witnessday

Throat Chakra Healing & Balancing

Selama beberapa minggu ini, kita sudah membahas 4 chakra yang ada di dalam tubuh kita. Dan pada artikel sebelumnya, saya sempat menjelaskan banyak mengenai Anahata atau Heart Chakra. Sehingga kali ini, kita lanjutkan ke chakra berikutnya, Throat Chakra atau Visuddha.

Apa itu Throat Chakra?

Throat Chakra adalah chakra kelima yang berada tepat di tengah leher. Throat Chakra adalah pusat energi tubuh yang terhubung langsung dengan Heart Chakra (di bawahnya) dan Third Eye Chakra (di atasnya).

Ia merupakan pusat energi untuk kejujuran, integritas dan keterbukaan. Itulah mengapa Throat chakra sangat berkaitan erat dengan kemampuan kita untuk berkomunikasi. Dengan Throat Chakra yang seimbang, kita dapat berkomunikasi dengan baik tanpa harus menutup-nutupi sesuatu dan mencerminkan siapa dirimu sebenarnya, tanpa mempedulikan pandangan atau pikiran orang lain tentang kita.

Bagaimana Throat Chakra Bekerja?

Throat Chakra yang seimbang akan sangat terasosiasi dengan komunikasi dan kemampuan berekspresi. Jika kita memiliki kemampuan komunikasi dan berekspresi yang baik, maka kita akan mudah untuk bergaul dan sangat mudah bagi kita untuk menyuarakan isi hati. Namun, jika Throat Chakra tidak seimbang, kita akan menjadi:

  1. Sangat pemalu
  2. Menarik diri
  3. Sulit untuk menyampaikan sesuatu
  4. Tidak jujur
  5. Terlalu kritis
  6. Suka bergossip
  7. Bukan pendengar yang baik

Jika hal-hal tersebut termanifestasi, kita akan semakin menjauh dari komunikasi yang jelas dan efektif. Bukan hanya itu, kita juga jadi sulit untuk terhubung dengan lawan bicara kita. Kita jadi sulit untuk mendengar bagaimana tanggapan dan pendapatnya. Akhirnya komunikasi tidak terjadi secara 2 arah dan membuat lawan bicara enggan untuk berkomunikasi lagi.

Selain itu, keterbukaan juga merupakan fondasi dari Throat Chakra yang seimbang. Keterbukaan bukan hanya sekedar berani berbicara jujur, namun juga berani untuk menghapus ilusi kesempurnaan dan membiarkan diri yang sebenarnya, yang tidak sempurna, untuk terlihat. 

Dan hal ini, bukan lah hal yang mudah bagi banyak orang.

Adakah Pengaruh Terhadap Tubuh Fisik Kita?

Lokasi Throat Chakra berada pada tengah dada kita. Ketika Throat Chakra sedang tidak stabil, organ-organ pada tubuh kita akan merasakan dampak seperti:

  1. Sakit tenggorokan kronis
  2. Gangguan pada thyroid
  3. Masalah pendengaran
  4. Nyeri pada rahang
  5. Nyeri pada leher
  6. Masalah gigi

Apa yang Bisa Kita Lakukan Jika Throat Chakra Tidak Seimbang?

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan setiap harinya untuk menyeimbangkan Throat  Chakra. Di antaranya:

1. Menulis Jurnal

Dengan menulis, kamu bisa mengurai apa saja yang kamu pikirkan dan kamu rasakan saat itu. Kamu bisa mulai menulis jurnal dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Tuliskan sebuah surat untuk seseorang yang berisikan berbagai hal yang ingin kamu sampaikan kepadanya. Tuliskan sebanyak mungkin, ungkapkan sejujur-jujurnya melalui surat tersebut. Biarkan dirimu melepaskan berbagai emosi negatif yang selama ini menghambat dirimu untuk berekspresi.
  • Dalam situasi seperti apakah kamu menahan diri untuk berbicara/mengungkapkan pendapatmu?
  • Dalam situasi seperti apakah kamu bisa merasa aman untuk mengungkapkan isi hatimu?
  • Apa prinsip dan nilai hidup yang bisa membantumu dalam proses komunikasi dan ekspresi diri?
  • Bayangkan ada suatu hari di mana kamu bisa menjadi orang yang tenang, mampu berkomunikasi dengan santai dan percaya diri, seperti apakah momen itu? Bagaimana rasanya ketika kamu membayangkan hal tersebut?

Coba lakukan journaling ini secara bertahap, perlahan-lahan kamu akan menyadari potensimu ketika kamu bisa menjadi lebih tenang, komunikasi pun bisa menjadi lancar dan efektif.

2. Meditasi

Coba lakukan meditasi sambil membayangkan sinar warna biru di tengah leher. Bayangkan sinarnya menjadi semakin besar ketika menarik nafas dan mengecil ketika kamu membuang nafas.

3. Yoga

Coba seimbangkan Throat Chakra melalui gerakan yoga dengan beberapa pose yang berfokus pada Throat Chakra seperti Camel Pose, Cobra Pose, Bridge Pose, Fish Pose, Rabbit Pose dan Shoulder Stand.

4. Pakai Essential Oil

Kamu bisa menggunakan essential oil seperti Basil, Cypress, Peppermint, Chamomile, Juniper dan Eucalyptus untuk membantu menyeimbangkan Throat Chakra.

5. Menggunakan Kristal

Kristal bisa digunakan untuk membantu mengembalikan energi positif ke dalam tubuh, pikiran dan jiwa kita. Kristal ini bisa digunakan sebagai perhiasan, objek meditasi, ditaruh di dalam kantung atau tempatkan di tempat lain yang berdekatan denganmu setiap harinya.

Beberapa kristal yang membantu untuk menyeimbangkan Throat Chakra-mu: Soladite, Blue Lace Agate, Blue Calcite, Apatite, Celestite, Kyanite

6. Bernyanyi

Saya paham, gak semua orang percaya diri dengan suaranya. Namun, kita gak perlu memiliki suara bagus untuk bernyanyi. Bernyanyi bisa untuk siapa saja, terutama untuk kamu yang memiliki Throat Chakra yang tidak seimbang. Cari tempat yang sepi, atau jika mau, sewa ruang karaoke sendirian untuk bernyanyi sepuasnya tanpa ada yang menghakimi!

Pastikan kamu coba setiap cara di atas untuk membantu menyeimbangkan Throat Chakra-mu. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan intensi dengan pemikiran dan juga tindakanmu agar semua latihan ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan selamat mengekspresikan dirimu!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter