witnessday

Meditasi Bersama Emosi

Dulu, sempat ada yang menanyakan ke saya, “Apakah boleh meditasi ketika emosi sedang benar-benar bergejolak? Seperti saat sangat sedih, sangat marah, atau mungkin sangat kecewa.” Waktu itu, saya hanya menjawab singkat, “Tentu saja boleh. Kenapa tidak?”. Namun sekarang saya akan membahasnya lebih dalam.

Meditasi adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mencapai inner peace dan ketenangan. Dan meditasi sendiri sebenarnya ada banyak jenis objek dan caranya. Jadi kita bisa memilih objek dan cara yang sesuai dengan diri kita.

Ketika kita sedang merasakan emosi yang meluap-luap, hal pertama yang dibutuhkan adalah untuk menjadi tenang. Dan saya pribadi sangat menyarankan agar kamu bisa mencari ruangan yang tenang dan “duduk” bersama dengan emosi yang muncul. Jangan biarkan dirimu tenggelam di dalamnya, tapi bayangkan emosi tersebut keluar dari tubuhmu dan bisa diajak duduk bersama di sampingmu.

Misalnya ketika kita merasakan kemarahan yang begitu besar terhadap pasangan kita. Coba cari tempat yang tenang. Lalu bayangkan kemarahan tersebut keluar dari tubuh kita sehingga kita bisa mengajaknya ngobrol mengenai kenapa ia bisa merasakan marah tersebut, asal mulanya dari mana dll. Dengarkan, rasakan, dan sadari setiap emosi yang muncul. Maka dengan begitu, sedikit banyak kita bisa lebih merasa lega.

Bahkan dengan cara seperti ini pun kita bisa mempraktekkan compassion dengan memeluk dan menyayangi emosi tersebut sehingga kita sendiri bisa merasa lebih tenang dan aman.

Namun, kita bisa menggunakan objek lain untuk bermeditasi ketika kemarahan sedang memuncak, misalnya sesimple nafas. Nafas adalah objek meditasi yang paling simple dan paling netral yang bisa kamu lakukan.

Ketika kamu menarik nafas masuk, coba ucapkan, “Saya menyadari bahwa saya sedang sedih/marah/kecewa/takut dll” dan saat kamu membuang nafas, ucapkan dalam hati, “Saya melepaskan perasaan sedih/marah/kecewa/takut dll yang ada dalam diri saya”

Rasakan, setiap kali bernafas, maka segala stress dan tekanan yang muncul karena emosi yang kamu rasakan akan perlahan hilang.

Jika kamu merasa emosi ini membuatmu ingin melakukan sesuatu yang merugikan atau membahayakan, kamu juga bisa melakukan meditasi sambil berjalan. Bayangkan energinya mengalir keluar dari tubuh melalui setiap pijakan kaki dan gerakan tubuh saat berjalan.

Ada banyak sekali objek dan cara meditasi sangat bisa dicoba ketika kita sedang terjebak dalam emosi yang kuat. Dan yang perlu kamu lakukan adalah dengan menemukan objek dan metode meditasi seperti apa yang sesuai untuk bisa melepaskan emosi tersebut. Selamat mencoba!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter