witnessday

Ternyata Yoga Bukan Hanya Sekedar Berasana, Lho!

 

Apa yang kamu bayangkan ketika saya mengatakan “yoga”? Olahraga? Pose/asana? Atau meditasi? Tidak ada satupun yang salah dari tebakanmu yang salah. Namun, tebakan tersebut kuranng lengkap.

Dalam bahasa sansekerta, yoga disebut dengan “yuj” yang berarti kesatuan. Kesatuan yang dimaksud adalah kesatuan dari mind, body, spirit, emotion untuk mengingatkan kita kembali bahwa kita berasal dari purusha (divine essence, kesempurnaan, atau cinta kasih tanpa batas). Jadi yoga sendiri sebenarnya ada untuk membantu kita untuk melampaui ego kita dan mencapai realisasi diri.

Untuk mencapai realisasi diri ini tentu ada banyak cara. Dalam kitab Patanjali (kitab yang membahas mengenai yoga), yoga memiliki 8 cabang untuk mencapai yuj atau kesatuan itu sendiri:

1. Yama

Yama adalah kode etik moral seorang yogi di mana di dalamya terdapat ahimsa (tidak melakuan kejahatan), satya (selalu bersikap jujur), asetya (tidak mencuri), bramacharya (mengendalikan segala hal yang berhubungan dengan seksualitas), aparigraha (tidak posesif).  Dengan menerapkan disiplin diri yang bersifat universal tersebut, kita bisa menjadi seseorang yang semakin baik.

2. Niyama

Niyama adalah hal-hal yang berhubungan dengan kebiasaan diri sendiri, yaitu saucha (kebersihan), santosha (merasa puas), tapas (disiplin diri), svadhayaya (kemandirian), isvhara pranidhana (keberserahaan). Kelima hal ini sangatlah baik untuk memupuk kebiasaan yang baik untuk diri sendiri.

3. Asana

Asana biasanya ditujukan sebagai postur yang dilakukan dalam yoga. Namun, di dalam kitab Patanjali sendiri yang dimaksud dengan asana adalah kemampuan kita untuk tetap fokus kepada diri sendiri dan perkembangannya. Jadi saat melakukan asana dalam yoga juga haruslah fokus pada diri sendiri dan mempelajari tubuh sendiri.

4. Pranayama

Pranayama di dalam yoga sendiri berarti “kekuatan yang memperpanjang hidup”. Jadi dalam yoga sendiri ada latihan pranayama di mana kita berlatih berbagai teknik pernapasan yang dapat membantu untuk fokus, menyatukan tubuh dan pikiran serta memulihkan kondisi tubuh.

5. Prathyara

Prathyara sendiri adalah ketidak-terikatan pada berbagai indera kita. Bukan berarti kita hidup terpisah dari berbagai hal yang berada di luar diri seperti tidak makan dan minum. Tetapi lebih kepada latihan untuk melihat dan fokus diri sendiri dibandingkan menjadi terlalu reaktif terhadap hal-hal di luar tubuh.

6. Dharana

Dharana berarti konsentrasi. Setelah kita belajar untuk melepaskan “keterikatan” terhadap apa yang ada di luar tubuh, dharana adalah berlatih konsentrasi dan fokus untuk mengabaikan segala gangguan yang ada pada diri sendiri, salah satunya pikiran kita. Tentu saja dharana bisa dicapai dengan beraltih postur dan juga pernapasan.

7. Dhyana

Dhyana memiliki arti kontemplasi dan juga meditasi. Meski terdengar sama seperti dharana, mereka memiliki perbedaan yaitu, dhyana adalah saat di mana kesadaran tetap ada tanpa perlu harus fokus pada sesuatu. Pada keadaan ini, pikiran sudah tenang dan di dalam ketenangan tersebut hanya tercipta beberapa atau tidak ada pemikiran sama sekali.

8. Samadhi

Dalam Patanjali, samadhi adalah tahap akhir atau tujuan dari kita beryoga, yaitu kesatuan tersebut dengan menyadari bahwa “peace that passeth all understanding“. Apa yang dijelaskan dalam Patanjali sebagai tujuan akhir seorang yogi adalah, dari lubuk hati yang paling dalam, seluruh manusia menginginkan kedamaian. Hal ini juga membuat kita sadar bahwa tahap terakhir seorang yogi ini tidak bisa dibeli ataupun dimiliki. Hal ini hanya bisa dirasakan oleh seseorang yang terus menerus taat menjalankan jalan ini.

Tidak ada yang salah dari apa yang selama ini diketahui banyak orang; bahwa yoga adalah salah satu kegiatan untuk mengolah tubuh. Namun manfaatnya tentu saja lebih dari itu, meski kamu hanya mempraktekkan 2 poin seperti asana  (postur yoga) dan juga pranayama (latihan pernapasan), kamu pasti akan merasakan manfaat lainnya. Seperti menjadi lebih sabar, fokus dan juga lebih mengenal tubuh sendiri.

Bagaimana dengan kamu? Apa tujuanmu beryoga dan apa manfaat yang selama ini kamu rasakan setelah rutin beryoga? Apakah kamu tertarik untuk belajar yoga lebih dalam dan mempraktekkan lebih dari asana dan pranayama? Jangan ragu untuk share pendapatmu di kolom komentar!

 

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter