witnessday

Fenomena Heart Expansion Sudah Dimulai!

Sekitar 3-4 hari yang lalu, saya sempat posting mengenai klien dan teman saya yang mengalami sensasi fisik unik pada bagian dadanya. Ada yang merasa seperti bergemuruh, ada juga yang merasa seperti ditekan, bahkan yang merasa deg-degan. Saya sendiri juga mengalaminya, area heart chakra (di tengah-tengah dada) berdenyut sangat kencang sampai hari ini. Apakah kamu juga merasakannya?

Ada sebuah pepatah kuno yang mengatakan bahwa hanya jiwa pemberani yang berani menjalani kehidupan sebagai manusia.

Sebagai manusia, kita memiliki kesempatan untuk menjelajahi jalur spiritual dan menjalani kehidupan dengan hati yang terbuka (open heart). Istilah open heart ini mirip-mirip dengan apa yang sering kita sebut sebagai ‘lapang dada’; kondisi di mana kita menerima keadaan yang ada dengan ikhlas. Open heart pun mirip seperti itu.

Ketika kita menjalani hidup dengan open heart, kita akan menjadi terbuka untuk merasakan banyak hal. Kita akan dihadapkan dengan perasaan, baik yang terpendam ataupun yang jelas terlihat, pada orang lain maupun yang ada pada diri sendiri. Maka dari itu penting bagi kita, untuk bukan hanya menjalani hidup dengan open heart, namun juga mempelajari bagaimana caranya menjadi lebih bijak dalam menghadapi perasaan-perasaan tersebut.

Konon katanya, apa yang beberapa hari ini kita rasakan adalah fenomena global yang dinamakan heart expansion. Kondisi hati kita secara tidak kita sadari menjadi terbuka (open heart) sehingga tiba-tiba kita menjadi semakin peka dengan kondisi hati dan juga perasaan. Banyak di antara kita yang terekspos dengan emosi dan perasaan yang terkubur, atau dikubur secara sengaja dan yang selama ini tidak kita sadari keberadaannya.

Secara fisik, sensasi yang dirasakan biasanya bukan hanya terasa pada area heart chakra, namun juga rasa lemas pada area lengan atau merasakan kelelahan pada seluruh tubuh. Bahkan, ada yang bisa merasa sulit untuk bangun dari tempat tidur ataupun bergerak. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Coba bayangkan jantung kamu membesar, otomatis tubuhmu akan menjadi lebih berat dan gaya gravitasi akan membuat tubuhmu menjadi sulit untuk digerakkan. Pada saat heart expansion terjadi, tubuh memberikan sinyal agar kita lebih grounded, lebih dekat dengan alam. Sehingga untuk meringankan sensasinya, kamu bisa coba untuk mendekatkan diri dengan alam; berjalan di taman, berbaring di atas rumput,dan juga mengkonsumsi lebih banyak sayuran.

Tujuan utama dari heart expansion ini sangatlah berkaitan dengan relationship; entah itu dengan diri kita sendiri maupun dengan orang lain. Kita akan diberikan kesempatan oleh alam semesta untuk menyelesaikan apa yang selama ini kita tunda, kubur dan bahkan kita abaikan. Kita ‘dipaksa’ untuk berhadapan langsung dengan perasaan tersebut melalui kejadian-kejadian di sekitar kita.

Kenangan masa lalu, konflik di kantor, masalah dengan keluarga, drama dengan teman atau permasalahan lainnya muncul secara intens. Apakah ada yang perlu kita terima? Apakah masih ada hal yang belum termaafkan? Apakah kita sudah memiliki batasan yang sehat? Apakah ada kebiasaan yang memperburuk hubungan kita dengan diri kita sendiri dan orang lain? Apakah ada cara pandang yang perlu diubah?

Selagi fenomena heart expansion ini berlangsung, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkannya dengan lebih banyak mengamati bagaimana hubungan kita dengan diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Apakah sudah cukup baik? Ataukah masih banyak yang perlu diperbaiki.

Bagaimana menurutmu? Apakah saat ini kamu juga merasakan hal yang sama? Apa saja yang ingin kamu perbaiki pada momen ini? Yuk share pengalaman dan pengamatanmu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter