witnessday

Langkah Praktis untuk Mencapai Ikigai

 

Diagram ikigai yang sudah kita ketahui melalui artikel sebelumnya menjelaskan kepada kita bagaimana berbagai aspek dalam kehidupan perlu untuk dicapai agar bisa mencapai keseimbangan. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah mengetahui berbagai aspek penting dalam kehidupanmu? Semoga sudah, ya 😊

 

Setelah mengetahui berbagai aspek tersebut, PR selanjutnya adalah bagaimana kita dapat menyatukan berbagai aspek tersebut ke dalam pekerjaan kita. Bagi sebagian orang, momen di mana dirinya menyadari apa tujuan hidupnya, menjadi momen euphoria yang seringkali menjebak. Menjebak karena banyak yang menganggap bahwa dengan menjalankan apa yang menjadi tujuan hidupnya, ia akan bebas dari berbagai permasalahan.

Padahal, meski kita memilih dengan sadar untuk mengikuti apa yang menjadi tujuan hidup kita, tetap saja akan ada masalah yang harus dihadapi. Apalagi jika apa yang dikerjakan selama ini sudah melenceng terlalu jauh dari tujuan hidup kita; akan ada banyak pertimbangan, kompromi, dan juga gesekan pada setiap pengambilan keputusan.

 

Namun, ada juga sebagian orang yang malah berbalik untuk mengabaikan apa yang menjadi tujuan hidupnya karena merasa perjalanannya terlalu sulit dan terlihat begitu utopis. “Ignorance is a bliss”, kata sebagian besar orang. Padahal mengabaikan apa yang menjadi tujuan hidup kita adalah mengabaikan diri kita sendiri.

 

Nah, sekarang saya akan ajak kamu kembali lagi kepada inti dari artikel hari ini, bagaimana menyatukan berbagai aspek penting kehidupan ke dalam pekerjaan kita. Memang perjalanan yang ditempuh akan panjang dan banyak rintangan, maka dari itu kita membutuhkan strategi dan perencanaan. Misalnya kamu adalah seorang arsitek yang memiliki hobi bermain gitar dan bercita-cita menjadi gitaris terkenal yang dapat memberikan semangat untuk hidup pada banyak orang. Dari seorang arsitek menjadi musisi terdengar begitu jauh, ya..

 

Tapi, jangan berkecil hati. Kita bisa mulai dengan menyusun strategi bagaimana agar kita dapat segera memainkan alat musik dengan mahir, memiliki pengalaman bermain alat musik dan juga mengkomposisi lagu agar menjadi menarik bagi para pendengar. Ketiga hal tersebut bisa jadi langkah yang efisien untuk beralih karir. Lalu jangan lupa untuk menyusun rencana detailnya satu per satu; berapa banyak waktu dan budget yang bisa dikomitmenkan untuk menjadi musisi handal? Di mana belajar bermain alat musik? Seperti apa alat musik yang harus dibeli dan berbagai macam detail lain yang harus dituangkan ke dalam rencana.

 

Tentu strategi dan rencana tersebut mungkin akan selesai dalam waktu yang lama. Namun, jangan berputus asa, tetap lakukan apa yang sudah direncanakan dan fokuslah pada saat ini. Dengan begitu, kamu akan lebih stabil, tetap konsisten dan dapat meraihnya dengan lebih cepat. Baik bagi kamu yang ingin beralih profesi dari dokter menjadi chef atau pun kamu yang ingin beralih dari akuntan menjadi florist. Namun, bagi kamu yang sudah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan tujuan hidup, kamu mungkin akan tetap membutuhkan strategi dan perencanaan yang baik agar tujuan hidup semakin cepat tercapai.

 

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan tujuan hidup atau belum? Lalu, apa saja yang menjadi strategi dan rencanamu untuk meraih tujuan hidup dan mencapai ikigai? Jangan ragu untuk share apa yang kamu pikirkan di kolom komentar 😊

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter