witnessday

Berbagai Bentuk dan Media dari Intuisi

 

Biasanya orang berinteraksi dengan intuisinya dengan berbagai cara, baik dengan mimpi atau pertanda lainnya. Ilmu pengetahuan pun kini sudah mulai meneliti mengenai intuisi dalam kehidupan dan pemikiran kita. Saat ini, tim militer Amerika Serikat sedang menginvestigasi kekuatan intuisi yang mungkin bisa menyelamatkan mereka dari bahaya saat peperangan. Penelitian ini dilangsungkan karena adanya testimoni dari tim militer di Irak dan Afganistan yang menjelaskan munculnya rasa bahaya tepat sebelum mereka diserang musuh atau ketika sedang berlari menuju area yang sudah terpasang ranjau.

Namun, bagaimana sih cara intuisi berhubungan dengan kita? Biasanya terdiri dari dua cara; langsung dan tidak langsung. Yang dimaksud dengan intuisi langsung adalah literal. Melalui intuisi ini, kita akan mendapatkan petunjuk langsung yang to the point dari intuisi kita. Seperti, pada saat kita sedang menyetir dan tiba-tiba ada suara yang menyuruh kita untuk menghentikan mobil yang dikendarai sehingga berhasil membuat kita selamat dari kecelakaan. Namun ada juga orang yang selamat dari kecelakaan tersebut oleh intuisi yang muncul secara simbolik. Misalnya merasakan bannya bocor tanpa ada ada paku yang mengenai ban.

Intuisi sendiri juga bisa mencoba berkomunikasi dengan berbagai medium; ada yang melalui indera, mimpi ataupun melalui saat hening. Berikut saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai bagaimana intuisi berkomunikasi melalui indera kita.

Melihat Secara Intuitif

Apakah kamu sering mendengar istilah clairvoyant? Clairvoyant berasal dari bahasa Perancis yang berarti ‘untuk melihat dengan jelas’. Intuisi yang muncul melalui penglihatan ini adalah intuisi yang berbentuk gambaran atau rekaman visual dari dalam diri. Misalnya kita melihat suatu gambaran rumah yang muncul secara tiba-tiba dan suatu hari saat kita melihat gambaran rumah yang sama persis pada kantor properti. Kita tahu secara pasti bahwa rumah tersebut akan menjadi rumah masa depan kita.

Mendengar Secara Intuitif

Kata clairaudient bisa digunakan untuk menjelaskan pengalaman di mana kamu mendengar sesuatu tanpa menggunakan telinga fisikmu. Misalnya ketika kamu sedang tengah menyetir, tiba-tiba ada suara dari dalam diri yang berteriak “stop!” sehingga kamu segera berhenti. Dan sesaat setelah kamu berhenti, ada anak-anak yang menyebrang sembarangan.

Merasakan Secara Intuitif

Ada banyak orang yang tidak melihat gambaran atau mendengar suara, namun merasakan sensasi yang begitu kuat pada tubuhnya. Ini disebut dengan clairsentient. Biasanya anggota tubuh akan merasakan sensasi tertentu ketika berhadapan dengan hal besar dalam hidupnya. Misalnya pada saat kita berencana untuk berenang di laut, kita merasakan sakit pada bagian perut kita sehingga kita tidak jadi berenang dan malah terhindar dari gelombang pasang yang bisa menyebabkan bahaya.

Mengecap Secara Intuitif

Bayangkan jika kamu bisa mengetahui rasa sebuah makanan sebelum memasukannya ke dalam mulut. Hal ini biasa dikenal sebagai clairgustance dan cara kerjanya cukup sederhana. Ketika medium berkomunikasi dengan spirit, biasanya akan terbentuk rasa tertentu pada mulutnya. Jadi, jika spirit yang menjadi mediumnya suka dengan cokelat, bisa jadi kita merasakan rasa cokelat pada mulut kita.

Mencium Secara Intuitif

Ada beberapa orang yang juga bisa merasakan intuisinya dengan cara mencium atau dikenal dengan clairalience. Kemampuan ini memungkinkan kita untuk mencium sesuatu di luar jarak yang memungkinkan, misalnya seperti parfum seseorang yang dekat dengan kita, namun sudah meninggal. Biasanya pengalaman seperti ini bisa membawa kita kembali pada masa-masa yang indah dan menyenangkan.

Mengetahui Secara Intuitif

Claircognizance adalah kemampuan untuk mengetahui sesuatu tanpa logika atau fakta. Kemampuan ini bisa jadi sangat kuat dan muncul begitu saja. Misalnya ketika kita sedang berkendara santai di sisi kiri jalan, tiba-tiba kita merasa perlu memberi tahu kepada orang-orang di dalam mobil untuk mengecek dan mengencangkan sabuk pengamannya. Dan hal ini ternyata berhasil membuat kita selamat dari kecelakaan yang disebabkan truk salah jalur.

Selain menggunakan indera, intuisi juga dapat menggunakan mimpi dan momen hening yang ada dalam hidupmu untuk memberikan petunjuk kepadamu. Misalnya beberapa hari terakhir kamu memimpikan hal yang sama terus menerus. Bisa jadi mimpi tersebut merupakan upaya intuisimu untuk memberikan informasi penting.

Sedangkan momen hening yang dimaksud di sini adalah momen-momen di mana kita sedang menjalankan aktivitas yang ritmik, meditatif, hening, fokus, atau ketika sedang berada di alam, melamun, menyetir dan sebagainya. Di sinilah intuisi bisa datang menghampiri dengan berbagai bentuk.

Intuisi bisa menjadi penuntun kehidupan kita ketika apa yang kita pelajari melalui kelima indera kita tidak dapat membantu kita. Ia bisa datang ke area yang kita fokuskan dan juga area penting dalam kehidupan kita; baik yang membahayakan kita, maupun yang bisa membuat kita berkembang mencapai tujuan hidup kita.

Apakah kamu pernah mengalami salah satu momen di atas? Atau mungkin sering? Seperti apakah intuisi yang datang? Yuk share pengalamanmu melalui kolom komentar 😊

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter