witnessday

Hari Nyepi ketika kamu mengurangi berpikir dan lebih merasakan

wpid-2015-04-12-01-01-42_deco.jpg

 

Hari Nyepi adalah hari di mana umat Hindu memperingati tahun baru Saka yang merupakan hari libur nasional dan dirayakan oleh umat Hindu di Bali. Selama Nyepi, masyarakat Bali melaksanakan puasa dan meditasi. Larangan utamanya adalah tidak ada pencahayaan (dan lampu seminimal mungkin), tidak pergi bekerja, tidak ada hiburan atau kesenangan, tidak berjalan-jalan, dan untuk sebagian orang, tidak bicara dan makan sama sekali.

 

Tahun ini, saya merayakan Nyepi di Pulau Belitong, Indonesia. Saya dan Frans Budi Pranata (Hypnotherapist, NLP Trainer and Indonesian Best CFO 2013-2015) akan mengadakan acara travel-workshop berjudul “Spiritual Healing and Purpose Driven Life” dari 8-10 Maret. Hebatnya, kita dapat melihat gerhana matahari total kali ini! (Akan saya kirimkan fotonya nanti ya…)

 

Gerhana matahari total terlihat di sebagian Indonesia termasuk Sumatera, Borneo, Sulawesi dan dari lokasi di Samudera Pasifik. Dan juga di utara dan timur Australia, di Selatan Asia dan Timur Asia akan terlihat sebagian gerhana matahari. Meningkatkan frekuensi untuk mendorong kebangkitan spiritual, menjadi kesempatan yang luar biasa untuk merayakan Nyepi, bulan baru, and gerhana matahari di Belitung.

 

Nyepi adalah sebuah hari panjang yang tenang. Dari pandangan agama dan filosofi, Nyepi adalah hari introspeksi diri untuk membuat keputusan mengenai berbagai nilai hidup, misalnya kemanusiaan, cinta, kesabaran, kebaikan, dll. yang seharusnya dijaga selamanya. Ini hari ketika kamu berhenti sejenak dari jadwalmu yang penuh, hubungan yang rumit dan dunia yang penuh tuntutan – untuk melihat ke dalam, menemukan jawaban dalam diri dan kembali pulang ke hakikat sejatimu.

 

Meskipun kita tahu betapa melegakan dan menyenangkanya menikmati sebuah hari yang hening sesekali, kamu mungkin berpikir bahwa mustahil untuk menghabiskan satu hari “tidak melakukan apa-apa sama sekali”. Tapi walaupun kamu bukan umat Hindu dan kamu tidak tinggal di Bali, setiap orang dari kita bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk menggunakan filosofi dan arti-arti dari Nyepi dalam kehidupan kita! Ini seperti personal retreat yang bisa dilakukan pada waktu yang kita pilih – sekali setahun, setahun dua kali, sebulan sekali atau bahkan seminggu sekali!

 

Untuk kita orang-orang modern yang tinggal di dunia yang sibuk, saya menawarkan lima cara praktis untuk bisa mempraktekkan keheningan pada hari yang kamu pilih. Coba dan saya yakin kamu akan berterima kasih kepada saya. It is super refreshing, recharging and revitalizing!

 

1. Digital Detox

Tidak peduli betapa sibuknya kamu, di hari hening kamu harus menjauh dari alat-alat digital, seperti televisi, telepon genggam, computer dan alat elektronik lainnya. Berhenti menyerap kebisingan dan informasi, dengarkan suara hatimu, dan buatlah dirimu nyaman dalam keheningan.

 

2. Mengurangi makan atau berpuasa

Kamu tidak harus berpuasa seharian kalau memang belum bisa. Kamu bisa pilih tidak makan setelah jam 12 misalnya, atau kurangi makan dan makan makanan yang tidak banyak diproses atau dimasak. Makanlah makanan yang sehat dan segar. Tanpa daging akan lebih baik.

 

3. Kurangi bicara

Coba untuk menghabiskan seharian tanpa bicara atau hanya bicara ketika sangat sangat penting. Pergunakan waktu ini untuk mengobservasi lingkunganmu, alam, introspeksi diri, mendekatkan diri dengan hakikat sejatimu. Kamu akan kaget dengan hal-hal yang dapat terjadi lebih baik kalau kamu melakukan hal-hal yang tertentu.

 

4. Mengkonsumsi lebih sedikit

Listrik, bensin, air, uang, apapun itu. Dengan begini kamu bisa berkontribusi untuk menghargai, menghormati dan mengurangi beban dan memberikan lebih banyak cinta kepada Ibu Bumi kita tercinta. Kamu akan lihat bahwa kamu dapat hidup dengan hanya memiliki sedikit kebutuhan dasar saja, dan ternyata kamu berkelimpahan dalam berbagai hal.

 

5. Beristirahat di rumah

Ini adalah waktu untuk berhenti menjadi terlalu sibuk setiap saatnya; cintai dirimu, sadar terhadap tubuhmu. Kalau tubuhmu butuh istirahat, berikanlah istirahat yang sangat dibutuhkannya, jadi kamu dapat menggunakannya lebih lama lagi.

 

IMG_4806 (1280x853)

 

Ambil cuti sehari pada hari kerja atau di akhir pekan, jadi kamu bisa mempraktekkan ini semua tanpa gangguan. Berikan dirimu cinta dan perhatian yang layak. Isi ulang tenaga, pikiranmu dan hubunganmu. Higher Self atau hakikat sejatimu juga akan berterima kasih padamu untuk ini!

 

Ingat, masalah itu untuk dihadapi – dan bukan untuk dihindari. Di pekerjaan saya, orang-orang yang datang untuk menemui saya adalah mereka yang sadar bahwa mereka sebenarnya tidak terlalu sibuk untuk meluangkan waktu menyelesaikan masalah mereka. Mereka akhirnya menyadari bahwa mereka adalah prioritas bagi diri mereka sendiri! Hari hening adalah sebuah kesempatan yang bagus untuk menjadikan dirimu prioritas. Dan kalau kamu butuh seseorang untuk berbagi pengalamanmu dan mendengarkanmu, membantu kamu untuk bisa menghadapi dan mengendalikan masalah-masalah kamu, kamu bisa hubungi saya di sini.

 

Kalau kamu juga ingin mengikuti travel-workshop berikutnya atau mengikuti retreat dengan saya, kamu bisa tinggalkan namamu dan nomor kontakmu di sini. Saya akan senang memberitahumu ketika saya memiliki acara lain yang akan datang.

 

Selalu menyenangkan bisa berbagi denganmu setiap minggunya. Saya harap kamu menerima semua berkah Nyepi, bulan baru dan gerhana matahari hari ini. Terima kasih sudah membaca dan silahkan share kepada teman-temanmu – biarkan mereka menerima semua berkah melimpah ini juga! Sampai jumpa.

 

Love and light,

Amelia Devina

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter