witnessday

Memiliki Pekerjaan yang Selaras dengan Tujuan Hidup. Mungkinkah?

 

Pernahkah kamu bertanya kepada dirimu sendiri, “Untuk apa aku di sini? Apa tujuan hidupku?”. Jika pernah, apakah kamu sudah mendapatkan jawabannya? 😊 Terlepas dari sudah ataupun belum, kita toh masih tetap harus menjalankan kegiatan kita sehari-harinya.

Ada dua kegiatan harian yang menghabiskan banyak sekali waktu kita setiap harinya, yaitu tidur dan bekerja. Sebagai ilustrasi, kita tidur selama 8 jam, kita juga bekerja selama 8 jam. Namun, kegiatan yang ingin saya garis bawahi kembali kali ini adalah karir kita, pekerjaan yang kita lakukan setiap harinya. Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, bekerja menjadi salah satu hal yang sebaiknya menjadi sarana bagi kita untuk tumbuh dan berkembang.

Bayangkan jika kita dapat menyatukan antara pekerjaan kita dengan tujuan hidup kita. Pasti bekerja bukan lagi dianggap sebagai rutinitas yang membosankan dan setiap permasalahan yang dihadapi dalam bekerja pastinya sudah tidak lagi dianggap sebagai beban dalam kehidupan kita. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mendekatkan atau bahkan menyatukan pekerjaan kita dengan tujuan hidup kita.

Bagaimana caranya? Berikut 7 tips yang bisa kamu coba untuk praktekan:

1. Ikuti panggilan jiwamu
Dari segala kegiatan yang pernah kamu lakukan, pasti ada kegiatan yang paling benar-benar kamu sukai. Coba renungkan, hayati, apa dan mengapa kegiatan tersebut begitu menyenangkan dan memuaskan untuk kamu.
Setelahnya, kamu bisa melihat bagaimana sesuatu yang kamu senangi bisa bermanfaat buat orang lain sekaligus bisa menjadi sarana kamu bertumbuh dan mendapatkan penghasilan.

2. Tenang saja
Biasanya banyak di antara kita yang mengkhawatirkan mengenai jabatan dan gaji yang didapatkan. Percayalah, jika kamu mengerjakan sesuatu dengan keinginan yang begitu besar dan mengerjakannya dengan sebaik mungkin, pasti kamu akan mendapatkan apa yang sewajarnya kamu dapatkan/raih, termasuk tujuan hidupmu.

3. Ambil resiko
Jangan takut untuk mengambil resiko dan berbuat salah. Apapun yang terjadi, kamu pasti bisa mendapatkan pelajaran dari kejadian tersebut.

4. Tumbuhkan rasa penasaran dan keinginan mencoba hal baru
Jika sulit untuk mencari pekerjaan baru, kamu bisa mulai mencoba untuk ingin tahu hal baru dan juga mengenal orang lain. Cobalah untuk ikut terjun dalam kegiatan lain di kantor. Dengan begitu, kamu akan benar-benar merasakan makna yang mendalam dari setiap hal baru yang kamu lakukan dalam bekerja.

5. Tetaplah open minded
Belum dapat mengeksplorasi pekerjaan lain bukan berarti jadi penghalang kamu untuk menyelaraskan pekerjaan dengan tujuan hidupmu. Jagalah pikiranmu agar tetap terbuka dan dapat menerima hal baru kapanpun, di manapun dan dalam situasi apapun. Dengan begitu, kamu akan dapat menerima banyak masukan dan juga kritik dari orang-orang di sekitarmu. Hal-hal tersebut bisa membantu kamu untuk mengembangkan diri dan meraih apa yang kamu inginkan

6. Jadilah seperti anak-anak
Anak-anak adalah sosok yang begitu bebas, terbuka dan jujur. Tidak ada yang salah dengan menjaga ‘anak-anak’ dalam dirimu agar tetap aktif dan memperkaya sudut pandangmu. Dengan begitu, kamu akan dapat belajar banyak hal, menjadi lebih penuh dengan cinta, pemaaf, dan juga pengamat yang baik.

7. Riset dan mencari mentor yang tepat
Kamu tidak sendirian, kok Pasti ada orang lain yang juga mengusahakan hal yang sama seperti kamu. Nah, ada baiknya jika kamu mengamati bagaimana orang lain yang duluan menjalankan bidang yang serupa denganmu menekuni karir mereka dan bagaimana kemudian kamu dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk memperbaiki/memberikan nilai tambah dari apa yang sudah dijalankan oleh orang sebelum kamu.
Dari proses pencarianmu, mungkin kamu bisa menemukan mentor yang cocok. Keberadaan mentor dapat membantu kamu untuk melihat apa yang tidak bisa kamu lihat mengenai dirimu sendiri dan juga membantu memberikan arahan sehingga kamu dapat menemukan solusi dan menerapkannya.

Itulah ketujuh hal yang bisa kamu coba untuk menyelaraskan pekerjaan dengan tujuan hidupmu. Namun, jika ketujuh hal ini masih belum dapat memberikan bayangan kepada kamu hal apa yang sebenarnya kamu inginkan, kamu bisa meminta bantuan spiritual coach, atau spiritual companion seperti saya untuk mencari tahu apa tujuan hidup kamu sebenarnya ataupun yang kamu cari pada kehidupan ini.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😊

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter