witnessday

Menjalankan Hidup Mindful Ketika Bencana Melanda

 

Jika dibaca dari judulnya, mungkin rasanya akan sangat sulit menjalani kehidupan mindful di saat semua hal yang terjadi belakangan ini. Melihat rumah yang berantakan, bau apek sehabis banjir.. Belum lagi barang-barang yang berceceran dan rusak tentu membuat kita begitu lelah; baik fisik dan juga pikiran.

Bahkan tidak berhenti sampai di sana, kita juga disuguhkan berita seputar kebakaran hebat yang dialami saudara-saudara kita di Australia yang menelan banyak korban; mulai dari hewan hingga manusia. Selain itu berita mengenai misil yang diluncurkan Iran juga tak kalah membuat kita gelisah. Kapan ini semua berakhir?

Mindful sendiri memiliki arti “sadar”. Mungkin saat ini ada teman-teman yang belum mengerti bagaimana caranya menjalankan kehidupan dengan sadar. Untuk memudahkan, coba bayangkan saat-saat ketika kita bernafas. Kita jarang sekali untuk memperhatikan, menyadari momen-momen ketika kita bernafas, bukan? Padahal memperhatikan nafas adalah salah satu cara untuk menjadi mindful.

Nah bagaimana ketika kita menerapkan mindfulness ini ke dalam kehidupan kita? Memperhatikan, fokus pada irama nafas saja rasanya sudah lelah sekali..

Ada beberapa cara di mana kita bisa menjadi mindful, terutama pada saat bencana melanda:

1. Tetap Jalankan Praktek Meditasi

Meditasi bukan hanya dapat dilakukan selagi duduk. Memperhatikan nafas yang keluar dan masuk juga termasuk bagian dari meditasi, melakukan kegiatan beres-beres dengan penuh perhatian dan fokus pun termasuk bagian dari meditasi.

Dengan menjalankan meditasi, kamu akan menjadi lebih tenang, dan tidak melulu fokus dengan berbagai bencana, dan berbagai berita buruk yang ada di sekitar.

2. Lakukan Apa yang Membuatmu Bahagia

Pasti terdengar begitu sulit untuk tetap membuat diri sendiri bahagia ketika bencana melanda. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat daftar hal yang bisa disyukuri, misalnya, keluarga yang masih lengkap, ataukah tubuh yang masih dalam kondisi sehat. Lalu berikutnya, kamu bisa lakukan hal yang sekiranya bisa memperbaiki suasana hati; entah itu membaca komik, atau mendengarkan lagu.

3. Jaga Kesehatan

Pertama-tama, sadarilah bahwa tubuh juga bisa lelah dan butuh istirahat. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, coba lakukan olahraga sederhana sperti plank, push up dan sit up. Selain baik untuk kesehatan, olahraga juga baik untuk menjaga mood-mu agar tetap bagus. Hormon Endorphine yang diproduksi saat olahraga bisa membantumu merasakan kekuatan yang ada di dalam diri.

Lalu kamu perhatikan juga pola tidurmu karena dengan tidur yang cukup dan makan makanan yang sesuai dengan kebutuhanmu maka tubuh akan tetap sehat. Perhatikan deh apa saja yang kamu konsumsi akhir-akhir ini. Jika terlalu banyak makanan instan, mungkin kamu bisa mulai untuk mengolah sendiri makananmu, atau konsumsi salad dengan isi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisimu.

4. Tetap Berkomunikasi

Stay in touch with your friends and families! Baik itu ngobrol langsung, chatting atau ngobrol melalui telepon. Selain untuk mendapatkan kabar terbaru dari mereka, hal ini juga membantu kamu untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.

5. Lakukan Self-Compassion

Tidak ada bencana yang tidak berat. Semuanya pasti terasa sulit dan memberatkan. Setelah kita melakukan berbagai hal untuk tetap menjaga semangat, tenaga, dan juga kondisi tubuh, kita perlu istirahat sebentar dan mengatakan kepada diri kita sendiri bahwa, “Semua ini memang terasa berat dan melelahkan. Namun semua ini akan berakhir dan saya akan baik-baik saja.”

Dengan begitu kita akan merasa lebih tenang dan juga dapat lebih menerima keadaan saat ini dengan lapang dada.

6. Menjalankan Kegiatan Relawan

Ketika sedang sulit, kita akan membutuhkan bantuan. Begitupula orang lain! Sadari bahwa orang lain juga memiliki kebutuhan yang sama dengan kita. Selain itu dengan memberi bantuan kepada orang lain juga akan membuat kita merasa baik. Bukan karena kita mensyukuri kejadian tersebut. Namun lebih pada keadaan kita yang sudah semakin membaik, dan juga bisa membantu orang lain melewati bencana yang terjadi.

7. Jangan Kelilingi Dirimu dengan Kabar Buruk

Perhatikan deh bedanya menonton berita tanpa gambaran visual yang mengerikan, dan dengan gambaran visual korban dan tempat kejadian. Mana yang lebih mempengaruhi kondisi hatimu?

Yuk, coba batasi waktu atau cara kita menonton berita. Memang betul kita perlu tahu apa yang sedang terjadi saat ini, namun coba untuk sadari dengan menjauhi visual berupa foto dan video yang mengganggu.

 

Itulah ketujuh hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dirimu tetap mindful saat bencana sedang melanda. Yuk jaga kesadaranmu dan stay safe, friends!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter