witnessday

Berbagai Jenis Meditasi Lain yang Bisa Kamu Coba

Banyak orang yang bertanya-tanya, “Mengapa banyak orang yang bisa melakukan meditasi dalam waktu yang lama?”. Dan banyak juga praktisi meditasi yang menjawab bahwa “Meditasi sangat bermanfaat”, dan “Saya merasa tenang jika bermeditasi”. Namun, saya ingin memberikan jawaban yang sedikit berbeda. Meditasi bukan hanya menenangkan dan bermanfaat untuk saya, namun juga menyenangkan.

Ya, menyenangkan. Karena selain memperhatikan nafas yang keluar masuk saat meditasi, saya juga bisa melakukan variasi meditasi lainnya yang membuat saya merasa lebih baik dibanding jika tidak bermeditasi.

Jika membahas meditasi, saya yakin kamu sudah cukup familiar dengan meditasi yang fokus pada nafas yang keluar dan masuk dan juga meditasi yang menggunakan hitungan untuk memandu nafas yang keluar dan masuk.

Jadi pada saat ini, saya ingin membagikan 5 jenis meditasi lain yang bisa kamu praktekkanM

1. Menggunakan Mantra

Kamu pasti sering dengar mantra “om” atau “aum” yang dilafalkan saat bermeditasi. Dan mungkin saat melakukannya, kamu merasa “om” masih cukup asing karena kurang memahami arti dari “om” itu sendiri.

Namun jika kamu mau mencoba meditasi menggunakan mantra yang mudah, kamu bisa menggunakan mantra lain yang bersifat afirmasi seperti “Saya tenang”, “Saya bahagia”, “Saya cukup” selama bermeditasi.i

2. Visualisasi

Meditasi menggunakan visualisasi adalah metode meditasi di mana kamu menggunakan imajinasi kamu untuk membayangkan sebuah gambar, simbol, ide yang berhubungan dengan afirmasi dan masa depan yang kamu harapkan atau mungkin keberlimpahan yang kamu bayangkan.

Misalkan kamu ingin mencapai ketenangan, kamu bisa membayangkan terlebih dahulu seperti apa gambaran yang menenangkan menurut kamu. Apakah ketika kamu rebahan santai di atas rumput? Apakah saat kamu sedang berjemur di pantai?

Visualisasikan gambaran dari keinginanmu saat meditasi dan amati visualisasi tersebut dan dampaknya ke dirimu.

3. Binaural Beats

Jika kamu mendengar 2 nada dengan frekuensi yang sedikit berbeda pada masing-masing telinga, maka otak kamu akan memproses sebuah ketukan pada perbedaan frekuensi tersebut. Itulah yang disebut dengan binaural beats.

Kamu bisa melakukan meditasi sambil mendengarkan binaural beats tersebut untuk mencapai ketenangan dan juga fokus yang baik.

4. Space Meditation

Space meditation adalah meditasi yang berfokus pada ruang; baik itu tembok kosong, ruangan kosong, langit atau angkasa. Mengamati bagaimana rung tersebut bisa diisi berbagai hal, sesuatu yang besar, bahkan tidak terhingga.

5. Loving Kindness Meditation

Meditasi yang berbasis cinta kasih ini sangat mampu untuk membantu kita melepaskan stress. Meditasi ini berfokus pada pengampunan dan keterhubungan dengan orang lain. Untuk orang yang ada di sekitar kita, orang yang kita sayang atau mungkin orang yang kita benci.

Loving Kindness Meditation ini bisa dilakukan dengan duduk tenang di tempat yang nyaman sambil mengulang kalimat singkat ini: “Semoga kamu dapat hidup dengan berbagai kemudahan, kebahagiaan dan bebas dari rasa sakit.”

Ini adalah 5 jenis meditasi yang biasa saya lakukan untuk membuat meditasi bukan hanya menenangkan, namun juga menyenangkan! Apakah kamu pernah mencoba salah satu meditasi ini? Jika ya, jangan ragu untuk ceritakan pengalamanmu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter