Jadikan Ibadah Puasa Lebih Bermakna dengan Intensi Khusus

Posted on Posted in witnessday

 

Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Apakah ada di antara teman-teman yang sudah menyiapkan intensi khusus untuk bulan suci Ramadhan kali ini?

Jika belum ada, jangan khawatir. Intensi dalam beribadah memang belum banyak dijalankan kebanyakan orang. Maka dari itu, kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan mengenai intensi pada saat beribadah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), intensi adalah keinginan atau permohonan khusus yang diajukan suatu umat. Jika dipersingkat, intensi bisa juga diartikan sebagai maksud atau tujuan.

Intensi dalam beribadah juga dapat dianggap sebagai tujuan atau hal yang ingin didapatkan setelah melewati perjalanan panjang. Jika diibaratkan sebagai perjalanan, tentu setiap orang memiliki tujuan dalam perjalanannya, bukan? Ada yang memiliki tujuan untuk menikmati pemandangan indah, ada juga yang memiliki tujuan untuk mencari suasana baru. Tentunya, kamu tidak akan mungkin mengabaikan pemilihan rute dari perjalan tersebut, kan? Begitu pula dengan menjalankan ibadah; Jika kita memiliki intensi, maka kita akan menjadi lebih terarah sehingga dapat menjalankan ibadah dengan penuh kesadaran.

Sayangnya, bagi sebagian orang ibadah dijalankan hanya sebagai momen untuk menunaikan kewajiban dalam beragama. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun apakah kamu tidak merasa ada yang kurang jika ibadah puasa setiap tahunnya hanya dilewati dengan menahan rasa lapar dan haus, menjaga emosi, serta buka bersama keluarga dan kerabat terdekat? Tentu esensinya tidak hanya seperti itu, bukan?

Jika ingin mencobanya, kamu bisa mulai dengan intensi yang sederhana seperti mendedikasikan ibadah puasa kali ini untuk keamanan Indonesia, meningkatnya toleransi antar umat beragama atau juga hal yang bersifat personal seperti kesembuhan untuk anggota keluarga tertentu dan juga merekatkan kembali hubungan keluarga yang telah lama merenggang.

Dengan mengetahui tujuan dan manfaat dari intensi dalam beribadah, apakah kamu jadi berniat untuk mencoba menetapkan intensi dalam ibadah puasa kali ini?

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter