witnessday

Sacral Chakra Healing & Balancing

Chakra adalah sebuah sistem pusat energi yang ada pada tubuh kita. Pada artikel sebelumnya, saya sempat menjelaskan banyak mengenai Muladhara atau Root Chakra, dan kali ini, saya akan membahas chakra selanjutnya, Sacral Chakra atau Svadhisthana.

Apa itu Sacral Chakra?

Sacral Chakra adalah chakra kedua yang berada tepat pada bagian bawah pusar, di atas kemaluan. Ia adalah pusat energi tubuh yang terhubung dengan Root Chakra (di bawahnya) dan Solar Plexus Chakra (di atasnya).

Ia merupakan pusat energi untuk kreativitas, kebahagiaan, seksualitas dan sensualitas. Sacral Chakra berhubungan dengan kenikmatan. Jadi bayangkan, jika Root Chakra tidak seimbang, maka Sacral Chakra pun juga akan mengalami masalah; ketika kita tidak merasa aman, maka akan menjadi sulit bagi kita untuk merasakan kenikmatan dalam hidup.

Ketika kita tidak memiliki pondasi yang kokoh, kita cenderung untuk menjadi seseorang yang sangat mengontrol, manipulatif dan juga penuh ketakutan sehingga sulit untuk lebih terlibat dalam hal-hal yang bersifat kreatif, mencoba permainan dan juga merasakan kesenangan.

 

Bagaimana Sacral Chakra Bekerja?

Sacral Chakra yang baik akan sangat terasosiasi dengan kreativitas, kebahagiaan, energi, kepercayaan diri, dan juga keterbukaan.

Ketika kita memiliki kreativitas, energi untuk bereksplorasi, keberanian untuk membuka diri, maka akan mudah bagi kita untuk menemukan dan menikmati hal-hal yang menyenangkan di dunia ini. Namun, jika Sacral Chakra yang tidak seimbang, kita akan merasa:

  1. Keinginan mengontrol yang kuat
  2. Manipulatif
  3. Agresif
  4. Insecure

Ketika perasaan-perasaan tersebut termanifestasi, kita menjadi sulit untuk terbuka dengan orang-orang terdekat kita. Bahkan, kita memiliki tendensi untuk mengatur orang lain dan juga menjadi seseorang yang manipulatif untuk dapat mencapai apa yang kita inginkan. Di kondisi terdesak, sangatlah mungkin bagi seseorang yang memiliki Sacral Chakra yang tidak seimbang untuk menjadi seseorang yang agresif.

Apakah Pengaruh Terhadap Tubuh Fisik Kita?

Lokasi Sacral Chakra berada pada bagian bawah pusar, di atas kemaluan kita. Ketika Sacral Chakra sedang tidak stabil, organ-organ pada tubuh kita akan merasakan dampak seperti:

  1. Konstipasi
  2. Gangguan pada saluran kemih
  3. Lower back pain
  4. Masalah pada ginjal
  5. Infeksi ragi

Apa yang Bisa Kita Lakukan Jika Sacral Chakra Tidak Seimbang?

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan setiap harinya untuk menyeimbangkan Sacral Chakra. Di antaranya:

1. Menulis Jurnal

Dengan menulis, kamu bisa mengurai apa saja yang kamu pikirkan dan kamu rasakan saat itu. Kamu bisa mulai menulis jurnal dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • “Apa saja hal yang bisa dilakukan setiap hari agar dapat memiliki kesempatan untuk bereksplorasi?”
  • “Bagaimana cara saya mengekspresikan kreativitas?”
  • “Apa aktivitas favoritmu yang mampu memicu kreativitas?”
  • “Situasi dan pengalaman mana yang membuat saya merasa tegang, tidak aman dan ingin menarik diri?”
  • Coba tuliskan sebuah surat cinta untuk dirimu: Berikan apresiasi dan penghargaan pada dirimu sendiri.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu akan menyadari bagaimana kamu memandang kreativitas dirimu.

2. Meditasi

Coba lakukan meditasi sambil membayangkan sinar warna oranye terang di bawah pusarmu. Bayangkan sinarnya menjadi lebih terang saat menarik nafas dan menjadi lebih besar ketika kamu membuang nafas. Untuk mempermudah, kamu bisa membayangkan sinar ini seperti sinar matahari yang cerah.

3. Yoga

Coba seimbangkan Sacral Chakra melalui gerakan yoga dengan beberapa pose yang berfokus di Sacral Chakra seperti pigeon pose, frog pose, dan juga goddess pose.

4. Pakai Essential Oil

Kamu bisa menggunakan essential oil seperti Ylang ylang, Rose, Jasmine, Sweet Orange, Patchouli dan Helichrysum untuk membantu menyembangkan Sacral Chakra.

5. Berenang

Elemen dari Sacral Chakra adalah air. Jadi kegiatan yang berhubungan dengan air akan sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan Sacral Chakra. Jika sulit untuk rutin berenang, setidaknya kamu bisa mandi dengan air hangat, sambil melakukan meditasi simple bersamaan.

6. Kegiatan Seni

Ketika kamu merasa tegang, menutup diri dan juga takut, kamu bisa melakukan kegiatan seni yang bisa membantu kamu mengekspresikan dirimu tanpa rasa takut akan penghakiman. Apakah itu bernyanyi, menari, melukis, ataupun menari untuk membuat timbulnya pergerakan energi. Ekspresikanlah apapun yang ingin kamu ekspresikan.

Seperti biasa, lakukan beberapa aktivtas di atas, pastikan kamu menyesuaikan intensi dengan pemikiran dan juga tindakanmu. Pastikan intensi untuk menyeimbangkan Sacral Chakra menuntunmu untuk bergerak maju.

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter