witnessday

Praktek Mindfulness yang Bisa Dijalankan Selagi Work From Home

Work from home dan berbagai langkah pencegahan penyebaran virus ini sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi tubuh dan mental kita. Yang biasanya kita setiap hari bergerak keluar rumah pulang dan pergi ke kantor, sekarang kita hanya berpindah ruangan dari kamar ke ruang kerja. Dari yang tadinya kita aktif berkomunikasi langsung dengan teman-teman, sekarang kita hanya bisa melakukannya lewat chat dan juga telepon. Semua perubahan ini terjadi begitu tiba-tiba dan bagi sebagian orang, ini akan menjadi perubahan yang sangat memberatkannya.

Teman-teman, ingat, di mana pun situasi dan kondisinya, sebaiknya kita selalu menjaga kesadaran dan kewaspadaan kita. Sehingga hari-hari kita terhindar dari kegiatan yang kurang bermanfaat dan malah menyebar rasa takut dan panik. Selain itu, kesadaran juga akan membantu kita untuk memandang segala sesuatu dengan cinta kasih.

Untuk menjaga kita tetap sadar, yuk lakukan beberapa paktek mindfulness berikut:

1. Meditasi Setiap Saat

Meditasi tidak melulu dilakukan dengan duduk diam karena meditasi sendiri berarti fokus. Kita bisa saja makan sambil bermeditasi, sehingga kita makan sambil memperhatikan benar-benar apa yang kita konsumsi, seperti apa rasanya dan bagaimana sensasinya ketika mengunyah dan menelan makanan.

Meditasi juga bagian dari innerwork yang mampu membantu kita untuk mengenal diri kita lebih dalam. Dengan meditasi, kita akan menyadari bagian dari diri kita yang selama ini tidak pernah tersentuh atau terlihat bahkan oleh diri kita sendiri.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Bagi kamu yang terbiasa untuk melakukan olahraga di gym atau studio, olahraga di rumah mungkin akan terasa sulit. Padahal olahraga akan membantu kamu meningkatkan kesadaran pada tubuh. Kita jadi menyadari berbagai sisi tubuh kita yang selama ini lemah, sulit untuk dikoordinasikan dan butuh perhatian khusus.

Tetapkan jadwal untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya, gunakan baju olahragamu dan nyalakan youtube untuk memulai olahraga di rumah secara rutin!

3. Pilih Makanan Sehat

Ketika kita merasa stress, kita cenderung akan mengkonsumsi apapun yang kita inginkan tanpa memperhatikan nutrisi. Padahal, di masa ini tubuh kita butuh asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Daripada makan mie instan dan processed food terus menerus, lebih baik mulai buka buku resep untuk berkreasi bersama dan mulai hidup sehat!

Jika sulit untuk berkreasi dengan masakan, setidaknya coba hindari snack dan makanan instan. Pilih makanan yang biasa diolah di rumah dan cenderung mudah seperti tumis sayur dan juga jus buah. Selain itu, secara tidak langsung kita juga akan menyadari betapa berharganya setiap buah, sayuran dan bahan makanan lainnya serta tidak menganggap remeh dan membuang makanan yang ada.

4. Batasi Konsumsi Berita

Sekarang ini, media kita dipenuhi oleh berita bombastis seputar virus corona. Seluruh pemberitaan ini akan menguras pikiran dan juga energimu. Saya tau bagi sebagian orang memperhatikan berita tentang corona adalah kegiatan yang seru. Namun secara tidak langsung itu bisa membuat kita dan orang-orang disekitar kita khawatir dan takut.

Jadi, tidak ada salahnya untuk membatasi konsumsi berita. Pilih media yang menyampaikan berita tentang corona secara to the point dan menghindari penggunaan bahasa bombastis. Selain itu, tentukan jam-jam di mana kamu bisa mengakses berita tersebut agar kamu tidak ikut arus kehebohan dan kepanikan orang lain.

5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Keluarga

Selama berada di dalam rumah, kamu akan semakin memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Ini adalah momen yang tepat untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan anggota keluargamu.

Gunakan momen ini untuk ngobrol dan memberikan perhatian yang mungkin selama ini belum sempat kamu berikan karena kesibukan kamu setiap harinya.

6. Melakukan Hal yang Selama ini Ingin Kamu Lakukan

Selama ini, kamu pasti memiliki beberapa hal yang ingin kamu lakukan tapi tidak sempat dilakukan karena kesibukan. Misalnya saja, ingin belajar main gitar. Gitar sudah dibeli, buku pelajarannya pun sudah ada, tapi karena tidak ada waktu, kamu masih belum belajar.

Sekaranglah saat yang tepat! Ada banyak waktu, dan ada banyak kesempatan untuk melakukannya. Yuk segera mulai!

7. Keep in Touch

Tetap peduli dengan keadaan sekitar dan juga kabar saudara, teman dan kerabat dengan cara chat atau video call mereka. Tunjukan bahwa kita semua memiliki kekhawatiran yang sama dan yakin bahwa bersama-sama kita bisa mengatasi segalanya. Tularkan semangatmu kepada setiap orang yang membutuhkannya!

 

Bagaimana denganmu? Apakah kamu memiliki cara lain untuk menjaga kesadaran dan kewaspadaanmu selama masa isolasi ini? Yuk bagikan di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter