witnessday

Cara Mudah Memilih Mantra yang Sesuai

 

Saat ini, mungkin kamu hanya merasa familiar dengan beberapa mantra seperti Mantra Om, Mantra Gayatri, dan juga Mantra Hare Krishna. Namun sebenarnya ada banyak sekali mantra di luar sana dengan jenis, dan juga fokus yang berbeda-beda. Dan ketika menggali lebih lanjut tentang mantra, bisa jadi kita jadi merasa bingung; sebenarnya mantra apa yang sesuai dan cocok untuk saya?

Bagi teman-teman yang memiliki guru spiritual, mungkin ada di antara kalian yang diberitahukan sebuah mantra agar bisa dilafalkan. Tentunya mantra tersebut adalah mantra pilihan yang sudah dipahami secara mendalam, dan juga dianggap sesuai dengan nilai-nilai, kepercayaan, dan juga sejalan dengan pelatihan yang selama ini dijalankan. Namun, bagi kamu yang belum memiliki guru spiritual, atau mungkin bahkan belum menemukan mantra yang cocok, kamu bisa mengikuti panduan singkat dari saya berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Intensimu

Untuk mengetahui mantra apa yang sekiranya cocok denganmu, maka kamu harus mengetahui dengan jelas apa yang menjadi motivasimu sesungguhnya dalam berlatih pelantunan mantra. Ini tentunya penting jika kamu ingin menggunakan mantra yang membawa kekuatan secara spesifik.

Ambil waktu untuk berkontemplasi dan mengenali tujuan spiritual dan matrialistikmu serta segala hal yang ingin kamu ciptakan, ubah atau ikhlaskan dalam hidupmu. Ketika kamu sudah benar-benar memahami intensimu, kamu bisa mencari mantra yang dapat mendukung keinginanmu. Misalnya, ketika kamu menginginkan belas dan cinta kasih pada kehidupanmu, kamu bisa coba mengucapkan, “Om Mani Padme Hum”. Atau jika kamu ingin mendapatkan keberlimpahan, melantunkan mantra “Om Sri Maha Laskhmvai Namah” secara rutin dan fokus.

2. Pertimbangkan Pola Emosi dan Pikiranmu

Ketika kita melakukan pemilihan mantra ataupun melantunkan mantra, pastikan kondisi emosi dan pikiran sedang berada dalam kondisi stabil. Karena ketika kondisi emosi dan pikiran sedang tidak stabil maka pelafalan mantra pun menjadi tidak fokus.

Kamu bisa menggunakan mantra yang lain untuk mengatasi keadaan seperti ini; Mulai dari mantra “Om Sri Ramaya Namah” dan “Om Tare Tuttare Ture Swaha”. Mantra tersebut pun bisa digunakan di sela-sela pelafalan mantra ketika terasa hilang fokus.

3. Hargai Intuisimu

Ketika kamu sedang memilih mantra, coba perhatikan juga intuisimu. Seringkali kita merasa tertarik dengan satu mantra ketika secara logika ada mantra lain yang dianggap lebih cocok. Ketika hal ini terjadi, jangan abaikan intuisimu. Berikan intuisimu kesempatan dengan memasukan mantra tersebut menjadi salah satu mantra yang harus kamu coba lantunkan.

4. Coba Lantunkan Mantranya

Begitu kamu selesai memilih mantra mana saja yang sekiranya cocok, silakan coba lantunkan mantranya. Berikan waktu untuk mencobanya dalam sekian waktu dan pastikan kamu melantunkannya dengan penuh perhatian sehingga kamu benar-benar merasakan apakah mantra tersebut memberikan sensasi, atau ‘klik’ yang berbeda dari mantra pilihamu yang lain.

5. Lantunkan Terus Mantra Pilihanmu

Jika kamu sudah menemukan mantra yang cocok dan bermanfaat untukmu, lakukan terus pelafalannya dengan rutin setidaknya selama 40 hari sehingga membawa manfaat yang nyata. Kamu akan merasakan langsung kondisi mental, emosional dan kondisi tubuh yang berangsur membaik ketika melafalkan mantra tersebut.

Namun jangan heran ketika di saat bersamaan, kamu juga akan mengalami rintangan, penghalang dan juga kebosanan selama melantunkan mantra tersebut. Tetap konsisten melakukannya, niscaya kamu akan merasakan manfaatnya!

Selain makna dan juga manfaat yang bisa diraih, beberapa hal juga bisa dijadikan pertimbangan tambahan untuk mengecek apakah mantra tersebut cocok untukmu seperti seberapa mudah proses penghafalannya, apakah mantra tersebut memberikan pengalaman yang kamu bayangkan? Apakah mantra tersebut membawa sensasi pada fisik, emosi dan keadaan yang kamu inginkan? Apakah pikiranmu menjadi lebih jernih dan tenang setelah melafalkan mantra, atau kamu merasa lebih bertenaga setelah melafalkan mantra tersebut?

Apapun yang kamu pilih, pastikan kamu melafalkannya secara sunguh-sungguh dan konsisten. Selamat mencoba!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter