witnessday

Merasa Tidak Bersemangat? Coba Cek Energi-mu!

 

Pernahkah kamu merasa kehilangan semangat dan gairah tanpa alasan yang jelas? Padahal di sekitarmu saat ini tidak ada yang salah, semua terlihat baik-baik saja. Saya pernah merasakannya dan saya paham betul rasanya. Tiba-tiba saya tidak bersemangat mengerjakan apapun yang biasanya saya sukai. Energi serasa habis hingga rasanya tidak ingin melakukan apapun di hari itu.

Nyatanya, rasa lelah, hilangnya semangat tersebut bukanlah timbul karena 1-2 hal; Berbagai hal, tantangan dan permasalahan yang kita lalui setiap harinya membuat kita berpikir bahwa kita menjadi terisolasi, dan semakin menjauh secara perlahan-lahan. Sehingga kita terperangkap dalam ilusi bahwa kita sendirian, kita terpisah dari orang lain dan energi kita pun seakan-akan menghilang perlahan-lahan.

Sama seperti kita selagi kecil; Di hari pertama masuk sekolah, kita merasa begitu bersemangat untuk menyambut hal baru dalam kehidupan kita. Namun begitu kita mengenal beberapa teman yang kurang cocok, kita merasa semakin lama semakin terpisah dari mereka. Dan hal tersebut perlahan-lahan membuat kita jadi tidak bersemangat ke sekolah.

Hal-hal seperti itu bukan terjadi karena 1-2 kejadian besar. Biasanya hal tersebut dimulai dari hal kecil yang berlangsung terus menerus sehingga semakin lama kita merasa energi dan semangat kita berkurang. Padahal sebenarnya, bukan energi dan semangat kita yang habis, namun vibrasi energi kita yang menurun karena kondisi pikiran dan juga emosi kita yang tidak sejalan dengan higher self kita.

Energi memiliki berbagai bentuk; Mulai dari emosi, semangat, kekayaan, kebahagiaan, hingga inspirasi. Sama seperti yang diajarkan pada kelas Fisika, secara spiritual, energi juga memiliki bentuk yang tidak terbatas, dan jumlahnya pun tidak terhitung sehingga engeri bersifat melimpah dan tidak akan habis. Dan higher self kita memiliki energi yang tidak terbatas ini. Sehingga ketika kita tidak terhubung dengan higher self kita, maka vibrasi energi kita pun akan menurun.

Berarti dengan kita kembali berhubungan dengan higher self kita dan memecahkan misteri tujuan hidup kita, maka kita akan dapat mengembalikan vibrasi energi kita menjadi lebih tinggi. Namun bagaimana kita bisa kembali menjalin hubungan dengan higher self hingga mencari tujuan hidup kita?

1. Penerimaan

Hubunganmu dengan higher self tidak dapat dipaksakan. Ia akan menggunakan waktu untuk mengarahkanmu secara perlahan. Anggap saja segala hal yang terjadi saat ini sudah tepat pada waktunya dan dapat melindungimu dari melakukan sesuatu secara terlalu cepat atau terlalu lambat.

2. Meditasi Setiap Hari

Meditasi bukanlah pelajaran untuk mengosongkan pikiran. Meditasi adalah salah satu metode untuk melatih fokus dan perhatian. Tidak perlu dilakukan secara duduk dan mata terpejam, kegiatan sehari-hari pun bisa dijadikan sarana bermeditasi asalkan tidak multitasking dan menaruh perhatian penuh hanya pada kegiatan tersebut.

Dengan berlatih meditasi setiap hari, kita akan mendapatkan kemampuan fokus yang baik; Sehingga apapun hal yang terjadi, kita tidak akan membiarkannya mengganggu apa yang sedang kita jalankan saat ini.

3. Yoga

Selain untuk olah raga, yoga juga mengajarkan berbagai hal yang bertujuan untuk menyelaraskan tubuh, pikiran dan jiwa. Dengan tubuh, pikiran dan jiwa yang selaras, maka kita akan semakin fokus untuk menjalankan apa yang menjadi tujuan hidup kita.

 

4. Tertawa dan Menangis

Salah satu cara untuk melepaskan emosi kita adalah dengan tertawa dan menangis. Kedua hal ini mampu melepaskan berbagai berbagai blocking yang dapat menurunkan vibrasi energi kita. Ketika kita merasa sedih ataupun kecewa, dengan menangis bisa membantu kita untuk melepaskan emosi dan menjaga diri agar tidak dendam. Sedangkan dengan tertawa kita juga bisa melepaskan berbagai beban yang sudah mulai terasa menumpuk sehingga jalan kita juga terasa lebih ringan dan bebas ketegangan.

5. Melakukan Self-Love dengan Penuh Kesadaran

Mandi, sikat gigi dan juga berdandan adalah beberapa kegiatan merawat tubuh yang seringkali kita lakukan secara otomatis. Tidak heran setiap kali kita melakukan hal tersebut, kita tidak merasa sedikit lebih baik. Coba deh berikan perhatian penuh ketika sedang melakukan perawatan diri dimulai dari yang sederhana seperti mandi. Dijamin, kamu akan merasakan bedanya; selain jadi lebih mengenal diri sendiri, kita juga akan berkomitmen untuk menjaga diri sendiri.

Coba lakukan 5 hal tersebut selama beberapa hari dan rasakan perbedaannya. Atau kamu juga bisa melakukannya setiap kamu sudah mulai merasa “kehabisan energi”. Yuk dicoba dan jangan lupa tuliskan komentar di bawah ini ketika kamu sudah mencobanya!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter