witnessday

Metode Penyembuhan dan Pengobatan Holistik

Salah satu hal yang sangat universal adalah energi. Ia ada di mana saja; di luar tubuh kita, dan juga di dalam tubuh kita. Energi terus bergerak mengalir sehingga memungkinkan kita untuk hidup, berkembang dan juga berinteraksi. Maka dari itu energi juga dapat mempengaruhi mood, kesehatan dan juga keterhubungan kita dengan apapun yang berada di sekitar kita.

Ketika kita merasakan sesuatu yang tidak nyaman pada tubuh kita, berarti ada yang kurang baik pada aliran energi kita; entah alirannya terhambat, terlalu deras, terlalu lemah atau mungkin tidak seimbang jika dibandingkan dengan area lainnya.


Selain obat-obatan dan juga terapi yang diberikan oleh dokter, ada beberapa metode alternatif pengobatan dan penyembuhan yang berfokus pada pengelolaan energi yang bisa dicoba. Metode tersebut disebut dengan metode pengobatan holistik. Sesuai dengan namanya, holistik yang memiiki arti “menyeluruh”, metode pengobatan holistik bukan hanya menyembuhkan, namun juga memberikan kesehatan secara menyeluruh kepada tubuh, pikiran dan juga jiwa.

Saat ini ada banyak metode penyembuhan holistik, beberapa di antaranya adalah:
1. Akupuntur
Akupuntur termasuk salah satu dari Traditional Chinese Medicine yang megembalikan keseimbangan atara ‘kutub’ tubuh. Akupuntur selalu meggunakan jarum khusus yang jauh lebih kecil dari jarum suntik untuk mengakses titik spesifik pada tubuh, untuk menstimulasi jalur energi, dan megembalikan keseimbangan energi.
Biasanya akupuntr digunakan untuk mengobati sakit, mengobati alergi dan proses inflamasi.

2. Refleksiologi
Jika kamu sering ke tempat pijat tubuh, biasanya mereka menawarkan juga jasa refleksiologi yang akan menstimulasi titik-titik yang ada pada tangan, kaki, telinga dan hidung yang bisa memberikan manfaat lain pada bagian tubuh lainnya.

Premisnya adalah, setiap organ di dalam tubuh memiliki titik refleksnya yang ada pada bagian telapak kaki dan menstimulasinya dengan pijatan. Biasanya refleksiologi digunakan untuk mengobati sakit pada area leher, punggung, lambung, asma, sakit kepala, konstpasi dan sejenisnya.

3. Aromaterapi
Sesuai dengan namanya, aromaterapi berarti terapi yang menggunakan aroma sebagai ‘obatnya’. Biasanya, para aromaterapis akan menggunakan essential oil untuk memijat, atau menjadikannya larutan untuk mandi atau untuk dihirup pasiennya.
Biasanya aromaterapi dijadikan metode penyembuhan stress, insomnia, masalah pernapasan, pencernaan dan juga permasalahan pada kulit.

4. Reiki
Reiki adalah pengobatan yang berasal dari Jepang. Metode ini menggunakan tangan untuk menghubungkan energi kepada pasien. Biasanya tangan akan diarahkan pada titik-titik chakra yang bermasalah, sehingga energi pada titik-titik chakra tersebut akan kembali seimbang.

5. Ayurveda
Jika kamu sering ikut kelas yoga, mungkin kamu familiar dengan Ayurveda. Ayurveda adalah salah satu metode penyembuhan holistik yang dapat mengembalikan keseimbangan energi yang hilang yang menyebabkan ketidaknyamanan dan penyakit. Mengkombinasikan beberapa Teknik mulai dari menggunakan tumbuhan obat, pijatan, diet, terapi seperti meditasi, dan juga relaksasi untuk menyelaraskan energi pada chakra dan mengembalikan keseimbangan fisik, mental dan spiritual.

Selain metode pengobatan yang ditawarkan oleh dokter melalui obat-obatan yang dapat mengembalikan kesehatanmu secara cepat, tidak ada salahnya untuk menggunakan salah satu metode pengobatan holistik di atas untuk membantu proses penyembuhanmu.

Bagaimana menurutmu? Metode pengobatan holistik yang mana yang menurutmu menarik? Yuk share di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter