Ada Apa Dengan Kata “Harus”?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Beberapa klien saya seringkali mengatakan kata “harus” di berbagai sesi. “Harusnya gue ga boleh salah”, “Aku tau harusnya aku bisa maafin”, “Jadi anak harusnya ga boleh marah sama orangtua, harusnya aku bisa lebih berbakti…”. Atau: “Sembahyang itu harus dan wajib hukumnya, ga dijalankan ya artinya masuk neraka”, “Cantik itu harusnya putih, langsing, rambut panjang, […]

Sering Menghakimi Diri Sendiri? Atasi dengan 4 Cara Ini!

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  “Yah, masa gini aja takut.. Orang lain aja berani coba” “Ah, bodoh banget deh..Gini aja ga beres.” “Harusnya gue ga usah marah tadi. Merasa bersalah jadinya, nahan emosi aja ga bisa” “Payah, gitu aja gagal. Padahal liat tuh orang lain bisa” Coba diingat-ingat, kapan terakhir kali kamu menjudge dirimu sendiri dan mengasosiasikan dirimu pada […]

Mengapa Manusia Membentengi Dirinya?

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Pada artikel sebelumnya, saya sempat membahas mengenai ciri-ciri seseorang yang terjebak dalam kondisi emotionally unavailable. Apakah kamu salah satu yang merasakan ciri-ciri tersebut pada dirimu? Apakah kamu merasa sulit untuk dekat dengan seseorang yang tertarik denganmu? Apakah kamu merasa sudah cukup mandiri sehingga tidak membutuhkan orang lain? Atau mungkinkah kamu selama ini menggunakan kesibukanmu untuk […]

5 Ciri Seseorang Terjebak dalam Kondisi Emotionally Unavailable

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Apakah kamu pernah berhubungan dengan seseorang yang sulit untuk didekati? Seseorang yang selalu menjauh, membuat banyak excuse, atau menunjukkan kejanggalan ketika berbicara mengenai perasaannya atau ketika membahas mengenai hubungan. Banyak juga di antaranya yang menunjukkan kemarahan, kritik, atau melakukan sesuatu hal yang membuat hubungan menjadi semakin berjarak. Ketika berhubungan dengan orang tersebut, kamu jadi […]

5 Cara Menangani Seorang dalam Kondisi Denial

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Denial (penyangkalan) adalah salah satu mekanisme pertahanan ego yang membuat seseorang menolak realita yang ada meski ia sudah tahu realita sebenarnya. Biasanya kondisi denial terjadi ketika seseorang menghadapi suatu kejadian yang sangat menyedihkan maupun menyakitkan. Saking sedih dan sakitnya, seseorang kemudian menyangkal realita dan bahkan seringkali juga emosi dan perasaan yang mengikutinya. Misalnya, Nita […]

5 Kegiatan Self Care yang Bisa Dilakukan Selagi Menjaga Seseorang dengan Kondisi Depresi

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Berbagai gejala yang dihadapi seseorang yang sedang mengalami depresi sangatlah sulit untuk ditanggung seorang diri; gangguan pada jam tidur, pola dan juga nafsu makan serta kondisi emosional yang tidak stabil. Setiap orang yang sedang depresi sangatlah membutuhkan bantuan orang-orang terdekatnya untuk dapat kembali berpikir secara rasional dan beraktivitas seperti biasa. Orang tua, pasangan, anak-cucu, saudara […]

8 Cara Sederhana untuk Membantu Seseorang dalam Kondisi Depresi

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Pada kesempatan ini, saya masih akan membahas topik seputar depresi yaitu cara memberikan perhatian kepada seseorang yang berada dalam kondisi depresi. Tahun lalu, WHO mengumumkan bahwa ada 300 juta orang yang mengalami kondisi depresi secara berulang dan angkanya telah naik lebih dari 18% sejak tahun 2005. Sedangkan di Indonesia sendiri tercatat bahwa ada sekitar […]

5 Langkah Mengatasi Depresi Melalui Praktek Kesadaran

Posted Leave a commentPosted in witnessday

  Saat ini ada berbagai sudut pandang mengenai sebab depresi, termasuk pandangan yang dikemukakan oleh para ahli di bidang psikologi. Yang menarik adalah cara-cara yang ditawarkan untuk membantu seseorang menghadapi depresi; bukan hanya dengan menggunakan obat-obatan yang mengatur kerja hormon pada tubuh, namun juga berbagai kegiatan yang bersifat melatih kesadaran seperti meditasi. Praktek kesadaran sendiri […]

Depresi: Memahami Gejala dan Penyebabnya

Posted Leave a commentPosted in witnessday

Dalam beberapa periode ini, kita seringkali mendengar berbagai kasus bunuh diri yang terjadi karena depresi. Mulai dari kematian musisi ternama Chris Cornell, lalu Chester Bennington. Dan beberapa hari yang lalu, kita juga baru saja menerima kabar duka serupa dari seorang fashion designer ternama, Kate Spade, dan juga professional chef, Anthony Bourdain. Mungkin di antara teman-teman […]

4 Cara Berikutnya untuk Bekerja dengan Penuh Kesadaran

Posted Leave a commentPosted in witnessday

a   Bekerja dengan penuh kesadaran bukan hanya memberikan dampak yang baik pada kinerja kita; namun juga pada kesehatan dan kesejahteraan diri. Tekanan yang datang jadi terasa lebih ringan, tugas-tugas menumpuk bisa ditangani dengan lebih baik, bahkan hubungan kita dengan orang-orang yang bekerja di sekitar kita pun bisa tetap dalam keadaan yang baik.   “Mindfulness […]