witnessday

Berkenalan dengan Meditasi Chakra

Pada artikel-artikel saya sebelumnya, saya sempat membahas banyak hal tentang chakra. Saya membahas detail setiap chakra satu per satu pada artikel-artikel di sini. Saya membahas banyak hal mengenai chakra; Mulai dari letak, hubungannya dengan tubuh, pikiran dan jiwa dan bagaimana kita bisa mengakses setiap titik chakra kita.

Pada artikel-artikel tersebut, saya sempat menjelaskan sedikit bagaimana kita bisa mengakses titik chakra tersebut melalui gerakan yoga. Dan pada kesempatan ini, saya ingin membagikan informasi bahwa titik chakra tersebut juga bisa diakses dengan meditasi chakra.

Dengan meditasi chakra, kita bisa bisa menelusuri setiap lapisan pemulihan dan merasakan langsung efeknya pada pikiran dan juga perasaan kita. Meditasi chakra adalah salah satu latihan yang sangat personal, sehingga pada setiap perkembangannya, kamu akan bisa merasakan keterhubungan yang semakin erat dengan dirimu sendiri.

Sama seperti meditasi lainnya; Kamu bisa melakukannya setiap hari atau setiap minggu. Targetkan sekitar 20 menit setiap latihannya. Kamu bisa melakukannya dengan cara:

1. Duduk di lantai atau berbaring di tempat rata

Cari posisi duduk yang nyaman dan pastikan tubuh bersentuhan langsung dengan lantai.

2. Pejamkan mata dan fokus pada nafas

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, silakan pejamkan mata dan mulai fokus pada nafas yang masuk dan keluar melalui hidung.

3. Bawa fokus ke titik chakra

Setelah mencapai ketenangan, mulai bawa fokus ke titik chakra paling bawah menuju ke paling atas. Bayangkan ada roda yang berputar searah jarum jam naik dari bawah ke atas.

Setiap kali bernafas, bayangkan cahaya pada setiap titik menyebar semakin luas. Akan ada tiitk di mana kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak dan it’s ok. Tujuan meditasi ini adalah untuk membersihkan setiap titik chakra tersebut.

Selalu perhatikan seluruh sensasi yang terjadi dari setiap titik chakra yang dilewatkan sehingga pada sesi meditasi selanjutnya, kamu bisa fokus lebih lama pada titik-titik chakra tertentu.

Apakah kamu pernah mencoba meditasi chakra? Kalau belum, kamu bisa ikutan Daily Challenge & Support Group bersama Loveground yang akan dimulai hari ini!Melalui program tersebut, kamu akan diajak berkenalan sekaligus praktek berbagai jenis meditasi bersama Tsamara Fahrana, Meditation & Yoga Teacher. Klik di sini untuk mendaftarkan dirimu!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter