witnessday

Makna dan Hal Penting dalam Tahun 2020

 

Selamat tahun baru 2020! Tak terasa, 2019 berakhir begitu cepat. Berbagai kejadian yang unik, seru, sedih dan juga senang tentu tidak bisa kita lewatkan dan lupakan begitu saja. Harapan, doa-doa, berbagai hal yang kita usahakan selama ini mungkin bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk menilai bagaimana tahun 2019.

Sejauh ini, tahun 2019 telah memberikan saya banyak pelajaran; Mulai dari bagaimana saya bisa semakin mengenal diri saya sendiri dan bagaimana saya bisa konsisten meluangkan perhatian dan waktu untuk menjaga kesehatan saya. Saya juga mensyukuri banyaknya kemudahan yang diberikan selama 2019. Berbagai resolusi yang saya niatkan telah terpenuhi dengan baik dan ada beberapa yang tidak. Nah bagaimana dengan kamu?

Tahun 2020 sendiri dianggap sebagai tahun dengan angka cantik bagi sebagian besar orang, dan banyak media yang memperlihatkan perkembangan dan juga perubahan yang terjadi dalam 1 dekade. Namun bagi saya sendiri 2020 bisa diibaratkan sebagai tahun yang melambangkan keseimbangan dan kesatuan.

2020 sendiri adalah kombinasi dari angka 2 dan 0. Menurut angel number, 2 adalah perlambangan dari keseimbangan, harmonisasi, stabilitas, dan kerjasama. Sedangkan angel number 0 adalah perlambangan dari titik mulai, keberlangsungan, siklus, keutuhan, kesatuan dan energi universal.

Sehingga pada tahun 2020 ini, saya percaya bahwa perlu bagi kita untuk menjaga keseimbangan pada setiap aspek kehidupan kita dan menjaga hubungan baik dengan berbagai hal disekitar kita untuk menciptakan harmoni yang baik. Bagaimana caranya?

1. Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri dan Orang Lain

Pernahkah kamu bertemu dengan orang yang hanya fokus dengan kebutuhan dirinya sendiri dan melupakan kebutuhan orang lain sehingga orang-orang di sekitarnya menjadi kurang nyaman? Atau pernahkah kamu bertemu orang yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain sehingga kebutuhannya sendiri terabaikan?

Hal tersebut tentu kurang bijak, biar bagaimanapun sebagai manusia kita hidup berdampingan dan sama-sama butuh untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Maka dari itu, ada baiknya jika kita menjadi lebih seimbang dalam memenuhi kebutuhan diri sendiri dan membantu memenuhi kebutuhan orang lain.

2. Menyeimbangkan Kebutuhan Material dan Spiritual

Kebutuhan bukan hanya dalam bentuk materi saja; bukan melulu hanya uang yang banyak, makanan enak, pakaian yang bagus. Namun juga hati yang tenang, damai dan penuh akan cinta.

Nah, selama 2019 kemarin, bagaimana kondisi materi dan spiritualmu? Apakah sudah cukup seimbang atau cenderung berat sebelah? Jika berat sebelah, yuk seimbangkan dengan menjalankan rutinitas sederhana seperti menabung dan juga meditasi singkat selama 3-5 menit seharinya.

3. Belajar Menjadi Lebih Baik dan juga Lebih Pintar

Menjadi baik tidak kalah penting dengan menjadi pintar. Di tahun 2019 mungkin kita telah meraih jabatan atau posisi yang lebih baik di kantor. Namun apakah kita sudah meraihnya dengan cara yang baik? Atau ketika kita sudah menjalankan berbagai kegiatan relawan, apakah kita sudah menjalankannya dengan cerdas dan bijak?; baik dari pembagian waktu, jam kerja relawan dan berbagai pertimbangan lainnya.

4. Bekerja Lebih Keras dan Berlatih Menjadi Lebih Ikhlas

Ikhlas bukan berarti menerima segalanya apa adanya begitu saja. Tetap juga dibutuhkan kerja keras untuk mencapai yang kita inginkan. Namun sebaliknya, kerja keras juga dibutuhkan keikhlasan di dalamnya karena tidak semua kerja keras selalu menghasilkan apa yang kita inginkan. Selalu ada saja hal di luar kendali kita yang dapat mengubah segalanya.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk tetap bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, dan di sisi yang bersamaan sebaiknya juga kita mampu untuk belajar menjalani segala sesuatunya lebih ikhlas.

Saya percaya sebelum 2019 berakhir, sudah banyak di antara teman-teman yang memikirkan apa yang akan menjadi resolusinya di tahun 2020. Nah, coba deh dicek sekali lagi, apakah kamu juga sudah memperhatikan keempat poin di atas dalam target 2020-mu? Selamat mencoba dan selamat tahun baru 2020!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter