witnessday

Memaksimalkan Setiap Sesi Life Coaching

Sesuai dengan namanya, Life Coach, adalah seseorang yang akan memandumu dalam menjalani kehidupan agar kamu bisa merasakan kepuasan, kebahagiaan dan kehidupan yang sesuai dengan yang kamu benar-benar inginkan.

Karenanya, kamu sebenarnya bisa menanyakan berbagai aspek kehidupan yang kamu anggap penting; Mulai dari karir, finansial, cinta dan keluarga, pendidikan, dan berbagai aspek lain yang kamu anggap penting.

Namun, karena Life Coach ini mampu menangani banyak aspek dalam kehidupan, bagaimana kita bisa memanfaatkan Life Coach dengan maksimal?

Cara #1: Menjadi Terbuka

Kalau kamu tidak terbuka dengan Life Coach yang kamu pilih, maka kamu secara tidak langsung membuat program Life Coaching ini menjadi jauh dari kata efektif. Karena kamu akan menyeleksi hal-hal tertentu mengenai dirimu sendiri kepada Life Coach dan itu akan mempersulit Life Coach untuk mengenal dirimu lebih lanjut. Jujurlah kepada dirimu sendiri, dan izinkan dirimu untuk tenang dan bebas bercerita karena seluruh informasi tentangmu adalah private dan confidential.

Cara #2: Bersedia Menerima Hal Baru

Selama hidup, pasti ada 1-2 cara yang kamu lakukan berulang-ulang untuk memecahkan berbagai hal. Sayangnya, hal tersebut pula yang membuat kita sulit untuk mendobrak hal baru. Di sisi lain, kita pun merasa bingung hal apa lagi yang perlu dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan. Biasanya Life Coach akan memberikan petunjuk berupa mengadopsi mindset baru, menggunakan cara baru. Tapi kamu pun perlu bersedia untuk menerimanya agar bisa merasakan sendiri perubahannya.

Cara #3: Beri Waktu Khusus untuk Sesi Coaching

Ketika ada banyak orang yang menganggap sesi coaching adalah sesi yang bisa dilakukan secara bersamaan, atau bisa di-nomor-dua-kan dibandingkan pekerjaan full-time ataupun bisnis yang menuntut waktu dan perhatianmu, kamu sebaiknya melakukan hal sebaliknya: Sediakan waktu khusus dan persiapkan dirimu sebelumnya. Karena dengan begitulah, kamu bisa lebih in-tune dan aware dengan perkembanganmu setiap sesinya dan paham betul objektif dari 1 sesi ke sesi berikutnya.

Cara #4: Buat Jurnal Pengembangan Dirimu Sendiri

Jangan biarkan hanya Life Coach-mu saja yang memiliki jurnal terkait pengembangan diri-mu, kamu sendiri juga harus memilikinya karena kamu lah yang harusnya bisa memonitor dan melakukan dengan sadar setiap aktivitas dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk terhubung dengan apa yang sedang kamu ‘kerjakan’ bersama Life Coach-mu!

Cara #5: Menjalankan Komitmen di Luar Sesi Coaching

Mengubah habit memerlukan disiplin dan konsistensi yang tinggi. Jika kamu hanya paham apa yang dikatakan Life Coach, namun kamu tidak mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, akan menjadi sulit untuk berubah. Setiap PR dan juga eksperimen yang diberikan oleh Life Coach selalu memiliki maksud dan tujuannya. Dengan menjalankan secara disiplin, kamu menikmati sendiri hasilnya dan sesi Life Coaching-mu pun tidak akan terbuang sia-sia. Selalu jalankan komitmenmu meskipun kamu sedang berada di luar sesi coaching sehingga kamu mendapatkan hasil dan tujuan yang diinginkan.

Cara #6: Have Fun with Challenges!

Memang tantangan yang akan diberikan Life Coach memiliki bobot tambahan dalam hidupmu. Tapi, sebaiknya kamu ubah pandanganmu tentang tantangan; Dibanding menganggapnya sebagai beban, lebih baik have fun bersama challenge tersebut karena itulah salah satu cara untuk berkembang dengan lebih mindful.

Itulah keenam cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan setiap sesi dan fungsi dari Life Coach! Semoga kamu bisa segera menemukan Life Coach yang sesuai denganmu dan bisa segera mencapai apa yang kamu tuju selama ini.

Jika kamu ingin mencova sesi Life Coaching atau konseling dan terapi bersama Amel atau coach lain di Loveground, silakan hubungi kami di sini! Good luck!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter