witnessday

Puasa; Menderita atau Menguntungkan?

witnessday

 

Dalam beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci yang bagi umat Islam biasa disebut Ramadhan. Ini adalah bulan di mana miliaran umat Islam di seluruh dunia belajar untuk menerima dan mengubah energi amarah, nafsu, lapar, keinginan untuk bergosip atau berkata tidak baik, dan semua yang berhubungan dengan hawa nafsu menjadi welas asih dan kebijaksanaan selama paling tidak sebulan. Tapi, apakah kamu tahu bahwa di semua agama sebenarnya ada juga ajakan untuk berpuasa? Apakah kamu tahu untuk apa puasa itu?

 

Ketika kamu sedang berpuasa, kamu diajak untuk tidak menuruti hawa nafsumu. Kamu diajak untuk bersabar (lebih sabar kalau memang kamu sudah sabar). Kamu berdamai dengan dirimu sendiri dan orang lain. Berpuasa juga sangat bagus untuk kesehatan, cara ampuh untuk detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh. Riset pun membuktikan bahwa berpuasa dibutuhkan oleh tubuhmu.

 

Walaupun diet dengan berpuasa banyak mendapat kritikan dari pakar nutrisi karena dianggap tidak sehat, riset terbaru menyarankan perut yang lapar justru mendorong sel induk untuk memproduksi sel darah putih baru yang dapat melawan infeksi. Ilmuwan dari University of Southern California mengatakan penemuan ini menguntungkan bagi orang-orang yang mengalami kerusakan sistem imun, seperti pasien kanker dalam kemoterapi. Ini juga dapat membantu para lansia yang memiliki sistem imun kurang efektif dan sulit untuk melawan penyakit.

 

Jadi, kalau kamu belum tahu tentang keuntungan-keuntungan berpuasa, inilah daftar pendek yang dapat kamu baca. Barangkali ini dapat menginspirasi kamu untuk juga berpuasa atau lebih memaknai puasamu.

 

1. Sistem kekebalan tubuh meningkat
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sudah dibuktikan bahwa berpuasa dapat memperbaiki sistem imun. Jadi tubuhmu dapat mengatasi penyakit dengan jauh lebih baik. Bahkan kamu akan jadi jarang sakit dan tubuhmu terasa lebih segar.

 

2. Detokfikasi
Sudah dibuktikan bahwa berpuasa dapat menyebabkan detokfikasi terjadi dalam tubuhmu. Jadi semua toksin dan residu obat kimia yang kamu konsumsi selama ini dapat kesempatan untuk terbuang dengan berpuasa.

 

3. Istirahat untuk organ percernaan
Berpuasa memberimu kesempatan untuk mengistirahatkan organ percernaanmu. Berikanlah organ-organmu istirahat karena selama ini sudah bekerja terlalu keras mencerna semua makanan yang telah kamu makan 🙂

 

4. Istirahat lebih baik
Percaya atau tidak, berpuasa dapat membantumu tidur lebih nyenyak. Tubuh yang menahan lapar mengeluarkan kalori dan melakukan pembakaran lebih besar ketimbang biasanya. Otomatis, badanmu akan terasa butuh istirahat setelahnya.

 

5. Relaksasi mendalam
Kamu diajak untuk berdamai ketika kamu sedang menjalankan puasa. Otomatis kamu akan mengurangi masalah dengan banyak orang, dan malah menjalin hubungan baik dengan mereka. Ini akan memberimu relaksasi yang kamu butuhkan.

 

6. Peningkatan kepekaan indera
Berpuasa dapat meningkatkan kerja panca inderamu. Bahkan apa yang sering disebut sebagai indera keenam-mu. Berpuasa dapat membuatmu lebih sadar terhadap lingkunganmu.

 

7. Perubahan kebiasaan ke arah positif
Untuk kamu yang tidak suka hal yang monoton, ini bisa menjadi cara untuk memperbaiki kebiasaanmu. Ini juga dapat memberikanmu kesempatan untuk meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga, bersilahturahmi dengan saudara dan teman, bangun lebih pagi dari biasanya, bersikap lebih ramah, dll.

 

8. Kreatifitas dan Inspirasi
Terkadang saat orang sedang menahan dirinya untuk tidak melakukan sesuatu, mereka akan menjadi lebih kreatif dari biasanya. Ketika sedang menahan rasa lapar, kamu akan berpikir kamu sedang berada di ambang sesuatu sehingga kreatifitasmu pun meningkat. Kamu akan mulai mencari kegiatan baru untuk mengisi waktu, jadi kamu tidak akan terus-menerus menunggu waktu untuk berjalan lebih cepat 😉

 

9. Perilaku lebih baik
Ketika kamu sedang berpuasa, secara tidak sadar perilakumu akan menjadi lebih baik karena kamu diajak untuk menjadi lebih sabar. Dan ini bisa mengurangi rasa keserakahan, dalam apapun — makanan, bahkan hal-hal duniawi lainnya.

 

10. Kesadaran spiritual
Manfaat lain dari berpuasa adalah kesempatan untuk lebih memberi perhatian ke dalam diri. Mendengarkan dirimu sendiri dan belajar menjadi tenang. Kamu dapat lebih terhubung dengan inner being-mu, dengan hakikat sejatimu. Meditasi dan doa menjadi lebih jelas, kesadaran yang lebih tinggi lebih mudah untuk dicapai, pesan atau bimbingan dari Alam yang lebih tinggi lebih mudah diterima. Mengetahui bahwa kamu dicintai dan didukung setiap menit dalam harimu dan hidupmu adalah sesuatu yang kamu mulai rasakan secara intuitif. Pengakuan bahwa benar-benar ada rencana yang lebih tinggi atau tujuan hidup yang lebih besar akan lebih nyata kamu rasakan.

 

11. Penurunan berat badan
Untuk kebanyakan dari kita, menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat paling menguntungkan dari berpuasa, termasuk saya 😛 Tapi sebenarnya hasil yang didapat bisa berbeda dari satu orang dan yang lainnya. Yang penting kamu tidak lapar mata saat waktunya berbuka puasa yaaa 😀

 

you can do fasting for your health, for your own benefit, not because a certain belief (6)

 

Jadi manakah dari 11 keuntungan di atas yang kamu ingin terjadi padamu? Kalau kamu bukan seorang Muslim, boleh saja kok untuk berpuasa. Lihatlah dari perspektif yang berbeda, kamu bisa melakukan puasa untuk kesehatanmu, untuk keuntunganmu sendiri, bukan karena berdasarkan kepercayaan tertentu. Saya sangat menganjurkan kamu untuk mencoba berpuasa. Mau terima tantangannya? 🙂

 

Dan untuk kamu yang merayakan dan akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, Selamat berpuasa ya teman-teman!

 

Terima kasih sudah membaca, dan kalau kamu ingin membagikan pengalaman berpuasamu, kamu bisa membagikannya di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa!

 

Love and light,

sign

 

 

 

 

ameliadevina1Amelia adalah serang Quantum Healing Practitioner & Intuitive Coach. Misinya adalah membantu orang lain untuk menemukan siapa diri mereka sebenarnya, mengapa mereka ada di sini, dan bagaimana untuk menjadi diri mereka yang sejati. Ia melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari quantum healing, card reading, chakra wisdom healing, meditasi, dan menyalurkan pesan dari Semesta lewat life coaching. Saat ini Amelia terus melakukan one-on-one terapi dan coaching, juga berbagai kelas offline dan online, workshop dan retreat. Ia secara rutin tetap berbagi ilmu gratis lewat langganan newsletter yang bisa diakses di ameliadevina.com. Amelia bisa dihubungi lewat email hello@ameliadevina.com, halaman facebook Amelia Devina, dan instagram/ twitter @ameliadevina777.

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter