witnessday

Kenali Dirimu Lebih Baik Lagi dengan 5 Pertanyaan Ini

 

Banyak di antara kita yang tidak mengenal dirinya sendiri dengan baik. Coba kita cek bersama, berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk memilih apa yang baik untuk kita? Yang mana yang kita butuhkan? Apa yang sebenarnya kita inginkan? Saya cukup yakin banyak di antara kita yang merasa bingung ketika dihadapkan dengan pilihan yang berkaitan dengan dirinya sendiri. Atau jangan-jangan, kamu adalah salah satunya?

Jika kamu ingin mengerti dirimu sendiri, kamu bisa mulai dengan berkomunikasi lebih intens dengan dirimu. Ada berbagai cara yang bisa digunakan; berkomunikasi dengan inner child atau bertanya jawab dengan dirimu sendiri. Yang kedua mungkin terdengar aneh, namun percaya tidak percaya, melakukan tanya jawab sendiri adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mengenal dirimu lebih baik lagi.

Dengan pertanyaan yang tepat, kamu bisa menegal siapa dirimu sebenarnya dan bagaimana versi diri terbaik yang kamu inginkan. Pada kesempatan ini, saya akan membantu kamu dengan beberapa pertanyaan berikut:

1. Jika aku mengabaikan penghakiman yang diberikan kepadaku, bagaimana aku akan menilai diriku sendiri?

Banyak di antara kita yang menilai dan memandang diri sendiri berdasarkan penghakiman yang diberikan orang lain. Jika orang-orang di sekitar kita berpikir bahwa kita ceroboh, maka kemungkinan besar kita juga akan menilai diri sendiri sebagai seorang yang ceroboh.

Secara tidak sadar, segala penghakiman tersebut mempengaruhi kemampuan kita untuk menyadari apa yang sebenarnya kita inginkan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengerti diri kita sendiri dengan mengabaikan penghakiman yang orang lain berikan kepada kita.

2. Jika aku mengabaikan penghakiman yang ditujukan kepadaku, apa yang akan aku lakukan?

Penghakiman yang kita terima setiap harinya bukan hanya mempengaruhi bagaimana kita memandang dan menilai diri kita; ini juga mempengaruhi apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Jika kita dianggap teman-teman kita sebagai orang yang tidak bertanggung jawab, penghakiman tersebut bisa membuat kita menjadi ragu untuk mengambil tanggung jawab lebih saat bekerja meski kita jelas-jelas mampu untuk mengerjakannya. Make sense, kan?

3. Apakah hal yang orang lain pikirkan tentangku akan mempengaruhiku?

Mengetahui bahwa kita semua tidak akan luput dari penghakiman yang dilakukan orang-orang di sekitar membuat kita sadar seberapa penting opini mereka tentang kita. Apakah hal tersebut benar-benar mempengaruhi kita? Apakah persepsi mereka benar-benar akan mempengaruhi diri kita yang sebenarnya? Apakah wajar jika opini mereka mengontrol seberapa bahagianya, termotivasinya atau dicintainya diri kita? Jawabannya adalah tidak.

Hal yang paling berpengaruh pada dirimu adalah bagaimana kamu menilai dirimu sendiri dan jangan membiarkan opini orang lain tentangmu mempengaruhinya. Jika kamu menganggap bahwa dirimu adalah orang yang baik, maka yang terpenting adalah menjalankan berbagai kegiatan yang sesuai untuk dirimu yang baik. Bukannya malah menyetujui opini orang lain yang memberi label kamu sebagai orang yang naif sehingga kamu menjadi was-was setiap kali kamu ingin berbuat baik.

4. Apakah aku sudah menggunakan waktuku dengan bijak?

Kita tidak tahu kapan kita akan meninggalkan dunia ini. Jadi, sangatlah wajar jika kita menanyakan hal ini kepada diri kita sendiri; apakah kita sudah menggunakan waktu kita dengan bijak? Ataukah kita selama ini hanya mengikuti arus kehidupan, keadaan dan juga kegiatan orang-orang di sekitar kita?

Dengan menanyakan hal ini, kita jadi bisa lebih memilah-milah apa saja hal yang penting dalam hidup ini dan bagaimana caranya kita bisa membagi waktu dengan bijak untuk setiap hal penting dalam kehidupan ini.

5. Apa saja kebiasaan yang ingin dihentikan?

Kebiasaanmu merepresentasikan bagaimana kamu menjalankan kehidupanmu. Apa saja kebiasaan yang memberikan pengaruh yang besar pada kehidupanmu? Mana yang baik dan mana yang buruk untuk dirimu? Lalu apa saja kebiasaan buruk yang ingin kamu hentikan segera agar kamu bisa menjalani hidup dengan lebih baik dan lebih maksimal?

Kelima pertanyaan ini bisa kamu tanyakan kepada diri sendiri secara berulang dan juga perlahan. Memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan tanya jawab ini, namun jika kamu sudah memulainya, maka kamu akan menjadi selangkah lebih dekat untuk mengenal dirimu sendiri dan menjalani kehidupan sesuai dengan tujuan hidupmu.

Apakah kamu sudah pernah menanyakan pertanyaan di atas kepada dirimu sendiri sebelumnya? Jika pernah, jangan ragu untuk share pengalamanmu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter