Kamu suka mengajak orang berbuat baik? Kamu mungkin seorang Earth Angel!

Posted on Posted in witnessday

witnessday

 

Apakah kamu salah satu dari orang-orang yang senang melihat hal baik terjadi di mana-mana? Apakah kamu salah satu dari mereka yang cukup peduli dengan lingkungan? Apakah kamu salah satu yang suka geram dan mengambil inisiatif saat melihat hal buruk terjadi? Apakah kamu ingin orang lain melakukan kebaikan yang sama?

 

You might be an Earth Angel! — seperti malaikat di Bumi, kamu merasa misi hidupmu adalah untuk menyebarkan kebaikan dan cinta kasih. Kamu sudah melakukan hal yang benar! Tapi apakah kamu menginginkan orang lain melakukan hal yang sama sepertimu? Sangat bagus mendorong orang untuk melakukan hal baik selama kamu melakukannya juga. Sebagai seorang Earth Angel, kamu tidak bisa hanya memberitahu mereka sedangkan kamu tidak ikut berkontribusi atau melakukannya. You gotta walk the talk, dude!

 

Saya pernah melihat orang-orang yang memperlakukan sesama dengan sangat buruk, tapi apakah mereka akan mendengarkan apabila kita menghampiri dan memberitahu mereka untuk tidak melakukannya? Akankah mereka peduli? Tidak semua orang suka diberi tahu apa yang harus dilakukan, apalagi dengan orang yang tidak dikenal. Karena itulah, sebagai seorang Earth Angel kamu bisa menjadi teladan dan bisa menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejakmu. Inilah hal-hal yang dapat seorang Earth Angel lakukan.

 

1. Perhatikan perkataanmu
Seorang Earth Angel akan berbicara kepada orang lain sebagaimana ia ingin diajak bicara. Dengan begitu, orang akan memperlakukanmu sama baiknya. Kalau kamu sopan, mereka nggak akan punya pilihan lain selain menjadi sopan juga. Dan orang-orang biasanya tidak suka melihat orang bersumpah serapah atau menggunakan kata-kata kasar di tempat umum.

 

2. Perhatikan sampahmu
Seorang Earth Angel mencintai lingkungan hidup dan meletakkan sampah pada tempatnya. Kamu tidak mau ikut berpartisipasi dalam menambah pemanasan global, kan? Dan dengan melakukannya, kamu bisa memperlihatkan orang-orang bahwa kamu memperhatikan lingkunganmu. Praktekkan 5R: rethink, repair, reduce, reuse, recycle. Jangan hanya mengeluh tanpa melakukan apa-apa.

 

3. Perhatikan perilakumu 
Saya pernah bertemu anak-anak muda berperilaku tidak sopan kepada orang-orang tua (atau orang tua mereka sendiri) di depan umum. Saya sedih melihat wajah mereka yang sedih, tapi mencoba untuk menutupinya. Kamu dapat tersenyum kepada mereka, anggap saja untuk menghibur. Atau, tawarkan bantuan apabila kamu lihat mereka membutuhkan bantuan. Percaya deh, mereka akan sangat berterima kasih.

 

4. Mematuhi peraturan
Saya hidup di kota Jakarta yang super riuh — dan jujur, saya punya love hate relationship dengan kota ini (dan mungkin kamu juga!). Kamu terus-terusan mengeluh kenapa sih kotamu penuh kemacetan padahal kamu selalu membawa kendaraan pribadi. Atau kamu sebenarnya sering tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengacuhkan zebra cross, lampu merah, dll. Apakah kamu pikir kamu berperilaku lebih baik dari orang-orang yang kamu keluhkan? Coba untuk menggunakan bis atau kereta, atau kalau kamu tidak bisa tidak menggunakan kendaraan pribadi, cobalah untuk patuhi rambu lalu lintas.

 

5. Bersikap jujur
Seorang Earth Angel bersikap jujur mulai dari hal-hal terkecil. Misalnya, ketika kamu membeli sesuatu dan penjual atau kasirnya memberi kamu kembalian lebih, beritahu mereka dan kembalikan sisanya. Jangan langsung pergi dan pura-pura tidak tahu. Saya percaya suara dalam hatimu akan mengatakan “Ini bukan punyamu, ini nggak sepantasnya tau.”

 

6. Toleransi
Seorang Earth Angel bertoleransi dalam berbagai aspek kehidupan — agama, budaya, kepercayaan, apapun. Kamu tidak bisa memaksakan orang lain untuk melakukan apa yang kamu lakukan. Kalau kamu ingin hidup dengan damai, bertoleransilah kepada orang lain. Mungkin orang berpikir ini tidak penting, tapi saya secara pribadi berpikir ini sangat penting, seperti hal paling dasar yang perlu kamu tahu.

 

7. Seluruh makhluk hidup itu setara
Mungkin kamu berpikir bahwa manusia itu makhluk yang paling berkuasa di muka Bumi ini. Tapi coba deh kita pikir lagi — tanpa adanya binatang dan tanaman, ekosistem kita, siapalah kita ini? Ya, seluruh makhluk hidup itu setara, termasuk teman-teman hewan dan tumbuhan. Hargai dan rawatlah mereka dengan baik. Seorang Earth Angel tidak akan mengaku bahwa ia pecinta hewan tapi lalu diskriminasi, hanya melindungi anjing dan kucing dan malah menyakiti yang lain. Hormatilah seluruh makhluk, bahkan termasuk makhluk dari alam dan dimensi berbeda dengan kita.

 

earth angel

 

Jadi Earth Angel, manakah kebiasaan yang paling sering kamu praktekkan selama ini? Tidakkah kamu berkeinginan untuk menjadi contoh? Tidakkah kamu ingin membuat perubahan yang selama ini kamu inginkan? Kalau kamu seorang Earth Angel, pasti kamu menjawab ‘ya’ untuk pertanyaan-pertanyaan ini. Beritahu saya dengan tulis komentar kamu di kolom komentar di bawah.

 

Jadi, mari lakukanlah perubahan mulai dari diri kita sendiri. Ini memang bukan kebiasaan yang dapat berubah dalam semalam, semuanya butuh waktu. Apakah kamu bisa sabar dan terus melakukannya? Apakah kamu rela diacuhkan dan dihakimi sebagai orang yang berlebihan? Tidak apa-apa kok, kalau kamu mau sesuatu yang baik untuk terjadi, beranikan diri untuk menghadapi berbagai tantangan yang harus kamu hadapi. Tapi percaya deh, hasilnya akan sangat memuaskan.

 

Earth Angel, ayo… mari rapatkan barisan. Kalau kamu merasa tulisan ini bermanfaat, klik share agar semakin banyak Earth Angel yang terpanggil dan semakin banyak orang terinspirasi. Thank you for your love and kindness! See you soon!

 

Love and light,

sign

 

 

 

 

ameliadevina1Amelia adalah serang Quantum Healing Practitioner & Intuitive Coach. Misinya adalah membantu orang lain untuk menemukan siapa diri mereka sebenarnya, mengapa mereka ada di sini, dan bagaimana untuk menjadi diri mereka yang sejati. Ia melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari quantum healing, card reading, chakra wisdom healing, meditasi, dan menyalurkan pesan dari Semesta lewat life coaching. Saat ini Amelia terus melakukan one-on-one terapi dan coaching, juga berbagai kelas offline dan online, workshop dan retreat. Ia secara rutin tetap berbagi ilmu gratis lewat langganan newsletter yang bisa diakses di ameliadevina.com. Amelia bisa dihubungi lewat email hello@ameliadevina.com, halaman facebook Amelia Devina, dan instagram/ twitter @ameliadevina777.

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter