Mengapa penting bagimu untuk pergi keluar dan BERMAIN!

Posted on Posted in witnessday

wpid-2015-04-12-01-01-42_deco.jpg

 

Belakangan ini, semakin banyak orang yang datang kepada saya dan berkata bahwa hidup mereka HAMPA dan HAMBAR. Saya harap kamu bukan salah seorang di antara mereka! 🙂

Kehidupan kita seringkali diisi dengan rutinitas: bangun pagi, berangkat kerja, kerja di kantor, pulang kerja, nonton TV, bertemu sebentar dengan suami/ istri dan anak (itu pun kalau sempat), lalu tidur. Besoknya begitu lagi. Begitu lagi. Berulang terus setiap harinya.

Kita kemudian bertanya: sebenarnya apa yang saya cari? Mengapa hidup saya membosankan? Bagaimana agar hidup saya terasa lebih berwarna dan bermakna? Kita merasa hidup bagaikan robot. Kita tahu seharusnya ada yang lebih dari ini, tapi apa itu? Di mana dia bisa dicari? Apa yang harus dilakukan?

Kepada orang-orang seperti ini, jawaban saya yang paling utama adalah bahwa mereka harus BERMAIN!
Ya, kita harus dan kita perlu bermain dalam hidup.

 

Saya termasuk tipe yang cukup beruntung karena bagi saya hidup adalah arena permainan yang sangat luas dan tak terbatas. Setiap hal baru, tempat baru, orang baru, dan bahkan makanan baru membuat saya bergembira dan bersemangat. Tapi, tidak semua orang seperti saya. Dan walaupun saya jarang bosan, sesekali saya pun pernah merasa terjebak dalam rutinitas. Tapi, bagi saya ini baik. Ini adalah tanda bahwa ada hal lain yang harus saya lakukan supaya hidup saya senantiasa seimbang.

 

Namun, sebelum saya jelaskan mengapa BERMAIN ITU PENTING, ada beberapa hal mendasar yang perlu saya sampaikan.

Pertama, bermain itu tidak sama dengan bermain yang bukan-bukan seperti: obat-obatan terlarang, pesta seks dan alkohol, menghambur-hamburkan uang, dll. Bermain bisa dilakukan secara sederhana sesuai kesukaan dan bakat kita masing-masing. Misalnya: berkebun, olahraga, nonton bioskop, spa dan pijat, berpetualang di alam bebas, bermain dengan anak-anak panti asuhan, bermain bersama binatang peliharaan, dll.

Kedua, bermain bisa dilakukan beramai-ramai ataupun sendirian saja.

Ketiga, bermain tidak berarti kita harus mengeluarkan uang banyak. Bermain bisa dilakukan bahkan tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

 

Nah, sekarang mari saya jelaskan alasannya mengapa kita perlu dan harus bermain dalam hidup.

 

1. Bermain membuat kita sehat.

roller blade

Dalam banyak aktivitas, bermain seringkali dilakukan di luar rumah. Ketika kita memilih tempat yang banyak terkena sinar matahari, ini akan bagus bagi kesehatan kulit, tulang, dan tubuh kita secara keseluruhan. Terutama bagi yang biasanya duduk dalam bekerja, permainan yang menggunakan gerak tubuh akan membuat kita secara otomatis berolahraga. Hormon adrenalin kita terpacu, badan kita berkeringat, dan tubuh kita pun akan menjadi sehat. Bermain bersama orang-orang terdekat atau melakukan sesuatu yang lucu juga akan membuat kita tertawa. Dan seperti yang kita tahu, tertawa sangat baik untuk kesehatan jiwa kita. Orang bijak berkata, hati yang bahagia adalah obat.

 

2. Bermain membuat kita merasa lebih santai dan segar.

sit on grass

Tekanan pekerjaan dan rumah tangga membuat otot-otot tubuh kita menegang dan pikiran kita terbebani. Melakukan hal yang kita senangi di alam bebas atau bahkan hanya diam menikmati kebesaran Tuhan secara otomatis membuat kita merasa lebih santai dan tenang. Menghirup udara segar, melepaskan alas kaki, memijak tanah, menikmati momen saat ini akan sangat membantu kita untuk mengerti apa itu the art of staying still, seni berdiam diri. Nikmati juga saat untuk merasakan sentuhan hangat orang tersayang atau pijatan dari terapis yang handal. Pasti akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan lebih tenang setelahnya.

 

3. Bermain meningkatkan kreativitas kita.

clay

Bermain mengajak kita untuk kembali melihat apa yang kita suka lakukan (bahkan sejak kecil), berkreasi, berinovasi dan menyesuaikan kembali dengan kehidupan kita saat ini. Permainan tertentu juga dapat mengasah kepekaan, daya tangkap, kreativitas, dan daya juang kita. Makanya tidak heran kalau ide-ide segar justru muncul ketika pikiran dan batin kita dalam kondisi tenang. Tidak heran juga kalau strategi yang bisa kita terapkan dalam perusahaan bisa kita dapatkan justru saat bermain-main dengan anak kita, misalnya. Kembali lakukan hobi-hobi saat kita masih remaja dulu, rasakan lagi sensasinya di dalam diri.

 

4. Bermain mengembalikan jiwa kanak-kanak kita.

on your back

Seperti apa karakter anak-anak? Selalu penuh rasa ingin tahu, selalu penasaran, jujur dan apa adanya, penuh energi, mudah bangun setelah jatuh lagi, tidak menyimpan dendam dan amarah, serta polos. Banyak hal yang bisa kita pelajari hanya dari mengamati, apalagi bermain dengan anak-anak. Sesungguhnya dalam diri setiap kita juga ada jiwa anak-anak yang sama. Namun, lingkungan dan orang di sekitar kita memberitahu kita apa yang “harus”, mana yang “boleh” dan “tidak boleh”. Segalanya jadi serba penuh aturan dan kaidah, yang bahkan kita sendiri pun tidak mengerti alasannya dan dalam beberapa hal, belum tentu benar. Bermain membuat kita kembali merawat jiwa anak-anak yang ada di dalam sehingga karakter mulia anak-anak dapat tumbuh subur di dalam kita. Harap perhatikan, yang saya maksud adalah karakter anak-anak, bukan sifat atau sikap kekanak-kanakan ya…

 

5. Bermain membuat kita merasa bahwa kita layak berbahagia.

happy jump

Seringkali kita menganggap bermain itu urusan sepele, tidak penting, buang-buang waktu, menghabiskan uang, atau bahkan kekanak-kanakan. Kita mungkin merasa sebagai orang dewasa kita hanya bisa melakukan sesuatu “selayaknya orang dewasa”. Menurut saya, sebagai orang dewasa kita LAYAK mempunyai waktu senggang, layak untuk punya waktu sendirian, layak tertawa terpingkal-pingkal, leloncatan, berkotor-kotoran di lumpur, bahkan bergulingan di tanah kalau memang kita mau. Kita layak dan pantas melakukan hal positif yang kita suka. Kita layak dan pantas untuk menikmati uang hasil kerja keras kita, kita layak dan pantas untuk meluangkan waktu sendirian walaupun kita sudah berkeluarga. Dan yang terpenting, kita layak dan pantas untuk berbahagia. Karena kita berharga, maka sungguh, kita layak dan pantas menikmati hidup kita.

 

Kapan terakhir kalinya kamu bermain-main? Apa cara bermain yang paling kamu sukai untuk menyeimbangkan hidup kamu? Ceritakan pada kita semua di sini, bisa jadi pada kesempatan berikutnya kita dapat bermain bersama.

 

Bagi saya, pergi ke Bandung bersama keluarga di hari Minggu lalu sangat menyenangkan. Setelah itu, saya meluangkan waktu untuk bercanda dengan nenek saya yang berusia 87 tahun dan kami terpingkal-pingkal dibuatnya. Dan di hari Senin, saya bersama sahabat saya membeli tiket konser BON JOVI yang akan pentas di Jakarta 11 September mendatang. Walaupun konsernya belum dimulai, menciptakan kesenangan-kesenangan kecil seperti ini sangat berarti dan membuat hidup jadi lebih hidup!

 

bonjovi ticket

 

Bagaimana dengan kamu? Apa kamu dapat menemukan kesenangan-kesenangan dalam hidup? Atau mungkin kamu merasa beban hidupmu terlalu besar? Atau ada permasalahan yang harus kamu selesaikan sehingga kamu bahkan tidak bisa tersenyum dengan lepas?

 

Kapan pun kamu membutuhkan bantuan, saya akan dengan senang hati bersama kamu menelusuri dan menemukan kembali makna hidup sejati! Banyak orang telah menerima keceriaan dan semangatnya kembali setelah mengikuti sesi QHHT (Quantum Healing Hypnosis Technique) bahkan hanya dalam satu kali pertemuan. Dengan bantuan Kesadaran Tertinggi, kamu diajak untuk mengetahui apa latar belakang dari permasalahanmu saat ini dan setelah diberikan pemahaman, kita dapat sama-sama melepas energi yang tidak lagi diperlukan dan kemudian kamu pun dapat mencapai kesembuhan!

 

Ini adalah komentar seorang klien setelah mengikuti sesi QHHT:
“Setelah sesi Quantum Healing saya merasa bahagia dan saya lebih dapat mengontrol emosi saya. Saya tidak lagi memikirkan perasaan benci yang tadinya saya miliki ke orang lain. Sekarang saya juga tahu tujuan hidup saya, apa yang harus saya lakukan, dan saya punya target dalam hidup. Sampai hari ini, saya masih merasa sesi ini betul-betul ajaib buat saya!”

Baca selengkapnya…

Yunita Sasmita, Jakarta, Indonesia

 

>> Klik di sini untuk mengikuti sesi QHHT bersama saya.

 

Terima kasih banyak karena sudah membaca tulisan ini. Tiap minggunya saya selalu mensyukuri kehadiran kamu dalam hidup saya. Semoga hari-harimu menyenangkan dan saya akan bertemu kamu di halaman diskusi untuk membaca ceritamu tentang apa yang kamu paling suka lakukan untuk bermain dan menyeimbangkan hidupmu. Sampai jumpa!

 

 

Love and light,

 

 

PS: Halo untuk teman-teman yang berada di Semarang dan sekitarnya! Saya akan berada di Semarang 8-11 Juli 2015. Dan saat ini masih ada 1 (SATU) spot tersisa untuk sesi QHHT (Quantum Healing Hypnosis Technique) dan 3 (TIGA) spot sesi Intuitive Counseling atau Card Reading bersama saya. Silakan sebarkan kepada siapapun yang barangkali membutuhkan dan sampai jumpa di Semarang!

 

>> Daftar sekarang juga.

 

 

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter