witnessday

Menghadapi Masalah Bertubi-tubi dengan Meditasi

Beberapa minggu terakhir, saya menerima banyak cerita klien saya yang sedang mengalami kerumitan dalam hidupnya. Bahkan ada yang mengalami masalah bertubi-tubi. Di masa sulit seperti ini, tidak heran jika banyak dari kita yang merasa hidupnya kacau balau dan bingung harus mulai berbenah dari mana.

Satu hal yang selalu saya sampaikan kepada para klien saya adalah, “Ingatlah kalau roda ini berputar. Ada masa kita berada di bawah, ada kalanya kita di atas. Kekacauan ini tidaklah kekal.” Lalu hal berikutnya yang saya sampaikan adalah pentingnya untuk bisa mencari kedamaian di tengah kacaunya kehidupan. Kenapa seperti itu?

Ibarat sebuah gelas berisi air dan pasir. Ketika kita aduk isi gelasnya, air dan pasir bercampur, posisi mereka menjadi kacau dan kita jadi melihat betapa keruhnya air tersebut. Namun ketika kita berhenti mengaduk isinya, air dan pasir pun terpisah dan isi gelas tersebut jadi terlihat lebih jelas.

Namun, pertanyaan berikutnya adalah: Bagaimana agar kita bisa “berhenti mengaduk isi gelas” sehingga kita bisa melihat lebih jernih?

Jawabannya adalah dengan mindfulness.

Salah satu praktek mindfulness yang sangat mudah digunakan untuk menghadapi kekacauan tersebut adalah dengan meditasi. Sebelum kamu menolak metode ini mentah-mentah, izinkan saya untuk menjelaskan terlebih dahulu bagaimana meditasi bisa membantu kamu dalam menjernihkan pikiran ini.

Meditasi membantu kamu untuk..

 

1. Mencari akar masalahnya

 

Ketika menghadapi masalah, kita biasanya merasa panik, takut, khawatir dan lain sebagainya, secara otomatis. Kita jadi tenggelam ke dalam hal-hal yang berada di luar diri kita. Dan selama kita masih fokus dengan hal-hal di luar diri, maka akar masalah sebenarnya malah jadi terlupakan. Bahkan, bisa jadi akar masalah tersebut akan kembali menciptakan masalah baru lagi dalam kehidupan kita.

Dengan meditasi, kita akan dapat mencari, menggali lebih dalam untuk menemukan akar masalahnya sehingga kita bisa menyusun rencana apa yang sekiranya bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalahnya.

 

2. Fokus pada kekuatanmu

 

Tidak bisa dipungkiri, ketika masalah hadir, banyak dari kita yang mengkhawatirkan hal lain yang berada di luar kendali. Misalnya, tanggapan orangtua kita, gossip tetangga, pandangan rekan kerja kita, atau bahkan rentetan skenario lain yang sebenarnya belum tentu terjadi. Dan itulah yang membuat kita semakin lama semakin tenggelam dalam rasa takut dan merasa tak berdaya.

Ketika bermeditasi, perlahan-lahan kita bisa menemukan kembali kendali dan kontrol yang sempat kita tinggalkan. Sehingga satu per satu kekhawatiran akan hal di luar diri kita mulai luntur.

3. Bergerak step by step

 

 

Banyak orang yang lupa bahwa kita butuh untuk konsisten menjalankan langkah kecil untuk menciptakan sebuah perubahan yang besar. Hal itu terjadi karena kita hanya fokus pada goal besarnya saja. Tentu itu semua jadi terasa berat dan mustahil untuk dilakukan. Makanya kita jadi semakin terpuruk dan merasa tak berdaya.

Jika kita sudah bisa fokus dengan kekuatan kita, maka kita akan mampu untuk bergerak langkah demi langkah untuk menyelesaikan satu per satu akar dari masalah yang ada.

Setiap kali kita merasa tenggelam dalam masalah di kehidupan jangan lupa untuk selalu menciptakan momen untuk diri kita sendiri. Saya bersama teman-teman di Loveground selalu siap untuk membantu kamu melewati jalan yang sulit ini secara mindful.

Jika kamu tertarik untuk mencoba metode meditasi untuk menghadapi masalah dalam hidup, kamu bisa ikut kelas meditasi bersama Will Wiriawan, Kamis 23 September jam 20:00 WIB ini secara online. Silakan klik di sini jika kamu tertarik untuk ikut serta.

Semoga apa yang saya bagikan melalui artikel ini bisa menjadi titik terang dari berbagai permasalahanmu saat ini.

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter