witnessday

Ketika Kehidupan Memberikan Ketidakpastian, Nikmatilah!

 

Segala sesuatu berubah; Manusia berubah, kondisi bumi berubah, hubungan antar manusia berubah, bahkan kita pun juga berubah. Dulu, kita bisa keluar rumah dengan sangat mudah, namun sekarang perlu banyak persiapan untuk keluar rumah. Dulu, dempet-dempetan dalam angkutan umum adalah hal yang biasa, namun sekarang menjadi hal besar yang membuat kita was-was.

Apalagi di momen pandemi seperti ini, kita jadi rindu dengan kondisi sebelumnya. Kita merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi baru. Tapi itulah kehidupan.. Tidak ada yang pasti, karena nyatanya cepat atau lambat selalu ada perubahan dalam kehidupan kita.

Bagi banyak orang, ketidakpastian memberikan rasa takut, khawatir di dalam dirinya. Khawatir dengan perbedaan dan konflik yang mungkin muncul karena ada perubahan. Bisa juga munculnya rasa takut akibat ketidaktahuan kita terhadap apa yang akan terjadi setelahnya. Saya paham hal tersebut karena saya juga pernah merasakannya.

Namun melalui artikel ini saya ingin membagikan sudut pandang yang berbeda.. Justru dengan ketidakpastian itulah kamu malah jadi bisa meraih apa yang selama ini menurutmu tidak mungkin!

Pintu ketidakpastian ini akan membawa kita berhadapan dengan pintu-pintu lain yang mungkin selama ini tidak pernah kita ketahui keberadaannya sebelumnya. Misalnya, ketika dokter memberikan vonis bahwa kita tidak bisa sembuh dari suatu penyakit, maka ketidakpastian ini malah bisa memberikan kita kesempatan untuk sembuh. Bisa saja kita bertemu dengan pengobatan alternatif atau mungkin gaya hidup baru yang malah membuat kondisi tubuh kita menjadi lebih baik.

Ketika ada peramal yang bilang bahwa hidup kita tidak akan bisa berubah, maka ketidakpastian akan memungkinkan kita untuk menerima perubahan dalam hidup kita. Bisa saja kita bertemu dengan guru kehidupan yang tidak kita sangka-sangka. Mungkin juga kita tiba-tiba mendengar sharing yang mengubah sudut pandang kita tentang banyak hal dan membuat kita melakukan hal berbeda sehingga mengubah kehidupan kita secara total.

Jika kita terlalu melekat pada apa yang kita yakini akan terjadi kita akan sering kecewa pada kehidupan. Misalnya ketika kita meyakini bahwa “kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang kita inginkan”. Namun nyatanya kehidupan tidak berkata demikian, dan kita tidak merasakan perubahan apapun ketika sudah bekerja keras.. Yang ada kita malah akan terpukul.

Sedangkan, ketika kita melihatnya dengan cara yang berbeda, kita akan merasa bahwa ada hal lain di luar kerja keras yang bisa menuntun kita kepada hasil yang kita inginkan. Kita jadi bisa melihat hal lain diluar “kerja keras”. 

Seperti film yang memiliki banyak twist, semakin banyak dan ditempatkan di tempat yang tidak terduga, akan semakin menarik filmnya. Kehidupan pun begitu! Nikmati ketidakpastiannya, dan sambut kesempatan yang kamu anggap mustahil selama ini!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter