witnessday

Mengatasi Kecemasan dengan Hening

Belakangan ini, kita dibombardir dengan berita-berita gak enak seputar kondisi pandemi. Padahal, baru beberapa minggu yang lalu kita mulai merasa terbiasa dengan kondisi new normal di mana kita bisa keluar rumah, beraktivitas seperti sedia kala meski tetap dibatasi dan harus menggunakan masker. Namun kita harus kembali mengurangi aktivitas di luar rumah dan diminta untuk memperketat protokol kesehatan yang dijalankan.

Bagi banyak orang, hal ini tidaklah mudah. Bukan hanya dari segi bisnis dan ekonomi; namun juga dari segi kesehatan mental kita. Banyak orang yang saya kenal jadi terus menerus cemas. Apapun kegiatan dan keputusan yang diambil semua berasal dari rasa takut yang besar. Dan saya ingin bilang kepada kamu, itu semua tidak membantu.

Semakin lama, keputusan yang diambil semakin terburu-buru dan keputusan apapun yang diambil semakin lama semakin sulit untuk membuatmu tetap tenang. Kamu tetap cemas karena merasa selalu dikejar hal-hal yang kamu takuti. Lama kelamaan, ini sangat dapat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik kamu juga jika hal ini terjadi terus menerus.

“Lalu apa yang bisa dilakukan?”

Meditasi. Ya. Karena latihan mindfulness yang diterapkan dalam meditasi akan membantu kamu untuk ‘duduk bersama perasaan’ tanpa menganalisa, menekan, atau pun membesar-besarkannya. Ketika kamu bisa duduk diam bersama perasaanmu tersebut, perlahan-lahan perasaan atau pikiran tersebut bisa memudar.

Selain itu, meditasi juga memungkinkan kita untuk mengeksplorasi rasa takut dan kekhawatiran yang ada di dalam diri. Karena dengan begitu, kita akan memfokuskan energi kita untuk mencari akar masalahnya, bukan sibuk melawan apa yang ada dipermukaan. Dan dengan ini, kamu akan memiliki ‘ruang’ di sekitar rasa khawatir kamu sehingga ia tidak malah membuatmu tenggelam dalam rasa khawatir.

Nah sekarang, saya akan memberikan cara untuk melakukan meditasi secara sederhana. Pertama-tama, cari tempat yang tenang di mana kamu gak akan diganggu. Matikan handphone dan gunakan waktu ini sepenuhnya untuk dirimu sendiri. Silakan duduk ataupun berbaring. Tempatkan dirimu dalam kondisi nyaman, namun tetap terjaga. Lalu, kita akan mulai dengan bernafas panjang dan lembut selama 5 menit ke depan dan melakukan langkah demi langkah berikut:

1. Ucapkan Terima Kasih

Berikan penghargaan pada dirimu sendiri karena telah berhasil meluangkan waktu khusus untuk dirimu.

2. Sadari Nafasmu

Rasakan nafas yang keluar dan masuk melalui hidung. Sadari sensasinya dan rasakan bagaimana nafasmu mempengaruhi tubuhmu.

3. Tetap Fokus pada Nafas

Pada momen ini, ada kemungkinan di mana kamu tiba-tiba lupa untuk memperhatikan nafas karena fokus yang berpindah. Tetap berusaha untuk fokus pada nafasmu.

4. Biarkan Apapun yang Terjadi

Abaikan apapun yang terjadi di sekitar tubuhmu. Jangan biarkan hewan, bau-bauan atau kondisi lain mempengaruhi fokusmu terhadap nafas.

5. Rasakan Apa yang Terjadi Pada Tubuh

Perlahan-lahan sadari apa yang terasa pada tubuh. Sadari ketika dada dan perut mengembang ketika mengambil nafas, dan mengempis ketika membuang nafas.

6. Sadari Pikiran yang Terombang-ambing

Pada menit ke sekian pasti ada saat di mana pikiran mulai terombang-ambing, mulai berkeliaran dari satu tempat ke tempat lain. Sadari dan coba untuk tarik kembali fokusnya, perhatiannya ke nafas.

7. Tetap di Tempat

Setiap kali kekhawatiran atau dorongan untuk bangkit, bergerak, melakukan sesuatu, coba kembali ingatkan dirimu bahwa kamu sama sekali tidak perlu ke mana-mana. Tempat ini adalah tempat yang aman dan tidak ada yang perlu dilakukan selain menyelesaikan meditasi ini.

8. Apresiasi Dirimu

Ketika menit kelima sudah selesai, jangan lupa berikan apresiasi kepada dirimu sendiri karena telah berhasil menyelesaikan meditasinya.

“Namun bagaimana jika pada menit awal saja sudah kesulitan?”

Tentu saja tidak apa. Kamu hanya perlu terus mencobanya hingga 5 menit berakhir dan kembali mencoba lagi secara rutin. Lama kelamaan kamu akan merasakan perkembangannya dan manfaatnya untuk ketenangan dirimu.

Jika kamu merasa sangat kesulitan, kamu bisa mendaftarkan diri ke kelas online meditasi bersama Will Wiriawan di Loveground, Kamis 1 Juli 2021 jam 20:00 WIB. Kamu bisa daftar melalui Loveground di sini.

Selamat mencoba!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter