witnessday

Lebih Penting Tujuan atau Intensi?

Banyak di antara kita yang masih dalam pencarian tujuan hidup. Meski sudah membaca berbagai artikel mengenai tujuan hidup dan juga sharing dengan orang terdekat, rasanya sulit untuk menemukan apa yang sebenarnya yang menjadi tujuan hidup kita.

Bagi pengusaha, sebuah tujuan atau goal menjadi sangat penting. Karena jika tidak ada hal tersebut, bisnis menjadi berjalan tanpa arahan; para pekerja tidak mengerti apa yang perlu dilakukan, tidak ada rencana dan bisa jadi bisnis menjadi tidak berkembang. Namun, bagaimana dengan kehidupan kita?

Sedari kita kecil hingga kita remaja, mungkin kita tidak begitu paham apa sebenarnya tujuan hidup kita. Jika ditanya pada saat itu, mungkin kita akan kebingungan menjawab apa yang sebenarnya kita cari dalam hidup ini. Namun, apakah kita tidak berkembang selama masa itu?

Dari kecil hingga sekarang, kita belajar banyak hal; Kita menjadi semakin terbuka, semakin berpengalaman. Lingkungan kita membentuk kita sehingga kita memiliki berbagai nilai yang dipercayai dan dipegang teguh hingga saat ini. Dan dari nilai-nilai tersebut lah kita menjadi memiliki intensi.

Intensi inilah yang membantu kita untuk fokus dengan diri kita di setiap momen kehidupan kita. Tentu menjadi berbeda dengan tujuan hidup yang ada untuk mengarahkan kita secara persis apa yang sebenarnya ingin kita raih.

Misalnya saja ketika kita butuh untuk tiba di bandara tepat waktu. Jika kita jadikan bandara sebagai tujuan, kita akan menggunakan cara apapun yang bisa membuat kita sampai di bandara. Namun ketika kita memasukan intensi kita ke dalamnya, kita menjadi sadar bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, kita juga perlu berhati-hati, merencanakan jam berangkat, dan juga tidak mengebut sehingga terhindar dari kecelakaan selagi di jalan menuju bandara.

Bayangkan jika kita hanya fokus pada tujuan kita di mana hal tersebut adalah hal yang belum kita miliki saat ini. Kita menjadi terburu-buru sehingga tidak memperhatikan hal penting lainnya. Sedangkan ketika kita memasukan intensi kita, sekalipun kita tidak berhasil mencapai tujuan, kita tetap terbuka untuk mempelajari hal baru dan tidak menghukum diri kita sendiri karena tujuan belum tercapai.

Selain itu ada berbagai hal lain yang membuat intensi tidak kalah penting dengan tujuan hidup:

1. Intensi Tidak Memiliki Batasan

Pernahkah kamu membaca penelitian mengenai air yang terpengaruh oleh intensi dan pikiran yang dikemukakan oleh Dr. Masaru Emoto? Bayangkan jika kita secara sadar memasukan intensi kita pada setiap hal yang kita lakukan? Pasti kita menjadi lebih berkembang dan memberikan pengaruh kepada orang-orang di sekitar kita.

Bukan hanya itu, intensi juga memberikan kita kesempatan untuk merasa bahagia, puas dengan cara yang berbeda-beda. Ketika kita berintensi untuk berbuat kebaikan, maka apapun yang kita lakukan, kita akan selalu melakukannya demi kebaikan.

2. Intensi Membuat Kita Menjadi Lebih Terbuka

Intensi membuat kita menjadi lebih memperhatikan setiap yang kita lakukan dan juga yang kita rasakan. Jadi tidaklah mustahil jika kita menjadi lebih terbuka akan hal baru dan juga perubahan ketika kita memiliki intensi dalam setiap kegiatan kita.

Misalnya, ketika kita berintensi untuk menjadi lebih bersyukur, bisa jadi kita dapat melihat lebih jeli setiap kesempatan yang datang kepada kita. Karena kita mensyukuri setiap hal yang kita terima dan kita hadapi, tentu kita tidak membatasi hal-hal apa saja yang boleh kita syukuri, bukan?

3. Intensi Membuat Kita Berkontribusi Lebih

Mungkin banyak di antara kita yang merasa kita powerless; apapun yang kita lakukan rasanya tidak memiliki pengaruh apapun pada hidup. Coba bayangkan ketika kita memasukan intensi kita untuk bisa lebih berbuat lebih baik pada setiap kegiatan yang dilakukan. Bukankah apapun yang kita lakukan akan menjadi terasa begitu memberikan arti dan manfaat kepada orang lain?

Jika kita melakukannya secara sering, maka kita akan menyadari perubahannya, dan juga besarnya kontribusi kita pada lingkungan di sekitar kita.

Tujuan hidup membuat kita menjadi lebih terarah. Kita akan dapat merenanakan step by step apa saja yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan hidup kita. Namun dengan intensi, kita dapat menikmati prosesnya tanpa membebani diri kita sendiri dan juga menjadi terbuka akan berbagai hal baru yang masuk ke dalam diri kita.

Semoga dengan penjelasan ini kita bisa menempatkan intensi kita pada setiap rencana dan juga dapat menikmati hidup lebih maksimal lagi. Selamat mencoba!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter