu yang langsung membayangkan bahwa kita akan menganggarkan budget yang cukup besar untuk memanjakan diri kita seperti dengan berbelanja barang-barang mewah yang selama ini kita inginkan misalnya. Padahal, tidak selalu harus seperti itu, lho..

Kita bisa membeli berbagai buku, ikut pelatihan atau retreat yang bisa mengembangkan pengetahuan dan skill sebagai wujud investasi untuk diri kita sendiri. Bahkan kita juga bisa menggunakan jasa personal trainer untuk memandu kita saat berolahraga agar olahraga yang dilakukan jadi lebih optimal.

Saat ini mungkin ada berbagai hal dan juga tugas yang belum terselesaikan karena kita sedang merasa mumet, stuck dan tidak menemukan jalan keluar meski sudah mencoba berbagai cara. Coba deh lakukan ketujuh hal tersebut! Siapa tau secara kerumitan dan kebuntuan yang sedang dialami bisa segera terurai dan seluruh tugasmu bisa selesai dalam waktu cepat!

Nah, apakah ada di antara kalian yang sudah menjalankan perawatan diri secara rutin? Jika sudah, yuk share pengalaman dan rutinitasmu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter