witnessday

Kamu Dapat Memulai Kehidupan Baru Setiap Harinya!

 

Tepat tiga hari yang lalu saya berulang tahun. Terima kasih banyak ya untuk semua teman dan keluarga yang mendoakan berbagai hal baik untuk saya. Semangat dan berbagai harapan teman-teman mendorong saya untuk terus memberikan yang terbaik dalam kehidupan. Bahkan lebih dari itu, saya mendapatkan daya juang untuk melepaskan apa yang tidak lagi bermanfaat untuk hidup saya, memulai berbagai kebiasaan baru, dan menjalankan kehidupan yang lebih baik lagi mulai saat ini juga.

Saya rasa bukan hanya saya yang merasakan hal ini; setiap orang yang berulang tahun pun juga merasakannya. Keinginan untuk meninggalkan kebiasaan lama, membangun kebiasaan baru, bahkan mulai menjalankan kehidupan baru.

Namun sayangnya, banyak di antara kita yang sangat bergantung pada momen-momen tertentu dalam hidupnya untuk melakukan perubahan. Padahal, setiap hari adalah waktu yang tepat untuk memulai kehidupan baru!

Coba deh tanyakan ke diri kita masing-masing, apakah pernah kita menunggu-nunggu satu momen tertentu untuk dapat berubah? Misalnya seperti meninggalkan kebiasaan merokok, “Ah, aku jadikan saja berhenti merokok sebagai resolusi tahun depan! Soalnya sebentar lagi kan kita akan tahun baru-an, biar lebih semangat ngejar resolusinya. Toh sekarang masih ada 1 bungkus lagi juga.”

Atau misalnya hal lain, seperti membangun kebiasaan membersihkan rumah, “Kalau nanti sudah menikah, saya baru akan mulai rajin membersihkan rumah. Toh sekarang masih ada asisten rumah tangga, jadi kalau sudah menikah saja baru mulai membersihkan rumah sendiri. Sekalian membangun kehidupan baru juga, kan?”

Hayo.. Coba ngaku siapa saja yang sering seperti itu? Tapi santai saja, saya dulu juga pernah menunggu ‘waktu yang pas’ untuk berubah. Pada saat itu, saya juga menganggap bahwa jika saya memulai kehidupan baru pada momen tertentu, maka saya akan mendapatkan berbagai dukungan yang diperlukan agar kehidupan baru yang diinginkan bisa tercapai. Padahal, engga juga kok!😊

 

Setiap hal dalam dunia ini berkaitan, termasuk setiap perubahan kecil dalam kehidupan kita. Jadi, setiap perubahan yang kita lakukan akan menjadi satu momen penting yang berpengaruh terhadap momen penting lainnya – semuanya mendukung agar kita menjadi versi terbaik diri kita, kembali pada hakikat sejati. Sehingga akan jadi kurang bijak jika kita menungu momen tertentu agar kita bisa berubah jadi lebih baik.

 

Apalagi jika kita mengingat bahwa kehidupan saat ini terikat oleh waktu yang tidak akan menunggu kita. Jadi, daripada kita menunggu ‘waktu yang tepat’ untuk berubah, lebih baik kita memikirkan bagaimana caranya agar kita dapat berubah menjadi lebih baik dalam waktu dekat. Lagipula, kita juga memiliki roh pembimbing  yang selalu memberi dukungan dan bimbingannya kepada kita kapanpun kita perlu melakukan perubahan. Jadi, kenapa harus menunggu lebih lama lagi?

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter