witnessday

Sibuk & Tetap Aware: Bagaimana Caranya?

Suatu hari, pernah ada DM yang masuk di akun Instagram saya. Dia reply salah satu IG Story saya tentang meditasi dan kesadaran dengan bertanya, “Gimana meditasinya kalau sedang sibuk? Saya setiap hari sibuk sekali. Kegiatan padat dari pagi hingga malam. Bahkan untuk waktu diam sejenak aja gak ada.”

Saya mengangguk selagi baca pertanyaan tersebut. Saya ingat ada banyak klien saya yang mengeluhkan hal yang sama. Bahkan saya pun pernah merasakannya. Pagi sudah harus cek email yang masuk, mandi, berangkat kerja. Begitu di kantor, banyak sekali tugas dan hal yang harus dikoordinasikan. Belum lagi rapat dan juga complain yang masuk sana-sini. Tak terasa sudah malam, tubuh sudah lelah dan sudah saatnya pulang. Namun jalanan macet, harus sambil pesan makanan. Begitu sampai rumah harus mandi lalu kelelahan dan tidur.

Itu semua terjadi dalam kehidupan kita. Meski sudah sering mengikuti seminar dan workshop mengenai awareness, baca buku sampai hafal, tak jarang kita lupa total untuk menjalankan pengetahuan kita mengenai meditasi dan juga awareness. Boro-boro meditasi, makan dan istirahat saja sering terlewatkan.

Namun apa yang bisa membuat kamu kembali aware ketika sedang sibuk-sibuknya? Ingat selalu, “Kita adalah tuan dari diri kita sendiri, jadi tidak ada satu pun yang bisa memburu-burui kita.” Jika itu tertanam pada diri kita dengan baik, maka kita bisa lebih meluangkan waktu untuk diri kita sendiri, sesibuk apapun kondisi kita.

Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Ketika kamu merasakan sensasi pada tubuh, coba ambil waktu 1-2 menit untuk diam sejenak.

Biasanya, saking sibuknya kita bekerja, tubuh kita lah yang memberikan alarm. Entah ada rasa pegal, nyeri pada bagian perut dan lain-lain. Nah, begitu alarm tubuh “berbunyi”, jangan tunda-tunda lagi, langsung ambil 1-2 menit untuk diam sejenak dan merasakan setiap sensasi yang terasa pada tubuh. Lalu lakukan sedikit relaksasi dengan pernafasan agar satu per satu bagian tubuh yang terasa tegang bisa lebih rileks.

Ketika menarik nafas, rasakan semua sensasi yang terasa pada tubuh. Amati feelingnya. Lalu selagi membuang nafas, katakan kepada diri sendiri, “Saya melepaskan semua sensasi yang terasa pada tubuh saya.”, dan bayangkan nafas yang keluar membawa keluar sensasi yang tidak nyaman pada tubuh.

2. Izinkan dirimu untuk menyusun kembali pikiranmu dengan tenang.

Ketika sedang sibuk, banyak hal yang kita pikirkan secara sekaligus. Makanya kita mudah merasa stress dan timbul sensasi tidak nyaman pada tubuh. Nah, setelah lebih tenang, kam bisa langsung mengeluarkan isi pikiranmu di atas kertas. Tuliskan secara perlahan, satu per satu. Berikan waktu agar kamu bisa menyusun ulang pikiranmu.

3. Kembali diam sejenak sebelum kembali beraktivitas

Setelah kamu berhasil menyusun ulang pikiranmu, sekarang adalah saatnya untuk meditasi, duduk diam kembali sebelum masuk ke dalam aktivitas. Fokuskan pada nafas sehingga kamu bisa kembali fokus dan tidak terlalu “terlarut” dengan berbagai aktivitas seperti sebelumnya.

Saat menarik nafas, katakan pada diri sendiri, “Pikiran saya sudah lebih tersusun rapih.”, dan saat membuang nafas, katakan, “Saya sudah merasa lega, plong dan juga siap untuk fokus pada setiap tugas yang akan dijalankan.”

Itulah ketiga hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih kesadaran meski kamu memiliki kesibukan tinggi setiap harinya. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat! Jika kamu berminat untuk latihan meditasi bersama besok malam: RELAX. BREATHE. MEDITATE. Setiap Kamis bi-weekly jam 8-9 malam WIB. Daftar melalui Whatsapp di sini.

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter