witnessday

New Moon dan Full Moon: Apa Bedanya?

Pada beberapa artikel sebelumnya, saya sempat membahas mengenai astrologi. Dan kemarin, baru saja kita memasuki bulan baru, new moon in Leo. Beberapa makna dan apa yang sebaiknya kita lakukan saat ini sudah saya bahas di postingan social media Loveground. Apakah kalian sudah membacanya?

Mungkin saat ini ada yang bertanya-tanya, apa maksud dari new moon? Ketika ada new moon, apakah juga ada fase full moon? Dan bagaimana new moon dan full moon mempengaruhi kehidupan spiritual kita?

Bulan dan matahari memunculkan frekuensi dan gelombang energinya mempengaruhi keadaan gelombang bumi dan kandungan air di dalam tubuh kita. Hal tersebut juga akan mempengaruhi pergerakan emosi, tingkah laku dan juga kesadaran kita.

Matahari sendiri melambangkan “kehidupan luar” diri kita; identitas, kepribadian, ego kita. Ia merepresentasikan bagaimana kita melebarkan sayap kita di dunia ini, kehidupan kita saat ini, bagaimana sisi maskulin kita diekspresikan. Matahari ini memberikan kita kekuatan, keberanian dan membuka wawasan kita.

Sedangkan bulan melambangkan “kehidupan di dalam” diri kita; emosi dan keinginan yang tersembunyi, sisi gelap kita, ketakutan dan kekhawatiran kita, bahkan mimpi kita. Bulan merepresentasikan perasaan kita, keyakinan yang tidak kita sadari, masa lalu dan bagaimana kita mengekspresikan sisi feminin kita. 

Selama new moon, Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, di mana Matahari bersinar pada sisi gelap Bulan; sisi Bulan yang tidak kita lihat. Jadi, kita tidak bisa melihat sisi bulan secara utuh. 

Nah pada saat inilah kita bisa menentukan intensi kita; menuliskan tujuan atau memulai hal baru yang bisa dilakukan sepanjang siklus ke depannya. Pada momen new moon inilah, kita bisa mengatur fokus tubuh, pikiran dan jiwa kita untuk hal-hal yang sebenarnya  kita inginkan. 

Kita bisa mulai dengan melakukan meditasi dan menulis intensi dan apa yang selama ini kita inginkan agar bisa tersalurkan pada siklus ini. Dengan begitu kita bisa lebih fokus untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Sedangkan saat full moon, Bulan berada di belakang Matahari. Bulan menjadi terang karena cahaya yang dipantulkan oleh Matahari. Namun karena hal ini juga, periode ini akan jadi sangat menantang dan sekaligus menjadi sangat berpotensi untuk menyeimbangkan sisi maskulin dan feminin kita.

Energi dari full moon ini sendiri bertitik berat pada emosi, perasaan, peroses mental, mimpi dan lain-lain. Ketika Matahari dan Bulan saling membelangkangi satu sama lain selama full moon, hal ini dapat menyebabkan tekanan & gesekan yang membuat tidak nyaman. Namun pada waktu yang sama, saat ini juga memperjelas dan membuka kemungkinan akan visi dan potensi yang ada pada diri kita.

Tentunya, full moon menjadi waktu yang tepat untuk bersyukur, mengamati keindahan dari hidup dan juga mengamati apa yang membawamu hingga saat ini. Pada saat ini, kita juga akan merasakan keinginan yang kuat untuk mengekspresikan kreativitas dan juga melepaskan aspek kehidupan yang sudah tidak lagi sejalan dengan visi hidup kita.

Mungkin di antara kita juga ada yang berpikir, “Kenapa intensi yang saat set pada saat new moon tidak terwujud ya? Lalu apa yang harus saya lakukan saat full moon ini?”. Ingatlah bahwa tidak semua hal bisa terwujud persis sesuai dengan keinginan kita. Bisa jadi keinginan kita terwujud dalam bentuk yang berbeda atau bahkan di waktu yang berbeda.

Pada saat full moon ini, kita bisa melakukan meditasi bersama dengan support group atau teman-teman dan sharing pengalaman pada siklus yang akan segera berakhir.

Saat ini, kita sedang memasuki momen full moon in Leo. Apa saja yang akan kamu persiapkan untuk meditasi dan setting intensi hari ini? Yuk share rencanamu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter