witnessday

Desember: Saatnya untuk Refleksi dan Melihat ke dalam Diri

 

Di balik hiruk pikuk menuju tahun baru, liburan dan juga perayaan, ada baiknya jika bulan ini dijadikan bulan untuk refleksi dan kembali melihat ke dalam diri. Apalagi jika kamu membuka kembali resolusi tahun 2017 yang sudah pernah kamu buat. Hal tersebut bisa menjadi bahan refleksi diri yang baik; mengetahui apa yang kamu inginkan, apa yang sudah kamu kerjakan, apa saja yang terjadi selama tahun 2017 dan apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

 

Jika kamu sudah terlanjur membeli tiket berlibur bersama keluarga ataupun mengadakan acara bersama teman di akhir tahun, kamu tidak perlu merasa bersalah. Ada berbagai cara yang bisa diupayakan agar tetap bisa melakukan refleksi diri di sela-sela waktu berliburmu.

1. Bermeditasi di Sela-sela Kegiatan

Sepadat apa pun agenda berliburmu, sediakan sekitar 5 menit untuk diam, duduk hening sejenak atau bermeditasi. Bermeditasi yang dimaksud di sini tidak harus dengan memperhatikan nafas, namun kamu bisa mencoba meditasi pada masalah atau hal-hal yang selama ini menganggu pikiranmu.

Cari-cari waktu untuk hening seperti saat semua orang sedang tidur atau saat kerabat belum bangun untuk bermeditasi. Dengan melakukan meditasi seperti ini, kamu akan membantu untuk mengenal, mengerti, memahami, bahkan menyembuhkan diri sendiri secara perlahan-lahan.

2. Jalankan Mindful Eating

Liburan biasanya identik dengan acara makan-makan. Jadi, tidak ada salahnya dong untuk menjalankan mindful eating selagi makan bersama keluarga?

Mungkin ini terdengar ribet, namun nyatanya tidak kok! Yang perlu kamu lakukan adalah menyadari seberapa lapar kah kamu sesaat sebelum makan dan menikmati makanan yang disajikan dengan penuh perhatian. Dengan begitu kamu akan dapat menyadari keadaan dirimu saat itu, apakah kamu butuh makan atau masih belum butuh makan.

3. Mengamati Tubuh

Karena berbagai kesibukan yang menuntut kita untuk selalu menyelesaikan tugas satu dan yang lainnya, kita seringkali lupa untuk memperhatikan tubuh kita. Padahal, tubuh kita ini adalah satu-satunya kendaraan yang kita miliki untuk menjalani kehidupan.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memberikan penghormatan kepada tubuh ini dengan cara mengamati kondisi tubuh. Apakah ada bagian tubuh yang lebam? Apakah kita selama ini berdiri dengan tegak? Apakah ada pertambahan atau penurunan berat badan yang ekstrim dari yang terakhir kita sadari?

Dengan memperhatikan tubuh, kita jadi semakin menyadari hal atau kebiasaan buruk apa saja yang sudah kita lakukan sehingga memberikan dampak yang kurang baik ke tubuh.

4. Ungkapkan Perasaanmu

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali pihak yang secara sengaja atau pun tidak sengaja menuntut kita untuk tampil sempurna; baik, perhatian, ramah, positif, ceria dan menyenangkan. Namun, kita sadar bahwa hidup tidak selalu mudah dan bahagia, bukan?

Banyak di antara kita yang sering memendam perasaannya untuk menjaga ekspektasi orang lain terhadap diri kita. Kita lupa bahwa kita juga sama seperti mereka, manusia yang butuh untuk berekspresi dan butuh untuk didengarkan.

Kamu bisa mengungkapkan perasaanmu dengan berbagai cara; menulis adalah salah satu cara yang memungkinkan untuk dilakukan selagi berlibur. Tuangkan isi hatimu pada kertas, buku, atau bahkan di hp sekalipun.

5. Ngobrol dengan Penduduk Lokal

Saking sibuknya kita dengan kegiatan sehari-hari, kita seringkali hany berinteraksi dengan orang-orang yang bersinggungan dengan kegiatan kita; teman kerja, atasan dan juga keluarga. Kita seringkali lupa untuk mengobrol dengan orang-orang di sekitar kita. Padahal ada banyak sekali hal yang mungkin bisa kita dapatkan dengan mengobrol dengan orang lain.

Nah, di waktu berlibur ini, tidak ada salahnya lho untuk mengobrol dengan penduduk lokal! Biasanya mereka memiliki sudut pandang dan nilai-nilai yang bisa membuka wawasan. Siapa tahu melalui apa yang mereka sampaikan, kamu bisa mendapatkan solusi dari masalahmu?

6. Bertanya kepada Diri Sendiri

Pernahkah kamu melakukan tanya jawab kepada dirimu sendiri mengenai seperti apa dirimu sebenarnya? Jika belum, inilah saat yang tepat untuk melakukannya. Caranya sangat mudah, mulai saja dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti: perubahan apa yang paling kamu rasakan pada dirimu di awal tahun dengan saat ini? Kejadian apa yang paling kamu ingat selama setahun ini? Apakah kejadian tersebut hal yang menyenangkan atau yang kurang menyenangkan?

Sambungkan pertanyaan tersebut terus menerus dan jangan lupa, jawablah sejujur-jujurnya! Toh, hanya kamu sendiri yang mengetahui jawabannya 😊

7. Berjalan Telanjang Kaki

Jika kamu berkesempatan untuk menikmati liburan yang memiliki area terbuka seperti taman, danau, gunung, pantai dan hutan maka kamu bisa berjalan dengan telanjang kaki untuk dapat bersentuhan langsung dengan ibu pertiwi dan menjadi lebih membumi.

Seperti yang pernah saya bahas pada artikel ini mengenai pentingnya untuk terhubung kembali dengan ibu pertiwi, kamu juga akan merasakan sendiri manfaat dari menjadi lebih membumi; kamu bisa menjadi lebih fokus, memiliki intuisi yang lebih tajam dari sebelumnya dan bisa hidup lebih harmonis.

 

Ketujuh cara yang saya bagikan di atas boleh dicoba semuanya atau dipilih sesuai dengan kecocokan masing-masing. Yang perlu ditekankan adalah, cara-cara ini memungkinkan kamu untuk mengamati dan mengerti diri sendiri, terutama pola negatif yang selama ini terulang terus dalam kehidupanmu. Dengan lebih mengerti diri sendiri, maka kamu bisa menemukan berbagai cara dan jalan yang harus ditempuh agar kamu bisa mencapai tujuan hidupmu.

Jadi, selamat berlibur dan selamat mencoba cara-cara di atas! Jangan lupa untuk membagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya 😊

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter