Free Quiz: Seperti Apa Sih Karakter Inner Child-mu?

Posted on Posted in witnessday

 

Bukan hanya kita yang memiliki karakteristik berbeda-beda, namun inner child kita ternyata juga memiliki karakteristiknya sendiri. Untuk dapat mengenali lebih lanjut seperti apa sih inner child kita, tidak ada salahnya lho untuk ikut kuis ini. Melalui kuis ini, kamu bisa mengetahui karakteristik inner child yang berada di dalam dirimu sehingga kamu bisa membangun komunikasi lebih baik dengannya.

Yuk siapkan pulpen dan kertas, lalu jawab 10 pertanyaan berikut dengan memilih salah satu dari 4 pernyataan yang ada di bawahnya.

1. Jika tidak ada yang menyadari potongan rambut barumu, kamu:
A. Menganggap mereka tidak menyukainya sehingga lebih baik tidak membicarakannya
B. Berpikir bahwa mereka sengaja tidak membicarakannya untuk membuat kamu sebal
C. Berpikir bahwa mereka jahat karena tidak mengatakan apa-apa
D. Mengira bahwa potongan rambutnya tidak berubah banyak dari sebelumnya sehingga mereka tidak menyadarinya

2. Karakter mana yang menyerupai kamu?
A. Cinderella
B. Mulan
C. Mowgli
D. Tintin

3. Jika kamu disuruh untuk menjauh, sebagai anak-anak kamu cenderung untuk:
A. Menunduk
B. Menjawab kembali
C. Ngambek
D. Mencoba memikirkan hal lain

4. Ketika masih anak-anak, permainan apa yang biasa kamu mainkan bersama teman-temanmu?
A. Board games
B. Isengin temen
C. Petak umpet
D. Permainan imajiner menggunakan boneka

5. Kamu diberikan pekerjaan yang sebaiknya tidak kamu dikerjakan. Kamu merasa:
A. Seperti terjerumus karena selalu harus berurusan dengan hal seperti ini
B. Marah
C. Merasa bahwa kamu diperlakukan tidak adil
D. Tidak beruntung

6. Ketika kamu diundang ke resepsi pernikahan, kamu cenderung:
A. Mampu untuk ngobrol tentang apa pun kepada siapa pun di sana
B. Bergossip mengenai berapa lama pernikahan tersebut akan bertahan
C. Berdansa/menari/menyanyi
D. Menikmati musik

7. Ketika kamu berada di dalam pameran seni seorang seniman, namun tidak ada satu pun karya yang kamu sukai, kamu:
A. Memberi selamat kepada seniman dan tersenyum dengan sopan
B. Memberi tahu semua orang bahwa kamu bisa membuat sesuatu yang lebih baik
C. Terlihat bingung
D. Setidaknya mencoba untuk mengapresiasi teknik yang digunakan seniman

8. Ketika kamu memasang furnitur DIY, kamu:
A. Merasa bahwa kamu tidak cukup lihai untuk melakukan hal tersebut
B. Komplain mengenai instruksi yang tidak jelas
C. Menunda untuk menyelesaikannya
D. Membayangkan ini sebagai Lego, namun lebih besar

9. Ketika seseorang memberimu hadiah, kamu:
A. Berterima kasih sebelum membukanya
B. Melontarkan candaan mengenai diri sendiri
C. Membukanya segera
D. Mencoba menebak apa yang ada di dalamnya

10. Bayangkan kamu akan menghabiskan akhir minggu dengan berpetualang. Kamu akan:
A. Mendengarkan instruksi untuk setiap aktivitas
B. Merasa sudah terlalu tua untuk permainan seperti anak-anak ini
C. Menuju trampoline!
D. Menawarkan untuk mengorganisir pencarian harta karun

Itulah 10 pertanyaan yang dapat membantumu untuk mengenal karakteristik inner childmu. Sekarang, yuk hitung berapa banyak jawaban A, B, C dan D yang kamu tuliskan di kertas. Lalu cocokan dengan penjelasan di bawah ini.

 

Jika jawabanmu dominan A, maka kamu adalah The Model Child

Inner child kamu sangat tau bagaimana caranya berkelakuan baik. Kamu sangat menghormati orang lain dan kamu sangat berhati-hati agar tidak berlawanan dengan siapa pun dan tidak menyinggung siapa pun.

Kamu melakukan apa pun yang bisa kamu lakukan untuk menyenangkan orang lain: mengiyakan permintaannya dan apa yang mereka harapkan, daripada mengerjakan apa yang kamu inginkan. Bahkan terkadang kamu berkata “ya” ketika sebenarnya kamu ingin mengatakan “tidak”.

Seperti seseorang yang tidak terlihat, kamu memilih untuk berdiam di balik bayangan dan membiarkan orang lain mendapatkan perhatian. Kamu tidak suka menampilkan dirimu dan selalu menunggu hingga kamu diminta. Inner child kamu juga sedikit submisif, tidak tegas dan pemalu. Ia juga seringkali berlindung dibalik keinginan yang cendurung fantastis.

Yang kurang darinya adalah kepercayaan diri dan dorongan untuk membuat cita-citamu menjadi nyata, hanya karena kamu takut untuk mengemukakannya. Jadi, biarkan inner childmu memiliki kesempatan untuk melawan dan lebih berani; biarkan ia menjadi lebih keras kepala dan mengekspresikan emosinya.
Kamu akan menjadi bebas utnuk mengekspresikan diri, dunia di dalam diri dan juga kreativitasmu.

 

Jika jawabanmu dominan B, maka kamu adalah The Rebel Child

Inner childmu sedikit pembangkang. Apa yang terpenting bagimu adalah kemandirianmu dan kebebeasanmu untuk melakukan sesuatu. Tidak heran jika kamu tidak menyukai tempat yang membatasi dan memberikan tekanan kepadamu.

Kamu tidak suka untuk menjadi orang yang gampang ditebak, sehingga kamu sering muncul sebagai seseorang yang kontradiktif. Itu semua karena kamu tidak suka untuk melakukan apa yang dilakukan semua orang; menjadikanmu sebagai bagian dari sekelompok burung yang terkungkung di dalam sangkarnya.

Jika seseorang mencoba utnuk mengaturmu dan memberikanmu nasihat, kamu cenderung untuk mengabaikannya karena nasihat tersebut dirasa membuatmu menjadi merasa tidak seperti dirimu sendiri. Dengan begtiu, hal ini memungkinkan kamu tetap mandiri untuk mempertahankan pendapat.

Hal ini menjadikan kamu seringkali menolak bantuan atau melewatkan hal-hal yang mungkin menarik, hanya karena apa yang ditawarkan bukanlah ide orisinilmu. Jadi, cobalah untuk menjadi lebih mudah didekati. Inner childmu hanya bisa berkembang jika diberikan kesempatan untuk bersatu dengan yang lainnya dari waktu ke waktu, dibandingkan pergi sendirian melawan arus.

 

Jika jawabanmu dominan C, maka kamu adalah The Spontaneous Child

Inner child dengan karakteristik ini melakukan berbagai hal dengan spontan. Kamu tahu cara untuk mengekspresikan emosimu dan kamu suka untuk bisa membagikannya dengan orang lain yang serupa denganmu – tertawa bersama, memainkan hal bodoh atau menceritakan ketertarikan.

Kamu tidak suka untuk menjadi terlalu serius dan kamu bahagia ketika membiarkan segala sesuatunya berjalan begitu saja. Dan meski kamu jarang untuk benar-benar menjalankan apa yang sedang dilakukan, kamu juga cenderung untuk berpindah dari satu hal ke hal lain.

Kamu melakukan sesuatu sesuai dengan impuls, mengikuti kebutuhan dan keinginanmu di saat itu untuk menggenapi antusiasme dan momentum saat itu. Inner child kamu seperti petasan, meluncur ke berbagai arah, selalu ingin untuk menjelajah kemanapun keadaan membawa.

Namun jika kamu membiarkan dirimu mengekspresikan diri pada lingkungan stabil dan memberikan panduan yang membangun, maka hal ini akan menjadi sangat bermanfaat untukmu. Di sisi lain, jika kamu membiarkan dirinya mngerjakan segala sesuatunya begitu saja, maka kamu akan beresiko untuk berkahir seperti anak kecil yang tidak kunjung dewasa!

 

Jika jawabanmu dominan D, maka kamu adalah The Creative Child

Inner child kamu seperti anak yang nakal. Pendekatamu pada kehidupan adalah menjadi penasaran terhadap segala hal; kamu suka untuk mengerti, menemukan dan juga mendalami sesuatu dan juga mengambil jalur praktis dan sistematis.

Kamu tahu bahwa menyelesaikan sesuatu pasti membutuhkan trial dan errorr. Kebutuhan kamu akan petualangan juga akan membuatmu melakukan sebaik-baiknya untuk setiap pengalaman baru. Apalagi jika kamu memiliki imajinasi yang sangat aktif.

Kamu sangat berbakat, memiliki berbagai ide cemerlang dan semuanya diperkaya dengan intuisi yang terhubung dengan baik. Kebutuhan untuk belajar sekaligus berinovasi adalah sesuatu yang membuatmu bersemangat. Jika kamu belajar untuk memberikan inner child kesempatan untuk menyuarakan pendapatnya dan memberikan petunjuk, maka kamu memberikannya kesempatan untuk bermimpi dan memberikan kehidupan serta bentuk untuk imajinasinya.

 

Mengenal karakeristik inner childmu serupa dengan mencoba berkenalan dengan dirimu sendiri. Dengan mengenal karakter inner child, saya berharap kamu dapat berkomunikasi dengannya lebih baik dan lebih mengetahui bagaimana untuk menangani inner child dengan cara yang lebih sesuai dengannya.

Setelah mengikuti kuis dan membaca hasilnya, seperti apakah karakteristik inner childmu? Yuk share di kolom komentar!

 

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter