witnessday

Heart Chakra Healing & Balancing

Di dalam tubuh kita, terdapat sebuah sistem yang terdiri dari 7 pusat energi yang dinamakan chakra. Pusat energi pertama berawal dari area tulang ekor, lalu terus naik sampai ke titik tertinggi, pada kepala kita. Pada artikel sebelumnya, saya sempat menjelaskan banyak mengenai Manipura atau Solar Plexus Chakra, dan pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan mengenai Heart Chakra atau Anahata.

Apa itu Heart Chakra?

Heart Chakra adalah chakra keempat yang berada tepat di tengah dada. Heart Chakra adalah pusat energi tubuh yang terhubung langsung dengan Solar Plexus Chakra (di bawahnya) dan Throat Chakra (di atasnya).

Ia merupakan pusat energi untuk cinta, kedamaian dan keterhubungan. Itulah mengapa chakra ini sangat terpengaruh dengan luka batin yang pernah kita alami. Dan luka batin tersebut itu sendiri juga hanya bisa terobati dengan penerimaan dan pemberian maaf.

Selain itu, Heart Chakra juga sangat berkaitan dengan kemampuan kita untuk mencintai diri sendiri tanpa syarat. Jika kita bisa mempraktekan penerimaan dan pemberian maaf, makan rasa cinta terhadap diri sendiri juga akan bertambah perlahan. Namun, ketika Heart Chakra tidak seimbang kita akan sulit berdamai apalagi mencintai diri sendiri dan terhubung dengan orang-orang di sekitar kita.

Bagaimana Heart Chakra Bekerja?

Heart Chakra yang seimbang akan sangat terasosiasi dengan cinta dan kasih sayang. Jika kita memiliki rasa cinta dan kasih sayang , maka akan menjadi mudah bagi kita untuk mencintai orang-orang di sekitar kita, termasuk diri kita sendiri. Namun, jika Heart Chakra tidak seimbang, kita akan merasa:

  1. Depresi
  2. Merasa sendirian
  3. Tidak dicintai
  4. Mengisolasi diri secara berlebihan
  5. Egois
  6. Bergantung pada orang lain

Ketika keenam hal tersebut termanifestasi, kita akan semakin menjauh dari kondisi yang mencintai dirinya sendiri dengan positif. Kita bisa menjadi sosok yang sangat egois, selalu merasa haus akan cinta kasih karena kita tidak mencintai diri kita sendiri.

Kita menjadi sosok yang sangat bergantung dengan orang lain, namun di sisi lain, juga selalu merasa sendirian dan tidak dicintai. Sebanyak apapun cinta, perhatian, kasih sayang yang diberikan orang-orang di sekelilingnya, ia tidak akan merasa cukup.

Pada kondisi terburuk, kita bisa menjadi tenggelam perasaan tak berharga, tidak layak dicintai dan berujung pada depresi dan pengisolasian diri secara berlebihan.

Adakah Pengaruh Terhadap Tubuh Fisik Kita?

Lokasi Heart Chakra berada pada tengah dada kita. Ketika Heart Chakra sedang tidak stabil, organ-organ pada tubuh kita akan merasakan dampak seperti:

  1. Gangguan jantung
  2. Tekanan darah
  3. Asma
  4. Nyeri pada dada
  5. Masalah pada sirkulasi darah
  6. Tegangan pada otot

 

Apa yang Bisa Kita Lakukan Jika Heart Chakra Tidak Seimbang?

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan setiap harinya untuk menyeimbangkan Heart  Chakra. Di antaranya:

1. Menulis Jurnal

Dengan menulis, kamu bisa mengurai apa saja yang kamu pikirkan dan kamu rasakan saat itu. Kamu bisa mulai menulis jurnal dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Bayangkan kamu sedang menjadi dirimu yang penuh dengan cinta dan kasih sayang; seperti apa hari-harimu? Bagaimana perasaanmu?
  • Apa saja nilai hidup dan juga tujuan hidupmu? Coba tuliskan seperti apa rasanya bisa hidup selaras dengan nilai hidupmu dan juga tujuan hidupmu sendiri.
  • Masih ingat dengan berbagai kejadian atau sosok di masa lalu yang belum bisa kamu maafkan? Tuliskan dengan rinci apa yang menyebabkanmu sulit memaafkannya.
  • Seperti apa situasi di mana kamu mulai menarik diri dari orang-orang di sekitarmu?
  • Kondisi seperti apa yang membuat kamu bergantung pada orang lain?
  • Seperti apakah rasa cinta kasih itu? Coba uraikan dengan sangat spesifik.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu akan menyadari bagaimana kamu bisa mencintai dirimu sendiri dan berbagai nilai-nilai terbaik yang kamu miliki sehingga kamu bisa lebih berdamai dengan dirimu sendiri.

2. Meditasi

Coba lakukan meditasi sambil membayangkan sinar warna hijau di depan tengah dada. Bayangkan sinarnya seperti bunga, menjadi mekar saat menarik nafas dan menguncup ketika kamu membuang nafas.

3. Yoga

Coba seimbangkan Heart Chakra melalui gerakan yoga dengan beberapa pose yang berfokus pada Heart Chakra seperti Camel Pose, Wheel Pose, Fish Pose, Extended Puppy Pose, Bridge Pose dan Cow Face Pose

4. Pakai Essential Oil

Kamu bisa menggunakan essential oil seperti Lavender, Rose, Jasmine, Geranium, Cypress dan Bergamot untuk membantu menyeimbangkan Heart Chakra.

5. Berkegiatan di Luar Ruangan

Elemen dari Heart Chakra adalah angin. Jadi kegiatan seperti jalan di taman atau tempat outdoor yang banyak udaranya akan sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan Heart Chakra. Ingat, lakukan di pagi atau sore hari dan gunakan sunscreen!

Jangan ragu untuk mencoba aktivitas-aktivitas di atas untuk membantu menyeimbangkan Heart Chakra-mu. Pastikan juga kamu selalu menyesuaikan intensi dengan pemikiran dan juga tindakanmu agar semua latihan ini bisa bermanfaat untuk kualitas hidupmu. Selamat mencoba!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter